Pengantar Ilmu Sosiologi | Pokok Pembahasan dalam Sosiologi

Istilah Sosiologi sudah tidak asing lagi khususnya bagi orang-orang yang berada di lingkungan kependidikan dan kemasyarakatan. Kedua lingkungan ini erat kaitannya dengan ranah Ilmu Sosiologi sebagai salah satu ilmu kependidikan artinya memang diberikan kepada peserta didik sebagai mata pelajaran dan juga dalam lingkup murni yang bermakna lebih luas yaitu dalam kehidupan bermasyarakat.

Kita akan tahu betapa pentingnya ilmu Sosiologi dalam kehidupan setelah mengetahui makna dan definisi dari Sosiologi itu sendiri.

Istilah ini akan lebih mudah dipahami dengan membaginya menjadi dua kata yaitu socius dan logos sebagaimana yang tertera dalam bahasa latin, socius bermakna kawan dan logos bermakna sebagai ilmu ataupun pengetahuan. Singkatnya ilmu Sosiologi ini mempelajari segala hal yang berkaitan dengan kemasyarakatan.

Pokok Bahasan Sosiologi

Ingin tahu lebih lanjut tentang apa saja yang terdapat di dalam ilmu sosiologi? Jawabannya ada pada 4 pokok bahasan Sosiologi yang akan disampaikan sebagai berikut informasinya.

1. Fakta sosial

Pokok bahasan Sosiologi yang pertama berkaitan dengan luar diri individu atau secara keilmuan disebut sebagai fakta sosial. Fakta sosial adalah cara berfikir, bertindak, dan berperilaku yang berasal dari luar individu bisa individu lain ataupun suatu instansi yang pada akhirnya mampu memaksa dan mempengaruhi individu untuk melakukannya.

Fakta sosial ini sangat berperan penting dalam mengendalikan individu dengan cara yang memaksa. Meski sifatnya memaksa apabila individu tersebut mampu memaknai secara positif maka akan mampu mempengaruhi serta mengendalikan individu ke arah yang lebih baik. Inilah pentingnya ilmu Sosiologi diterapkan dalam lingkungan pendidikan.

Sebagai contoh sederhana adalah adanya tata tertib sekolah di dalamnya terdapat semua kewajiban peserta didik yang harus ditaati dan akan dikenai poin bagi pelanggarnya serta dari poin tersebut maka peserta didik yang terbukti melanggar hingga jumlah poin yang mencukupi maka diberlakukan hukuman.

Meskipun sifatnya memaksa dan peserta didik sebagai individu mungkin merasa tidak suka namun tata tertib tersebut bersifat mengikat dan menyeluruh sehingga tidak pandang bulu dalam melaksanakannya. Tujuannya jelas yaitu untuk mencetak individu-individu yang bertanggung jawab dan bermental baja.

Nah inilah yang disebut sebagai fakta sosial, tata tertib sekolah adalah faktor luar individu yang pada akhirnya mampu mempengaruhi peserta didik yang merupakan faktor yang mampu dipengaruhi dan berasal dari dalam individu itu sendiri.

2. Tindakan sosial

Pokok bahasan Sosiologi selanjutnya terdapat pada tindakan sosial. Singkatnya tindakan atau perilaku yang dimaksud adalah suatu perilaku yang memunculkan perhatian dari orang lain sebagai faktor luar dari individu.

Contoh sederhana, ketika anda sebagai peserta didik mampu memainkan alat musik dan sering memainkannya hanya sebagai hobi, itu belum bisa dikatakan sebagai tindakan sosial karena belum memunculkan perasaan bangga dari orang lain.

Namun ketika kemampuan bermusik anda diwujudkan dalam sebuah kontes perlombaan dan memunculkan rasa kagum pada setiap mata yang memandang, itulah yang dikatakan sebagai tindakan sosial.

3. Khayalan sosiologis

Pokok bahasan Sosiologi yang ketiga adalah khayalan sosiologis yang erat kaitannya dengan trouble atau masalah pribadi yang ranahnya lebih sempit dan isu sebagai masalah yang dialami oleh beberapa orang dalam satu kelompok sehingga menjadi masalah yang luas dan perlu pembahasan lebih lanjut.

Pentingnya ilmu Sosiologi sehubungan dengan khayalan sosiologis adalah kita akan memahami 2 hal yaitu diri manusia secara pribadi dan masyarakat secara umum sekaligus hubungan keduanya

4. Realitas sosial

Pokok bahasan sosiologi yang terakhir adalah realitas sosial yang berhubungan dengan cara pandang kita terhadap gejala-gejala yang muncul dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat.

Gejala-gejala yang muncul dari suatu masalah bisa teratur maupun tidak tergantung dari jenis masalah itu sendiri yang berkaitan dengan cara kita berinteraksi dan bersosialisasi dengan individu lainnya.

Nah, itulah keempat pokok bahasan Sosiologi yang perlu anda ketahui sebagai ilmuwan maupun masyarakat awam. Dengan adanya 4 pokok bahasan Sosiologi di atas anda akan lebih peka terhadap pentingnya ilmu Sosiologi dalam kehidupan sehari-hari untuk mengenal individu secara keseluruhan dan ketika bermasyarakat tentunya sehingga kesalahan dan isu bisa segera diatasi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.