10 Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Beserta Profilnya

Salah satu parameter pendidikan seseorang dianggap mumpuni adalah ketika yang bersangkutan telah menyelesaikan minimal strata 1 khususnya yang ditempuh di perguruan tinggi berkualitas.

Perguruan tinggi dianggap berkualitas adalah ketika perguruan tinggi tersebut memiliki peminat yang tinggi yang mendaftar dalam berbagai jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang bersangkutan.

Selain itu, kualitas perguruan tinggi juga ditentukan oleh data track record alumni dari perguruan tinggi tersebut yang lebih dari 85 % diterima bekerja di instansi-instansi ternama.

Parameter lain adalah prestasi yang dicapai mahasiswanya tidak hanya bertaraf lokal tetapi juga internasional dan berlangsung secara kontinyu.

Tentunya perguruan tinggi juga tidak lepas dari peran dosen yang berkualitas. Para dosen tersebut mendapat gelar dari universitas ternama baik lokal maupun internasional.

Terakhir, fasilitas pendukung pembelajaran yang memadai, seperti perpustakaan dan laboratorium sehingga proses perkuliahan berlangsung secara maksimal dengan pemahaman yang total.

Daftar Universitas Terbaik dan Terfavorit di Indonesia

Indonesia memiliki 3854 universitas baik negeri maupun swasta. Universitas-universitas tersebut berada dibawah naungan kementrian pendidikan dan kebudayaan dan kementerian agama.

Dari jumlah yang disebutkan itu, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengelola perguruan tinggi negeri sebanyak 96 sedangkan perguruan tinggi swasta sebanyak 3.093.

Kementrian Keagamaan mengelola 665 perguruan tinggi yang diantaranya adalah 53 perguruan tinggi keagamaan negeri dan 612 perguruan tinggi keagamaan swasta. Berikut 10 universitas terbaik di Indonesia beserta profilnya.

1. Universitas Gadjah Mada

Terkenal dengan sebutan UGM. Kampus ini berdiri tepatnya pada tanggal 19 Desember 1949. Saat pertama kali berdiri, UGM hanya memiliki 16 fakultas. Saat ini total ada 18 fakultas dengan tambahan dua sekolah, yakni sekolah pascasarjana dan sekolah vokasi. UGM menyediakan lebih dari 100 program studi untuk S2, S3 dan juga spesialis.

Berdasarkan data ranking universitas dunia yang di update Januari 2015, UGM menempati urutan 414 dari total seluruh universitas di dunia. Biaya kuliah di perguruan tinggi ini berkisar antara 5.500.000,- hingga 22.500.000,- tergantung prodi yang dipilih.

2. Universitas Indonesia

Biasa disingkat UI, telah mengeluarkan lebih dari 400.000 alumni. Berlokasi di sebelah utara Depok Jawa Barat dengan karakter modern, terbuka, komprehensif, multi budaya serta memiliki cakupan keilmuan yang luas. Untuk kelompok sains, teknologi, kesehatan biaya kuliah ada pada kisaran 7.500.000 sedangkan untuk sosial humaniora adalah 5.000.000,-

3. Institut Teknologi Bandung

Disingkat dengan ITB dan resmi berdiri pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utamanya dahulu adalah lokasi sekolah tinggi teknik yang pertama ada di Indonesia sekaligus sebagai lembaga pendidikan tinggi pertama di era Hindia Belanda.

Kampus teknik ini rata-rata jurusannya telah mendapatkan akreditasi internasional dari Acreditation Board of engineering and Technology seperti teknik elektro, teknik kelautan, teknik fisika, teknik industry, dan sebagainya. Untuk kuliah di kampus teknik ini, rata-rata biaya persemester untuk semua jurusan adalah 10.000.000

4. Institute Pertanian Bogor

Awalnya, universitas yang familiar dengan sebutan IPB ini adalah bentukan lembaga kedokteran hewan, lembaga pendidikan tinggi dan lembaga pendidikan menengah yang berlokasi di Dramaga Bogor Jawa Barat. Kampus ini memiliki 9 fakultas dengan kisaran biaya perkuliahan untuk masing-masing prodi adalah 11.000.000,-

5. Universitas Diponegoro

Biasa disingkat Undip didirikan pada tahun 1956 dan berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Sebelumnya universitas ini adalah universitas swasta dan baru beralih menjadi PTN tepatnya pada tahun 1961.

Fakultas yang ditawarkan UNDIP adalah Fakultas Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran, Teknik, Ilmu Budaya, Kesmas, Sains dan Matematika, Fisipol, Peternakan, Pertanian, Perikanan, Kelautan, Psikologi dan program strata 2. Biaya kuliah berkisar antara 4.750.000,- hingga 20.000.000,- tergantung prodi yang dipilih.

6. Universitas Brawijaya

Terkenal dengan nama UB, UNBRA atau UNIBRAW berlokasi di Malang dengan jumlah mahasiswa mencapai 55.000 orang. Fakultas yang ditawarkan adalah ekonomi, hukum, pengetahuan masyarakat, ketatanegaraan, ketataniagaan, pertanian, kedokteran hewan, peternakan, perikanan, dan sebagainya. Biaya kuliah berkisar antara 3.250.000 hingga 10.000.000 per semester.

7. Universitas Padjajaran

Terkenal dengan sebutan Unpad berlokasi di Bandung Jawa Barat. Memiliki dua kampus yang terletak di Dipati Ukur dan Jatinangor. Unpad menyediakan 16 fakultas baik di bidang sains maupun Humaniora. Biaya kuliah berkisar antara 5.000.000, hingga 13.000.000.

8. Universitas Sebelas Maret

Disingkat UNS berlokasi di Semarang Jawa Tengah. UNS menyediakan program pendidikan sarjana dan pascasarjana dengan total 9 fakultas untuk program strata 1. Biaya perkuliahan di UNS berkisar antara 2.300.000,- sampai 21.900.000,-

9. Universitas Airlangga

Berdiri pada tahun 10 November 1954 dengan total mahasiswa terdaftar adalah 24.000. Unair berlokasi di Surabaya dan memiliki beberapa fakultas termasuk kedokteran gigi, kedokteran, kedokteran hewan, Fisipol, Saintek, Kesmas, dan ilmu budaya. Untuk biaya kuliah kisarannya adalah 6.000.000 sampai 20.000.000 per semester.

10. Universitas GunaDarma

Terkenal dengan sebutan Gundar atau UG. Berlokasi di Depok Jawa Barat. Menyediakan kelas internasional selain kelas regular dengan 6 fakultas yang meliputi fakultas ilmu komputer, ekonomi, teknologi industry, teknologi informasi, psikologi dan sastra. Biaya kuliah cukup terjangkau yakni 1.750.000-2.000.000 persemester.

Jika tahun depan putra-putri Anda akan memasuki perkuliahan di perguruan tinggi, Anda bisa mempersiapkan kesiapan mereka sejak dini dengan selalu memotivasi untuk belajar karena untuk menjadi bagian dari yang berkualitas, kita sendiri harus memiliki mutu yang terjamin. Semoga ulasan mengenai 10 perguruan tinggi terbaik tersebut bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.