Pengertian Umum dan Pengantar Ilmu Politik [Lengkap]

Pengantar pelajaran politik merupakan suatu hal dasar yang perlu diketahui dan dipelajari oleh Mereka yang hendak menempuh ilmu politik. Pelajaran berikut ini tentu bukan merupakan suatu pelajaran yang mudah, namun apabila dari awal Anda sudah mengenal pengantar pelajaran politik, tentu yang tadinya sudah akan menjadi lebih mudah.

Pengertian Politik Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Secara definisi, politik berasal dari bahasa Yunani yakni politikos yang berarti dari, untuk atau yang berhubungan dengan warga negara.

Jika secara Etimologi, politik berasal dari bahasa Belanda politiek dan dalam bahasa Inggris politics, yang masing-masing memiliki sumber dari bahasa Yunani (politika yang artinya berkaitan dengan negara), akar katanya ialah polites atau warga negara, dan polis atau negara kota.

Secara etimologi kata politik masih memiliki kaitan dengan polisi atau kebijakan. Kata politis memiliki pengertian hal-hal yang berhubungan dengan politik. Sedangkan untuk kata politisi memiliki arti orang-orang yang menekuni hal politik.

Terdapat beberapa penjelasan tentang pengantar pelajaran politik, berikut pendapat para ahli tentang politik.

1. Aristoteles

Aristoteles mengemukakan jika politik ialah suatu upaya atau cara yang dilakukan untuk mendapatkan sesuatu yang dikehendaki.

2. Joice Mitchel

Joice Mitchel berpendapat bahwa politik ialah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum masyarakat seluruhnya.

3. Meriam Budhiarjo

Meriam Budhiarjo, politik ialah macam-macam aktivitas yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan tersebut.

4. Johan Kaspar Blunchli

Johan Kaspar Blunchli berkata bahwa politik adalah ilmu yang memperhatikan masalah kenegaraan dengan memperjuangkan pengertian serta pemahaman terkait negara beserta keadaan, sifat-sifat dasarnya dalam berbagai bentuk atau manifestasi pembangunannya.

Jadi dapat diambil kesimpulan, apabila politik merupakan sebuah tahapan dimana untuk membentuk atau membangun suatu posisi kekuasaan dalam masyarakat yang bertujuan sebagai pengambil keputusan yang berhubungan dengan keadaan masyarakat.

Pengantar Ilmu/Pelajaran Politik

Untuk pengantar pelajaran politik sendiri memiliki banyak materi, meliputi.

A. Legitimasi

Pengantar pelajaran politik berikut ini merupakan bagian dasar dari ilmu politik. Legitimasi merupakan pengakuan dan penerimaan masyarakat terhadap pimpinan untuk memerintah, membuat serta menjalankan keputusan politik. Pengantar pelajaran politik berupa legitimasi juga memiliki objeknya sendiri, di antaranya.

  1. Masyarakat politik – krisis identitas
  2. Hukum – krisis konstitusi
  3. Lembaga politik – krisis kelembagaan
  4. Pemimpin politik – krisis kepemimpinan
  5. Kebijakan – krisis kebijakan

B. Manfaat Legitimasi

Legitimasi juga memiliki manfaat, yakni:

  1. Menciptakan stabilitas politik serta perubahan sosial
  2. Mampu mengatasi masalah dengan lebih cepat
  3. Dapat mengurangi penggunaan saran kekerasan fisik
  4. Serta mampu memperluas bidang kesejahteraan atau kualitas kesejahteraan.

C. Cara Mendapatkan Legitimasi

Selanjutnya pengantar pelajaran politik tentang bagaimana seseorang dapat memperoleh legitimasi, caranya ialah.

1. Simbolis

Simbolis, yakni melakukan manipulasi kecenderungan moral, emosional, tradisi, kepercayaan yang dilakukan dengan cara ritualistik seperti upacara kenegaraan, parade tentara atau pemberian penghargaan.

2. Materiil atau instrumental

Materiil atau instrumental, yakni menjanjikan dan memberikan kebutuhan dasar masyarakat, seperti dengan memberikan sembako, pendidikan, hingga kesehatan.

3. Pemilu

Pemilu, hal ini biasa dilakukan untuk memilih orang atau referendum guna memutuskan kebijakan umum.

D. Kewenangan

Ini juga merupakan pengantar pelajaran politik yang tidak dapat dilupakan. Sebab kewenangan merupakan hak moral yang diperlukan guna membuat ataupun melaksanakan suatu keputusan politik. Tipe kewenangan dibagi menjadi dua, yakni.

  1. Kewenangan prosedural, yakni berasal dari peraturan perundang-undangan
  2. Kewenangan substansial yang berasal dari tradisi, kekuatan sakral, kualitas pribadi dan instrumental.

E. Kekuasaan

Sedangkan untuk pengantar pelajaran politik berupa kekuasaan ini merupakan kemampuan menggunakan sumber pengaruh guna mempengaruhi proses pembuatan serta pelaksanaan keputusan politik sehingga memberikan dampak keuntungan pada pribadi, kelompok, atau golongan masyarakat secara umum. Kekuasaan memiliki 3 unsur, yakni: tujuan, cara serta hasil.

F. Teori ilmu Politik

Teori ilmu politik merupakan generalisasi dari fenomena politik, yang terdiri dari.

  • Tujuan politik
  • Cara mencapai tujuan politik
  • Kecenderungan serta kebutuhan untuk acara tersebut
  • Kewajiban dalam mencapai kebutuhan itu

Beberapa pengantar pelajaran politik tersebut dapat mengantarkan Anda kepada pencapaian penguasaan materi ilmu politik yang hendak dipelajari.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.