4 Syarat Ibadah Haji dan Umroh, Beserta Tips Menjalankannya

Menjadi umat mukmin berarti Kita harus memenuhi segala kewajiban dan tanggungjawab yang berkenaan dengan agama yang dianut. Dalam pandangan Islam, bagi Mereka yang sudah termasuk dalam kategori mampu maka harus memenuhi ibadah Haji atau pun Umroh. Jika Anda ingin menjalankannya, maka syarat ibadah haji dan umroh berikut ini akan sangat bermanfaat.

Syarat Ibadah Haji dan Umroh

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan ibadah haji maupun umroh, maka ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Apabila Anda telah memenuhi beberapa syarat ibadah haji dan umroh di bawah ini, maka Anda sudah dapat melangsungkan ibadah yang satu ini, apa saja syarat ibadah haji? ini dia!

1. Islam

Tentu saja berikut ini merupakan syarat ibadah haji yang harus ada pada seseorang yang hendak melakukan ibadah berikut. Selain itu, ibadah ini juga tidak akan sah apabila dilakukan oleh orang kafir.

Hal ini berdasarkan pada firman Allah pada QS At-Taubah: 54 yang artinya Dan tidak ada yang menghalangi Mereka untuk diterima dari Mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena Mereka kafir kepada Allah dan RasulNya.

2. Berakal dan Balig

Haji dan umroh diperuntukkan bagi orang Muslim yang berakal sehat atau tidak gila. Bagi Mereka yang gila, maka ibadah ini dianggap tidak sah. Sedangkan untuk balig merupakan salah satu rukun umroh dan termasuk syarat ibadah haji.

Namun bagi anak kecil tidak diwajibkan haji. Tetapi jika walinya menghajikan, maka hajinya bisa sah serta mendapat pahala bagi si anak beserta walinya.

Seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad sewaktu ada seorang wanita yang mengangkat anak kecil serta bertanya, “Apakah anak ini dapat melakukan haji? Nabi menjawab, “Ya, dan bagimu akan mendapat pahala.” (HR. Muslim)

3. Merdeka

Seorang yang menjadi budak atau hamba sahaya tidak diwajibkan untuk menjalani ibadah haji maupun umroh. Karena kedua ibadah ini memerlukan waktu yang cukup lama. Sehingga jika dijalankan oleh hamba sahaya maka khawatir kepentingan tuannya akan terbengkalai. Maka dari itu syarat ibadah haji ini diberlakukan.

4. Mampu

Untuk syarat ibadah haji yang satu ini ialah mampu, dalam artian mampu secara fisik serta finansial. Ibadah haji dan umroh menuntut untuk memiliki kesehatan yang cukup baik, karena kegiatan yang dilakukan pun cukup membutuhkan stamina yang baik.

Sedangkan untuk finansial, tentu saja. Karena biaya untuk ibadah haji dan umroh juga tidak sedikit. Maka dari itu syarat ibadah haji ini perlu diperhatikan.

Allah berfirman dalam QS Ali Imran: 97 yang berarti Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.

Tips menjalankan ibadah haji dan umroh

Setelah Anda memahami terkait syarat ibadah haji dan umroh, maka kini tiba saatnya Anda mempersiapkan diri untuk melangsungkan ibadah tersebut. Perhatikan beberapa tips berikut ini agar ibadah yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan, serta stamina dan kebugaran tubuh tetap terjaga.

Pertama

Hal pertama yang harus Anda lakukan selaku jemaah haji maupun umroh ialah untuk menjaga kebersihan makanan atau pun minuman yang hendak di konsumsi. Tips berikut tidak jauh beda dengan syarat ibadah haji yang harus sama-sama dilakukan. Sebab ini akan memengaruhi kesehatan Anda selama menjalankan ibadah tersebut.

Sangat tidak dianjurkan bagi para jemaah haji untuk mengkonsumsi air keran atau pun air mentah, karena di dalamnya terkandung mikroorganisme. Maka dari itu persiapkan perbekalan yang cukup, sebab sepanjang perjalanan antara Madinah dan Mekah memiliki cuaca yang terik.

Kedua

Menjaga kesehatan dengan memperhatikan kebersihan toilet dan tubuh merupakan hal selanjutnya untuk membuat agar tubuh tetap bugar ketika menjalankan ibadah yang satu ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.