[Lengkap] Pengantar dan Pengertian Ilmu Ekonomi Kerakyatan

Ilmu ekonomi memiliki ruang lingkup yang sangat luas, tidak hanya mempelajari tentang ekonomi itu sendiri melainkan berbagai cabang yang terdapat didalam ekonomi. Salah satu cabang ilmu ekonomi yang bisa dipelajari adalah ilmu ekonomi kerakyatan.

Ekonomi kerakyatan memiliki pengertian dan ciri-ciri tersendiri selain itu dapat dipelajari dengan mudah melalui dasar-dasar ekonomi kerakyatan. Dasar-dasar ekonomi kerakyatan dapat membantu memahami berbagai hal yang bida dipelajari lebih mendalam.

Pengertian Ilmu Ekonomi Kerakyatan

Sebelum mempelajari ilmu ekonomi kerakyatan secara lebih mendalam, sebaiknya terlebih dahulu memahami pengertian ekonomi kerakyatan. Ekonomi kerakyatan adalah sistem perekonomian dalam pelaksanaannya meliputi pengawasan, kegiatan dan hasil aktivitas ekonomi tersebut dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat.

Dilihat dari namanya saja, sistem perekonomian ini tentunya bertujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat seutuhnya. Sistem ekonomi kerakyatan dibangun berdasarkan kekuatan ekonomi rakyat. Melalui kegiatan perekonomian ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memperoleh kesempatan yang lebih luas dan ikut berpartisipasi.

Dengan sistem ekonomi ini diharapkan masyarakat dapat mengelola sumber ekonomi secara mandiri sehingga dapat mendirikan sebuah usaha berupa usaha kecil menengah (UKM) dalam berbagai sektor atau bidang perekonomian. Tujuannya tentu saja untuk memenuhi kebutuhan dasar anggota masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan.

Ide awal ekonomi kerakyatan dikembangkan sebagai alternatif untuk membantu mengatasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Ide ini juga diorientasikan pada rakyat dan menggunakan kebijaksanaan untuk mendukung keterlaksanaannya sistem ini di masyarakat.

Dalam ekonomi kerakyatan, pemerintah juga berperan untuk menguasai berbagai kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat mulai dari sumber daya alam dan air. Negara juga ikut berperan dalam kegiatan ekonomi namun tidak berperan penuh melainkan memberi kesempatan pihak swasta untuk ikut berperan.

Dalam ekonomi kerakyatan, masyarakat memiliki peran yang sangat penting karena aktivitas produksi barang atau jasa dilakukan oleh masyarakat termasuk pengawasan dan kepemimpinannya. Kegiatan ekonomi dilakukan atas dasar kekeluargaan sehingga peran modal tidak terlalu mendominasi.

Dengan adanya ekonomi kerakyatan maka diharapkan mampu menciptakan kemandirian sebuah negara khususnya dalam bidang ekonomi, membantu pemerataan pendapatan rakyat, membantu pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, dan meningkatkan efisiensi perekonomian dalam skala nasional.

Meskipun bertujuan untuk membantu mensejahterakan perekonomian rakyat, namun ternyata ekonomi kerakyatan juga memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan tersebut bisa menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kegiatan ekonomi agar lebih baik lagi kedepannya.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi kerakyatan, diharapkan mampu memberi gambaran lebih jelas mengenai kegiatan perekonomian ini. Seluruh kegiatan ekonomi dilakukan oleh masyarakat hingga hasilnya juga dikelola oleh masyarakat.

Pengantar Ilmu Ekonomi Kerakyatan

Mempelajari tentang ekonomi kerakyatan tak lepas dari pengantar ilmu ekonomi kerakyatan. Didalam pengantar ini terdapat materi-materi dasar yang bisa dipelajari berkaitan dengan pemahaman dasar ekonomi kerakyatan.

Setelah mempelajari dan memahami pengertian secara jelas dan sederhana, selanjutnya dalam pengantar ini akan disajikan lebih mendalam mengenai ciri-ciri ekonomi kerakyatan, tujuan, kelebihan dan kekurangan. Dengan mempelajari ciri-ciri maka akan memudahkan proses identifikasi dan memudahkan dalam membedakan kegiatan ekonomi ini dengan kegiatan ekonomi yang lain.

Tujuan ekonomi kerakyatan yang paling utama untuk membantu masyarakat agar lebih mandiri sehingga mencapai kesejahteraan. Meskipun dikerjakan oleh masyarakat secara keseluruhan, namun kegiatan ekonomi ini juga tak lepas dari pemerintah sehingga dengan semakin dalam mempelajari ilmu ekonomi kerakyatan maka akan semakin mudah dipahami peran masyarakat, pemerintah maupun pihak swasta dalam kegiatan ekonomi.

Dengan adanya pengantar ini bisa menjembatani antara ilmu ekonomi dengan cabang-cabangnya salah satunya adalah ilmu ekonomi kerakyatan. Sebagai jembatan, pengantar ini memudahkan dalam proses pembelajaran dan pemahaman sehingga akan tercapai secara optimal.

Sebagai salah satu cabang ilmu ekonomi, ilmu ekonomi kerakyatan juga sudah dimasukkan dalam kurikulum pembelajaran mata pelajaran ekonomi di sekolah tingkat SMP hingga SMA. Bahkan untuk perguruan tinggal pada fakultas ekonomi juga mempelajari salah satu cabang ilmu ekonomi ini.

Untuk mempelajari ilmu ekonomi kerakyatan ini bisa dipelajari secara mandiri dengan mencari berbagai referensi atau sumber berupa buku-buku ekonomi yang berkaitan serta bisa mencari informasi melalui internet. Dengan mempelajari ilmu ekonomi kerakyatan, maka dapat membantu Anda menambah wawasan serta mampu mempraktikkan sistem ekonomi ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.