Profil Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD)

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, negara kita Indonesia dulunya memiliki 27 provinsi. Namun seiring dengan perkembangan yang ada saat ini, ada 6 provinsi lagi yang bergabung. Sehingga total provinsi yang dipunyai Indonesia sekarang adalah 33 provinsi.

Ke 33 provinsi itu tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dari ujung barat pulau Sumatra sampai dengan ujung timur Papua. Banyaknya provinsi tersebut menjadi bukti bahwa negara Indonesia kaya sekali akan keanekaragaman. Dan untuk ini kita harus bangga karenanya.

Dari 33 provinsi yang saat ini dimiliki oleh Indonesia, ada provinsi- provinsi yang mempunyai perbedaan dibandingkan dengan propinsi lainnya. Perbedaan yang dimaksud di sini adalah bahwa provinsi-provinsi tersebut memiliki kekhususan atau keistimewaan.

Ada 3 provinsi di Indonesia ini yang masuk dalam kategori ini. Ketiga provinsi tersebut adalah provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan 1 lagi yaitu provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Keistimewaan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Kali ini kita akan membahas tentang keistimewaan provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Penyebab mengapa provinsi NAD menjadi istimewa karena beberapa hal.

1. Karena Agamanya

Pertama karena agamanya. Masyarakat Aceh sudah sangat dikenal karena ketaatannya pada agama Islam. Bahkan bisa disebut fanatik.

Mereka sangat teguh memegang aturan-aturan agama Islam. Kalau ada norma-norma agama Islam yang dilanggar, tidak segan-segan akan dikenai sangsi yang sangat berat. Dan sangsi yang dikenakan tentu saja berdasarkan aturan yang ada di dalam agama Islam.

2. Karena Adatnya

Selain karena agamanya, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam disebut istimewa karena adat yang dimilikinya. Hal ini bisa kita temukan pada semua perayaan yang ada di sana. Seperti khitanan, pernikahan, kelahiran atau kematian. Semuanya pasti menggunakan adat.

Tari Salman dari Aceh saat ini bukan hanya terkenal di Indonesia saja tetapi sudah mendunia. Bahkan organisasi internasional PBB sudah menetapkan tari Salman ini sebagai peninggalan budaya leluhur yang bukan merupakan benda yang patut dilestarikan.

3. Bidang Pendidikan

Keistimewaan ketiga yang dipunyai provinsi Nanggroe Aceh Darussalam terkait dengan bidang pendidikan. Dari jaman dulu kala, masyarakat Aceh sudah terkenal sangat pintar. Banyak gagasan atau ide yang briliant asalnya dari mereka.

Gagasan tersebut diantaranya adalah menciptakan sebuah lembaga yang saat ini kita kenal namanya sebagai BAPPEDA (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah). Sebetulnya ide ini tadinya dibuat untuk diterapkan di Aceh saja.

Namun karena sudah dapat membuktikan keberhasilannya, pemerintah pusat tidak ragu-ragu untuk membawanya ke tingkat nasional. Dan namanyapun berubah menjadi BAPPENAS (Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional).

Tidak hanya BAPPEDA, masyarakat Aceh jugalah yang pertama kali memberikan inspirasi bagi pemerintah pusat untuk membentuk MUI (Majelis Ulama Indonesia). Hal ini disebabkan dulunya ulama-ulama sangat dihormati di Aceh. Oleh karenanya sangat penting untuk mempunyai sebuah wadah untuk mengumpulkan para ulama tersebut.

Profil Aceh

Sebagai salah satu provinsi yang ada di Indonesia, Aceh mempunyai keistimewaan dibandingkan dengan provinsi lainnya. Dan keistimewaan-keistimewaan tersebut sudah diulas sebelum ini.

Dulunya provinsi Aceh dikenal dengan nama provinsi Daerah Istimewa Aceh (DIA), seperti halnya DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Namun seiring dengan berkembangnya jumlah provinsi di Indonesia dari 27 menjadi 33, maka namanyapun berubah menjadi provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam terletak di bagian ujung dari pulau Sumatra. Tepatnya di Sumatra bagian barat. Beribukotakan Banda Aceh, provinsi ini terletak berbatasan dengan Selat Malaka dan Samudera Hindia.

Banyak orang meyakini bahwa agama Islam bermulanya dari tanah Aceh ini. Dahulunya, kesultanan Aceh dikenal sebagai kesultanan yang paling kaya, paling kuat di seantero Malaka. Rakyat Aceh juga dikenal karena kegigihannya dalam melawan para penjajah.

Mayoritas penduduk Aceh memeluk agama Islam, prosentasenya hampir mencapai 100%. Di sebagian besar wilayah di Aceh bahkan ada yang memberlakukan aturan sesuai dengan apa yang berlaku di dalam agama Islam.

Prvinsi Aceh sendiri terkenal akan kekayaan alamnya yang berlimpah-limpah. Banyak sekali kita temukan sumber daya alam di sana. Diantaranya gas alam, minyak bumi, batu bara, tembaga, timah, biji besi dan emas. Para ilmuwan banyak yang memperkirakan bahwa Acehlah yang mempunyai cadangan gas paling besar di dunia.

Dan untuk saat ini gas alam dan minyak bumi di provinsi Aceh inilah yang menjadi sumber devisa cukup besar bagi Indonesia. Kedua sumber daya alam ini menjadi penyumbang yang cukup banyak.

Disamping terkenal mempunyai sumber daya alam yang melimpah ruah, provinsi Aceh juga dikenal akan sumber hutannya yang luas. Hutan-hutan tersebut berada di sepanjang Bukit Barisan dan di sepanjang Aceh.

Selain itu sektor-sektor lain juga menjadi andalan provinsi Aceh sebagai pendapatan daerah. Sektor-sektor tersebut adalah sektor pertanian, perikanan, perkebunan dan juga peternakan.

Provinsi Aceh berada dekat dengan lempengan bumi. Itulah sebabnya di Aceh sering sekali mengalami musibah gempa bumi. Kejadian gempa bumi paling dahsyat di sana adalah yang terjadi pada bulan Desember 2004. Karena selain gempa bumi, juga terjadi musibah tsunami. Dan hal tersebutlah yang paling mengerikan.

Di Aceh ada sebuah mesjid yang sangat terkenal karena keindahannya. Mesjid tersebut bernama Mesjid Raya Darussalam. Mesjid ini terletak di Banda Aceh. Selain mempunyai mesjid yang sangat indah, Aceh memiliki sebuah taman nasional yang juga indah. Taman itu bernamaTaman Nasional Gunung Leuser, yang berada di Aceh Tenggara.

Provinsi Aceh dikenal mempunyai fanatisme agama Islam yang sangat kuat. Aceh diyakini menjadi wilayah cikal bakal masuknya agama Islam di Indonesia. Karena itulah Aceh mempunyai julukan sebagai serambi Mekah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.