11 Tips Agar Terbiasa Bangun Pagi Setiap Hari, Ampuh!

Bagi sebagian orang, bangun pagi adalah hal yang mudah. Tidak perlu alarm, tidak perlu dibangunkan, mereka akan bangun bahkan sebelum matahari terbit. Orang seperti ini disebut morning person. Di sisi lain, ada juga manusia yang susahnya bukan main jika harus bangun pagi.

Tim ilmuwan dari University of Colorado Boulder, menjelaskan mengapa ada orang yang sangat sulit bangun pagi. Perbedaan ini terkait dengan kemampuan seseorang saat akan tidur, tingkat stres, emosi yang sedang memuncak dan masalah psikologis. Dari semua itu kebiasaan untuk tidur tepat waktu memainkan peran paling penting.

Tips Agar Terbiasa Bangun Pagi

Berikut Tips Agar Terbiasa Bangun Pagi Setiap Hari :

1. Hindari makan berat sebelum tidur pada malam hari

Langsung tidur setelah makan akan menimbulkan banyak efek negatif untuk tubuh kita. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu sistem pencernaan bekerja ekstra saat anda sedang terlelap, sehingga tidur anda tidak bisa nyenyak atau bahkan bikin anda insomnia.

Tapi tidur dalam keadaan lapar juga dapat membuat tubuh anda lemas saat bangun pagi. Jadi cara terbaik untuk menyiasatinya adalah makan 3 jam sebelum tidur dan jangan makan dengan porsi yang banyak saat anda hendak tidur. Dan hindari minum minuman berkafein dan beralkohol.

2. Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah Tidur

Minum air putih sebelum tidur bisa membuat anda bangun lebih cepat karena anda harus segera ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dengan begini mau tidak mau anda harus segera bangkit dari tempat tidur.

Sedangkan manfaat meminum air putih setelah bangun tidur adalah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan demi mengaktifkan kembali organ-organ dalam tubuh. Minum air putih setelah bangun itu ibarat kick-start bagi metabolisme, anda bisa lebih cepat sadar dan tidak lagi merasa ngantuk.

3. Kurangi aktivitas malam

Telat bangun di pagi hari disebabkan oleh aktivitas malam yang padat sehingga anda menjadi kelelahan dan sulit bangun pagi, jadi cobalah untuk mengurangi aktivitas malam yang tidak perlu seperti begadang untuk online.

4. Letakkan alarm di tempat yang jauh dari tempat tidur

Pasang alarm dan meletakkannya di samping tempat tidur anda itu bisa dikategorikan sebagai usaha paling sia-sia dalam hidup. Karena saat alarm bangun tidur berbunyi, anda bisa dengan mudah mengambilnya, mematikannya atau snooze sehingga anda bisa tidur lagi setelah mematikan alarm.

Agar alarm anda bisa berfungsi sebagaimana mestinya, letakkan alarm jauh dari tempat tidur sehingga anda harus bangun dan mencarinya saat alarmnya berdering. Sekali beranjak dari tempat tidur, biasanya sudah tidak berniat lagi untuk melanjutkan tidur.

5. Ganti dering alarm dengan lagu favorit

Bunyi dari jam weker itu kadang mengganggu dan bisa bikin anda bangun dalam keadaan yang tidak mood. Dan ini bisa bikin suasana hati jadi rusak sepanjang hari.

Lebih baik gunakan fitur alarm dalam ponsel dan aturlah suaranya menggunakan lagu favorit. Lagu-lagu dengan nada yang ceria bisa membuat bangun tidur dalam keadaan senang.

6. Segera mandi

Tahukah Anda, hal paling sulit dilakukan saat bangun pagi adalah mandi? Namun di situlah kuncinya. Segeralah mandi dengan air dingin untuk membangunkan sistem saraf Anda, dan membantu menyadarkan Anda. Usai mandi, tak ada lagi rasa malas karena pikiran dan tubuh Anda sudah “bangun” dan segar.

7. Konsumsi minuman berkafein setelah bangun tidur

Biasanya anda merasa kurang bersemangat dan mungkin sedikit pusing saat baru bangun tidur. Rasa tidak semangat dan kepala pusing bisa membuat produktivitas anda menurun. Anda bisa menyiasati ini degan cara meminum minuman berkafein beberapa saat setelah bangun tidur.

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh berfungsi untuk menambah energi dan juga menghilangkan rasa kantuk di pagi hari.

8. Olahraga

Untuk hal yang satu ini memang harus punya niatan dan usaha yang ekstra. Tapi olahraga adalah cara paling tepat agar setelah bangun tidur anda bisa cepat kembali fresh lagi.

anda tidak perlu olahraga terlalu berat. Cukup lakukan gerakan-gerakan senam yang simpel di rumah, atau bisa berjalan kaki atau jogging sebentar keliling komplek rumah. Berolahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat aktif kembali dan siap untuk memulai kegiatan.

9. Lakukan hal yang menyenangkan di pagi hari

Lakukan apapun yang bisa membuat anda senang di pagi hari. Misalkan membaca berita, memasak, merawat tanaman atau hewan peliharaan anda, atau mungkin ngobrol dengan keluarga atau teman kost.

Menstimulasi pikiran dengan sesuatu hal yang menyenangkan akan membuat anda menjadi lebih cepat segar kembali. Dan jika anda menjadwalkan kegiatan ini setiap hari, anda akan lebih termovitasi untuk lebih mudah dan bersemangat bangun pagi.

10. Usahakan untuk selalu tidur dan bangun di waktu yang sama

Biasakan melakukan rutinitas tidur di waktu yang sama. Usahakan agar setiap hari anda bisa tidur dan bangun tidur pada jam yang serupa.

Ini bertujuan agar tubuh anda terbiasa dengan kegiatan rutin ini. Jika pola tidur berantakan, ini akan mengganggu jam tubuh anda, sehingga di pagi hari bisa semakin sulit untuk bangun pagi dan merasa segar kembali.

11. Tersenyum dan bersyukurlah karena kamu masih bisa membuka mata di pagi hari

Satu hal penting yang bisa membuatmu bangun pagi dan cepat merasa segar adalah dengan tersenyum dan bersyukur kamu masih bisa melihat dunia ini kembali.

Tanpa sadar seringkali kita mengeluh dan menggerutu karena harus bangun pagi, padahal itu adalah sebuah anugerah karena kamu masih diberikan kesempatan untuk hidup. Mengingatkan diri sendiri untuk bersyukur di pagi hari akan membuatmu bersemangat dan lebih termotivasi lagi.

Kalau sampai sekarang kamu masih punya masalah dengan bangun pagi, kamu bisa coba melakukan cara-cara di atas.

Bangun tidur adalah salah satu kunci penentu produktivitasmu. Jangan sampai hari-hari anda kacau dan berantakan cuma gara-gara bangun tidur yang tidak benar.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.