Tata Cara Shalat Idul Fitri yang Harus Dipahami

Sama halnya dengan sholat idul adha, sholat idul fitri juga merupakan memont besar yang hanya terjadi satu hari dalam satu tahun sekali dan dilaksanakan oleh seluruh umat muslim di dunia.

Idul Fitri sendiri memiliki keutamaan yang sangat besar yakni diampuninya segala dosa-dosa setelah kita beribadah berpuasa di bulan Ramadhan dan kembali ke fitrah seperti bayi yang baru terlahir kembali.

Sehingga pada hari raya idul fitri sudah selayaknya bagi kita sebagai umat islam untuk berbahagia serta bersuka cita dengan ikut mengumandangan takbir sepanjang malam mengagungkan asma Allah dzat yang Maha Besar.

Masyarakat Indonesia juga melakukan beberapa tradisi yakni berkunjung atau bersilaturahmi ke rumah sanak saudara, kerabat dan teman untuk saling maaf memafkan satu sama lain.

Sholat Idul Fitri merupakan sholat dua rakat yang hanya dikerjakan pada hari raya idul fitri saja, yang jatuh pada tanggal 1 Syawal. Sholat idul fitri memiliki hukum sunat mu’akkad (sangat perlu untuk dilakukan).

Pelaksanaan sholat idul fitri dimuli sejak terbitnya matahari hingg matahari condong ke barat atau dimulai dari terbitnya matahari sekitar pukul 6.30 WIB sampai dengan tergelincirnya matahari sekitar kurang lebih pukul 7.30 WIB.

Sholat idul fiitri tersebut boleh dilaksanakan di masjid, mushalla, tanah lapang maupun tempat-tempat lainnya. Disunatkan juga bagi umat islam untuk mandi sunah terlebih dahulu sebelum berangkat sholat idul fitri serta mempebanyak bacaan takbir.

Sunah Untuk Menyempurnakan Ibadah Idul Fitri

Beberapa sunat-sunat lain yang dikerjakaan untuk menyempurnakan ibadah idul fitri, diantaranya adalah :

  • Disunatkan untuk mandi sunah sebelum mengerjakan sholat, memakai pakaian terbaik, menggunakan wangi-wangian.
  • Makan atau minum (sarapan) sebelum berangkat shalat.
  • Memperbanyak takbir saat berangkat ke masjid atau tempat sholat idul fitri.
  • Disunatkan pula untuk menempuh jalan yang berbeda antara saat berangkat untuk sholat dan pulang dari mengerjakan sholat.

Tata Cara Sholat Idul Adha

  1. Sebelum mengerjakan sholat terlebih dahulu niat sholat idul adha di dalam hati, sebagai berikut “Ushalli Sunnatan Li’iidil Fithri Rak’ataini (Ma’muuman / Imaaman) Lillahi Ta’aalaa” yang artinya : “Aku niat shalat idul adha dua raka’at (makmum / imam) karena Allah Ta’ala”.
  2. Setelah berniat untuk mengerjakan shalat idul adha dalam hati, dilanjutkkan dengan Takbiratul Ikhram.
  3. Seperti sholat yang lainnya diawali dengan membaca doa iftitah dan dilanjutan dengan melakukan takbir sebanyak 7 kali, selesai membaca takbir tersebut disunahkan untuk membaca bacaan tasbih “Subhaanallahi Walhamdu Lillahi Walaa Ilaaha Illallahu Wallahu Akbar” yang artinya : “Maha suci Allah dan segala puji hanya milik Allah. Tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar”. Lakukan hingga sebanyak 7 kali setelah takbir.
  4. Setelah takbir ke 7, dilanjutkan dengan bersedekap dan membaca ta’awwudz serta surat alfatihah dan surat al quran.
  5. Dilanjutkan dengan gerakan sholat seperti biasa yakni ruku’, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud kedua dengan membaca doa disetiap gerakan seperti sholat 5 waktu.
  6. Setelah sujud kemudian takbir sambil berdiri dan bersedekap membaca bacaan tasbih, kemudian takbir lagi dan membaca bacaan tasbih hingga 5 kali melaksanakan takbir.
  7. Setelah takbir ke 5, dilanjutkan dengan bersedekap dan membaca ta’awwudz serta surat alfatihah dan surat al quran.
  8. Dilanjutkan dengan gerakan sholat seperti biasa yakni ruku’, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud kedua dan tasyahud akhir dengan membaca doa disetiap gerakan seperti sholat 5 waktu.
  9. Selesai dari tasyahud akhir kemudian salam dengan menoleh ke arah kanan dan kiri.
  10. Setelah selesai menjalankan sholat idul adha disunatkan untuk tidak meninggalkan tempat sebelum khutbah selesai disampaikan oleh khatib. Pada umumnya dipenghujung khutbah jamaah akan melakukan doa bersama yang dipimpin oleh khatib.

Nah demikianlah beberapa tata cara sholat idul fitri dan sunat-sunat dalam mengerjakan sholat idul fitri. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi sahabat muslim dalam menyempurnakan ibadah idul fitri Anda dan keluarga.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.