Sejarah Dan Pengertian Logaritma Beserta Contohnya

Sejarah Dan Pengertian Logaritma Beserta Contohnya – Mungkin kalian yang baru masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) masih asing dengan materi logaritma ini. Karena materi ini merupakan materi pembukaan di SMA. Materi ini sebenarnya hampir sama dengan perpangkatan. Berikut merupakan penjelasan tentang logaritma.

Sejarah Dan Pengertian Logaritma

Logaritma merupakan salah satu dari tiga penemuan penting dalam materi matematika (dua lainnya yaitu notasi angka arab dan pecahan desimal). Dengan logaritma, perhitungan yang melibatkan bilangan-bilangan besar dapat diselesaikan dengan mudah.

Logaritma tidak akan pernah dikenal tanpa kerja keras dari John Napier (1550-1617). Pada tahun 1614, Napier menerbitkan sebuah buku gambaran mengenai aturan dalam logaritma (A Description of the Marvelous Rule of Logarithms). Begitu buku pertamanya diterbitkan, antusiasme ahli matematika merebak. Salah satunya yaitu Henry Briggs (1516-1631) yang sudah memodifikasi dengan mengubah dan menggunakan logaritma berbaris 10 sampai akhirnya ditemukan log 10 = 1 = 100.

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa logaritma merupakan kebalikan (invers) dari pemangkatan. Suatu bentuk pemangkatan bisa diubah menjadi bentuk logaritma dan juga sebaliknya.

an = b ⇔ alog b = n dengan syarat a > 0, a ≠ 1, b > 0

Catatan :

a disebut sebagai bilangan poko logaritma.

b adalah bilangan yang dicari logaritmanya.

n adalah hasil logaritma (nilai pangkat)

Contoh :

23 = 8 ⇔ 3 = 2log 8 → logaritma dengan bilangan pokok 2.

34 = 81 ⇔ 4 = 3log 81 → logaritma dengan bilangan pokok 3.

102 = 100 ⇔ 2 = log 100 → logaritma dengan bilangan pokok 10.

Jika bilangan pokok dari logaritma tidak dituliskan, berarti logaritma tersebut yaitu berbasis 10.

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini tentang Sejarah Dan Pengertian Logaritma Beserta Contohnya Terlengkap. Semoga dalam penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.