Profil Provinsi Bengkulu | Peta, Logo, Sejarah, Seni dan Wisata Bengkulu

Indonesia sangat terkenal akan keindahan alam dan juga masyarakatnya yang ramah, selain itu Indonesia juga memiliki banyak pulau yang mana memiliki berbagai provinsi, salah satu provinsi di Indonesia yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Provinsi Bengkulu.

Provinsi Bengkulu sendiri berada di bagian barat pegunungan yang bernama Bukit Barisan. Untuk luas wilayah dari Provinsi Bengkulu sendiri kurang lebih 19.919,33 km persegi atau 1.991.933 hektar.

Peta Provinsi Bengkulu

peta-kota.blogspot.com

Kemudian untuk wilayah dari Provinsi Bengkulu sendiri memanjang mulai perbatasan Provinsi Sumatera bagian Barat sampai dengan perbatasan Lampung, untuk jaraknya sendiri kurang lebih 567km. Provinsi Bengkulu secara astronomi terletak antara 2° 16’ LU dan 3° 31’ LS serta antara 101° 01\’ – 03° 41 BT.

Sedangkan secara geografisnya, provinsi Bengkulu ada di sebelah utara dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat, untuk di sebelah selatan, batas wilayah Bengkulu adalah Samudera Indonesia dan Provinsi Lampung, kemudian untuk bagian barat, batasnya adalah Samudera Indonesia serta untuk sebelah timur, Provinsi ini berbatasan dengan Jambi serta Sumatera Selatan.

Pada dasarnya Provinsi Bengkulu bisa dibilang memiliki batas langsung dengan sebuah samudera yaitu Samudera Indonesia di sepanjang garis pantai 525km.

Untuk bagian timur dari Provinsi Bengkulu sendiri berbukit namun memiliki tanah yang subur, sedangkan untuk bagian barat merupakan daerah yang memiliki dataran rendah yang mana relative sempit, bisa dibilang memanjang dari utara sampai selatan dan diselingi dengan daerah yang bergelombang.

Provinsi Bengkulu sendiri memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Selain itu kita juga akan membahas mengenai Provinsi Bengkuli secara lebih lengkap lagi, dan berikut ini adalah profil Provinsi Bengkulu secara lebih lengkap:

Sejarah Provinsi Bengkulu

Provinsi Bengkulu dibagi menjadi 9 kabupaten dan juga 1 kota yang mana terdiri dari 124 kecamatan. Selain itu Bengkulu juga memiliki sejarah yang menarik untuk dibahas, dan berikut ini adalah sejarah dari Provinsi Bengkulu:

Yang pertama adalah agama islam masuk ke Provinsi Bengkulu di abda 16 yang mana sebelumnya dari jawa. Perang Bengkulu dan Aceh yang mana terjadi pada abad ke 16 dan 17 terjad sebanyak 2 kali.

Dan untuk beberapa kesultanan yang ada di Bengkulu sendiri adalah Selebar, Anak Sungai dan juga Sungai Limau. Untuk Armada Aceh sendiri kemudian membuka serangan ke Selebar.

Kemudian yang kedua adalah mengenai kapal induk Anceh yang menunggu di laut bersama dengan induk pasukan, sedangkan untuk beberapa kapal yang memiliki ukuran lebih kecil memasuki Sungai Serut.

Pihak dari Selebar sendiri mampu untuk menahan serangan tersebut karena menutup Sungai Serut dengan menggunakan rintangan sehingga kapal induk Aceh tidak bisa untuk memberi bantuan kepada pasukan yang lebih dulu masuk.

Selain itu zaman prasejarah dari Bengkulu sendiri sudah dihuni oleh manusia. Pendatang dari Asia dapat berbaur dengan manusia purba kurang lebih 4000 sampai dengan 2000 SM.

Kemudian sebagian lagi masuk ke pedalaman, sementara untuk yang lainnya menghuni daerah pantai tersebut. Dan hal ini merupakan cikal bakal dari suku bangsa Neo-Malayan. Bagian dari suku bangsa tersebut adalah suku Rejang, Serawai, Kaur, Lembak, Bengkulu dan juga suku Katahun.

Tonggak Sejarah Provinsi Bengkulu

Profil Provinsi Bengkulu yang lain mengenai sejarah sendiri adalah tonggak sejarah Bengkulu yang mana sebagai berikut penjelasannya:

Pada tahun 1664 VOC mendirikan sebuah perwakilan di Provinsi Bengkulu, tetapi setelah 6 tahun kemudian, Belanda menutup sementara kantor tersebut dan dibuka kembali pada tahun 1824.

Kemudian pada tanggal 24 Juni 1685 Inggris mulai masuk ke Bengkulu, tetapi mereka mendarat di Pulau Tikus yang terletak 1km dari pusat kota Bengkulu, kemudian disambut oleh agen niaganya. Mereka tidak masuk ke pelabuhan Selebar karena kapal yang ditumpangi Sultan Banten dan juga kapal Belanda sedang bersandar di sana.

Pada tanggal 16 Agustus 1695 perjanjian antara Inggris dan juga Bengkulu ditandatangani. Perjanjian tersebut berisi monopoli lada, kemudian izin untuk membangun loji dan juga mengadili penduduk yang sudah berbuat salah. Kemudian Inggris juga terus memperluas wilayahnya sampai dengan Muko – Muko.

Pada tahun 1692, Inggris mendirikan sebuah pos di Triamang, kemudian pada tahun 1701 Belanda memperluas daerah kea rah Seluma, Kaur, Manna dan juga Krui. Lalu Inggris juga membangun sebuah benteng yang diberi nama Marlborough pada tahun 1718. Selain itu juga masih banyak lagi tonggak sejarah dari Provinsi Bengkulu yang lainnya.

Logo Provinsi Bengkulu

ardilamadi.blogspot.com

Seni Dan Wisata Provinsi Bengkulu

Selain geografis dan juga beberapa sejarahnya, Bengkulu juga memiliki beberapa profil Provinsi Bengkulu menarik yang lainnya, yaitu sebagai berikut:

Yang pertama adalah Bengkulu memiliki berbagai macam tari yang sangat menarik untuk disaksikan atau dipelajari seperti tari Putri Gading Cempaka, kemudian juga tari Tombak Kerbau, tari Kejei dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kemudian yang kedua dilihat dari seni musiknya seperti geritan, kemudian serambeak yang merupakan seni berupa patatah – petitih, lalu andei – andei yang merupakan seni sastra yang berupa nasihat dan sambei yang merupakan seni vocal khas dari suku rejang, biasanya dilakukan untuk pesta pernikahan.

Selain itu pilihan wisata alamnya sangatlah banyak dan sangat menarik untuk dikunjungi seperti Danau Musi, kemudian Pantai Pasir Putih dan yang lainnya.

Untuk wisata sejarahnya sendiri juga bermacam – macam seperti Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno dan masih banyak lagi yang lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.