Pengertian dan Pengantar Ilmu Komunikasi [Lengkap]

Setiap orang tentu saja perlu mengenal dan mempelajari komunikasi, sebab dari situlah suatu hubungan akan terbentuk. Makhluk hidup selalu melakukan komunikasi, baik dengan makhluk hidup lainnya ataupun dengan alam. Apabila Anda mulai mempelajari pengantar ilmu komunikasi, maka Anda harus mengerti arti komunikasi itu sendiri.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian dari para ahli terkait komunikasi, sebelum mengulas lebih lengkap tentang pengantar ilmu komunikasi, Anda memerlukan uraian tentang pengertian komunikasi berikut ini.

Komunikasi dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Communication, sementara dari bahasa Latin disebut communicatio, dan berasal dari kata communis yang berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Dalam pengertian mengenai komunikasi itu sendiri, komunikasi menurut Hovland ialah proses mengubah perilaku orang lain.

Banyak sekali pengantar ilmu komunikasi yang dapat Anda pelajari. Namun sebelum mempelajari uraian pokok pengantar ilmu komunikasi, simak pendapat para ahli berikut ini tentang pengertian pengantar ilmu komunikasi.

1. Everett M. Rogers

Everett M. Rogers menjelaskan bahwa Komunikasi ialah suatu proses dimana ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima ataupun lebih, dengan tujuan mengubah tingkah laku Mereka.

2. Shannon & Weaver

Shannon & Weaver menyatakan jika komunikasi merupakan suatu bentuk suatu interaksi antar manusia dan saling memiliki pengaruh untuk memengaruhi satu sama lain, baik yang sengaja ataupun tidak sengaja. Serta tidak memiliki batas dalam bentuk komunikasi tertentu, seperti dapat memakai bahasa yang verbal, ekspresi wajah, lukisan hingga seni dan juga teknologi.

3. Rogers & D. Lawrence Kincaid

Rogers & D. Lawrence Kincaid mengemukakan jika komunikasi ialah proses dimana dua orang bahkan lebih melakukan atau sedang membentuk suatu pertukaran informasi dengan satu ama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang cukup mendalam.

4. Raymond S. Ross

Raymond S. Ross berpendapat Komunikasi sebagai suatu proses menyoroti, memilih serta mengirimkan simbol tertentu dengan cara sedemikian rupa agar pendengar bisa mengerti dan menangkap pemikiran serta pemikiran yang sama dengan yang komunikator harapkan.

Pengantar Ilmu Komunikasi Dan Prinsip-prinsip Komunikasi

Beberapa kilasan materi pengantar ilmu komunikasi berikut ini dapat membantu Anda untuk mengenal pengantar ilmu komunikasi lebih mendetail. Berikut ulasannya.

Prinsip komunikasi oleh William B. Gudykunst disebut pula sebagai asumsi-asumsi komunikasi, sedangkan Larry A. Samovar dan Richard E. Port menganggapnya sebagai karakteristik komunikasi. Setidaknya terdapat 12 prinsip komunikasi, meliputi:

  1. Komunikasi ialah suatu proses simbolik
  2. Setiap perilaku mempunyai potensi komunikasi
  3. Komunikasi memiliki dimensi isi dan hubungan
  4. Komunikasi itu berlangsung dalam berbagai tingkat kesengajaan
  5. Komunikasi dapat terjadi dalam konteks ruang dan waktu.
  6. Komunikasi melibatkan prediksi peserta komunikasi.
  7. Komunikasi memiliki sifat sistemik
  8. Apabila latar belakang semakin mirip sosial budaya, maka komunikasi akan semakin efektif.
  9. Komunikasi bersifat nonsekuensial
  10. Komunikasi bersifat prosesual, dinamis dan transaksional.
  11. Komunikasi bersifat irreversible.
  12. Komunikasi bukan merupakan obat untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Model-model Komunikasi

Pengantar ilmu komunikasi juga mencakup model-model apa saja dalam komunikasi yang di antaranya:

1. Model Harold Lasswell

Dalam pengantar ilmu komunikasi berikut mengemukakan jika model komunikasi harus mengandung unsur Who (Siapa), Say What (mengatakan Apa), In Which Channel (menggunakan saluran apa), To Whom (Untuk Siapa), With What Effect (Dengan efek apa).

Hal ini dikenal dengan model matematika komunikasi guna menjawab pertanyaan ‘’apa yang terjadi pada informasi sejak saat dikirimkan hingga diterima?’’ Sehingga didapati jika dalam proses komunikasi, pesan yang dikirimkan sama dengan pesan yang diterima.

2. Model Komunikasi Shannon-Weaver

Berikut ini pengantar ilmu komunikasi menjabarkan proses komunikasi sebagai proses linier, searah, menyoroti masalah penyampaian pesan berdasar pada tingkat kecermatannya. Model berikut ini memiliki 5 fungsi yang ditampilkan, serta terdapat sebuah faktor disfungsi yakni gangguan (noise).

Beberapa uraian singkat mengenai pengantar ilmu komunikasi dan pengertian di atas dapat membantu Anda dalam mempelajari pelajaran Komunikasi.

Apabila Anda hendak menempuh ilmu yang satu ini, maka teknik-teknik dasar serta awal perlu dibaca dan dipelajari. Agar tidak ada halangan sewaktu menempuh pelajaran yang satu ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.