6 Rukun Iman yang Harus Diyakini Kebenarannya

Selain rukun Islam, setiap muslim juga harus mengetahui dan meyakini 6 rukun iman serta penjelasannya. Tidak tahu saja sudah termasuk berdosa, apalagi tidak percaya. Rukun ini Berbeda dengan rukun Islam.

Kalau rukun Islam bisa salah satunya tidak dikerjakan tetapi keenam rukun ini tidak boleh diyakini hanya salah satunya. Sebab semuanya adalah satu kesatuan. Keenam rukun itu adalah sebagai berikut:

1. Iman kepada Allah

Iman yang pertama ini adalah sebuah pondasi dasar. Sebab hanya karena iman kepada Allah saja yang bisa membuat kita iman kepada rukun yang berikutnya.

Orang bisa dikatakan percaya kepada Allah jika sudah benar-benar menyandarkan dirinya terhadap semua ketentuan Allah dan taat kepadaNya.

Taat sendiri bermakna menjalankan semua yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi segala larangannya. Sehingga jika seseorang sedang bermaksiat, itu artinya imannya sedang menurun atau bahkan sudah tidak ada.

2. Iman kepada Malaikat Allah

Umat Islam juga harus meyakini bahwa Allah menciptakan makhluk yang tidak memiliki nafsu dan tugasnya hanya menghamba yang disebut dengan malaikat. Karena tidak punya nafsu, malaikat tidak pernah bermaksiat.

Sehingga orang yang hampir tidak pernah berbuat buruk, ia sering disebut dengan malaikat. Allah menciptakan malaikat yang jumlah pastinya tidak ada yang tahu.

Namun kita sebagai orang Islam hanya diwajibkan mengetahui nama-nama malaikat yang banyaknya ada 10 beserta tugas yang diembannya.

3. Iman kepada Kitab Allah

Sebagai umat Islam, kita juga harus mempercayai bahwa Allah menurunkan beberapa kitab yang diberikan kepada rasulnya. Banyaknya kitab yang wajib diketahui oleh umat Islam ada 4.

Yaitu zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud, Taurat kepada Nabi Musa, Injil kepada Nabi Isa dan Al-Qur’an yang diberikan kepada Nabi Muhammad sebagai bukti kemukjizatannya yang paling menakjubkan.

Kebanyakan nabi memiliki mukjizat yang ketika sudah wafat maka mukjizatnya juga ikut diambil. Berbeda dengan Nabi Muhammad yang mukjizatnya masih bisa dibuktikan sampai akhir zaman.

Yaitu berupa ilmu pengetahuan tentang alam semesta yang tersirat dalam Al-Qur’an yang sekarang ini sudah banyak dibuktikan kebenarannya oleh para ilmuan.

4. Iman kepada Rasul Allah

Kemudian rukun iman yang selanjutnya adalah kita juga diwajibkan percaya dan meyakini bahwa Allah telah mengutus rasul untuk menyampaikan ajaran tauhid kepada umatnya masing-masing.

Banyaknya rasul yang wajib diketahui oleh umat Islam ada 25 mulai dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad SAW. Setiap muslim harus tahu namanya satu persatu. Semua rasul Allah diberikan ajaran tauhid yang sama.

Hanya saja syariatnya berbeda-beda. Tetapi semua bertujuan untuk taat kepada Allah SWT. Hal ini seperti banyaknya aliran thariqat yang tujuannya sama-sama untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Disamping itu, banyaknya nabi maupun rasul yang tidak diketahui namanya satu persatu juga harus diimani sebagai konsekuensi iman kepada Allah.

5. Iman kepada Takdir Allah

Kemudian, sebagai umat Islam juga harus percaya dengan adanya takdir. Hal itu dibuktikan dengan tidak pernah menyesali apapun yang sudah terjadi. Sebab semua yang sudah terjadi adalah sudah menjadi ketentuannya.

Takdir itu sendiri ada dua yaitu takdir mubram (takdir yang tidak bisa diubah) seperti mati, rejeki, jodoh dan percaya dengan takdir ghoiru mubram (takdir yang bisa diubah) seperti cara mendapatkan rejeki, cara mendapatkan jodoh dan lain sebagainya.

Takdir itu sudah ditentukan oleh Allah sejak manusia diberi nyawa atau ruh pertama kalinya yaitu di kehamilan akhir triwulan pertama.

6. Iman kepada Hari Akhir

Dan yang terakhir harus percaya bahwa akan tiba suatu masa kehancuran dari seluruh alam semesta yang disebut sebagai hari kiamat. Tidak hanya bumi yang hancur, tetapi seluruh alam akan hancur tak berbekas dengan salah satu tandanya adalah terbitnya matahari dari arah barat dan tenggelam di arah timur.

Ini juga sudah diteliti oleh para ilmuan dari gaya perubahan gaya gravitasi dan mereka membenarkan bahwa kabar tentang matahari itu benar adanya.

Itulah keenam rukun iman yang harus dipercaya oleh seluruh umat Islam di dunia ini. Tidak percaya salah satunya saja sudah disebut kafir. Sebab dengan percaya kepada Allah maka harus percaya bahwa Allah telah menciptakan rukun iman yang berikutnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.