4 Tata Cara Umroh yang Harus Kamu Ketahui

Ada tata cara umroh yang perlu Anda ketahui. Khususnya Anda yang merencanakan ingin melaksanakan ibadah umroh dalam waktu dekat ini. Perlu Anda ketahui bahwa umroh merupakan salah satu ibadah yang sifatnya sunnah.

Dalam arti, Anda bisa menjalankan umroh dengan mengunjungi tanah suci Mekah bagi yang mampu. Sementara bagi yang tidak mampu, tidak diwajibkan.

Mampu di sini juga dapat diartikan memiliki uang untuk berangkat dan melaksanakan umroh, serta kondisi fisik dan mental yang sehat. Mereka yang berangkat umroh dengan niatan hanya untuk Allah SWT, dipastikan pahala berlipat sudah menanti.

Anda yang beragama Islam dan bertempat tinggal di Indonesia tentu sangat ingin menjalankan ibadah umroh. Namun, tidak seluruh umat Islam di Indonesia dapat menjalankannya karena berbagai hal.

Sementara bagi Anda yang dilapangkan oleh Allah untuk bisa menjalankan umroh, sudah seharusnya mau dan mampu melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

Tata Cara Umroh

Lalu, bagaimana tata cara umroh yang perlu diketahui informasinya? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca sedikit uraian di bawah ini.

1. Melakukan Ihram

Inilah prosesi ibadah umroh yang pertama. Diwajibkan untuk memakai pakaian ihram yang dibedakan antara pria dan wanita. Sebelum berihram, disunahkan untuk mandi junub atau mandi besar serta memakai wewangian di sekujur tubuh.

Setelah siap, Anda bisa masuk ke kota Mekah, lalu menuju Masjidil Haram di mana prosesi umroh berikutnya akan dilakukan. Saat memasuki Masjidil Haram, mengucapkan kalimat talbiah umroh. Bagi pria untuk bisa mengeraskan suaranya, sementara bagi wanita dilirihkan.

Semua harus dilakukan dengan khusuk dan penuh kekhidmatan. Pasalnya, Anda akan memasuki rumah Allah di tanah suci Mekah. Bukan untuk berjalan-jalan atau bersenang-senang, tetapi untuk menjalankan sebuah ibadah yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, persiapkan dengan matang dan sebaik-baiknya.

2. Melakukan Thawaf

Tata cara umroh berikutnya, yaitu melakukan thawaf. Anda harus mengelilingi Kabah sebanyak 7 kali yang dimulai dari Hajar Aswad dan diakhir di Hajar Aswad pula. Jika mampu, silakan untuk mencium Hajar Aswad. Namun jika tidak, cukup dengan mengusap atau melambaikan tangan saja.

Kondisi fisik orang Indonesia yang bertubuh lebih kecil biasanya mengalami kesulitan saat ingin mendekati Hajar Aswad. Namun demikian, percayalah jika Allah telah mengetahui niat baik Anda sekalian yang telah mau melaksanakan umroh.

Beruntung sekali Anda yang bisa mendekati Kabah dan mencium Hajar Aswad. Hal itu dikarenakan berbagai keistimewaan dan keuntungan bisa diraih. Lagipula, Kabah merupakan kiblat umat Islam di seluruh dunia saat menjalankan sholat.

3. Melakukan Sa’i

Anda yang belum mengetahui sa’i, yaitu berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali. Bagi Anda yang dirasa belum bisa melakukannya dengan alasan keterbatasan fisik. Anda bisa memakai kursi roda, sehingga dapat didorong dan berjalan lebih mudah.

Semua kemudahan itu memang sangat membantu setiap orang yang ingin berkunjung ke masjid Allah. Jadi, jangan pernah berpikir untuk menyerah atau tidak mampu melaksanakan sa’i.

Pemerintah Arab Saudi sudah merenovasi hampir seluruh Masjidil Haram, sehingga terasa aman dan nyaman saat dikunjungi umat Islam dari pelosok dunia. Oleh karenanya, Anda pun bisa melakukan berbagai prosesi ibadah umroh seperti halnya sa’i dengan rasa nyaman.

4. Mencukur Rambut (tahallul)

Setalah selesai melakukan sa’i, tata cara umroh berikutnya adalah tahallul. Disunahkan untuk mencukur gundul atau memendekkan rambut kepala bagi pria. Sementara untuk wanita, cukup memotong rambutnya sepanjang satu ruas jari saja. Setelah selesai tahallul, maka prosesi umroh sudah selesai. Anda sekalian dapat melakukan berbagai kegiatan yang tadinya dilarang dalam kondisi ihram.

Biasanya, setelah prosesi umroh utama sudah dipraktikkan para peserta akan melakukan perjalanan safari ke berbagai tempat. Pada intinya, perjalanan tersebut untuk napak tilas peninggalan-peninggalan Rasulullah dan para nabi terdahulu.

Dengan mengunjunginya, Anda bisa semakin menambah keyakinan akan kebesaran Allah SWT. Selain itu, Anda bisa merasakan sendiri bagaimana suasana, kondisi, dan situasi di kota Mekah, Medinah, atau yang lainnya saat itu juga. Itulah sedikit tulisan mengenai tata cara umroh secara singkat. Semoga bermanfaat untuk Anda sekalian.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.