[Lengkap] Pengertian dan Pengantar Ilmu atau Pelajaran Bahasa Inggris

Di era modernisasi seperti sekarang ini, bahasa Inggris menjadi alat komunikasi utama dalam berbicara di berbagai Negara. Bahasa Inggris dijadikan bahasa internasional dan menjadi bahasa kedua setelah bahasa ibu.

Oleh karena itu, bahasa Inggris menjadi sangat penting dan banyak dipelajari oleh semua orang. Mulai dari umur kanak-kanak hingga orang dewasa.

Bahasa Inggris banyak digunakan pada aspek atau bidang seperti kedokteran, sains, pendidikan, ekonomi,politik, dan lain sebagainya. Penggunaan bahasa Inggris juga disesuaikan dengan bidang tersebut.

Karena terdapat bahasa Inggris yang khusus digunakan untuk bidang tertentu. Lalu bagaimana pengertian dan pelajaran bahasa Inggris? Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Pelajaran Bahasa Inggris

Pelajaran bahasa Inggris merupakan materi yang mempelajari tentang dasar dan ilmu bahasa Inggris. Materi ini di ajarkan baik di sekolah maupun kursus untuk melatih seseorang berkemampuan bahasa Inggris. Materi bahasa Inggris ini diajarkan tergantung dari tingkat umur seseorang.

Mulai dari pendidikan pra sekolah hingga orang dewasa yang sudah bekerja. Biasanya jika masih memasuki usia pra sekolah, anak dikenalkan kata benda dan kalimat dasar yang mudah dipahami. Kemudian semakin tinggi jenjang sekolah, maka semakin banyak materi yang diajarkan.

Pelajaran bahasa Inggris baik di sekolah atau tempat kursus memakai kurikulum yang sudah sesuai standar. Kurikulum ini dapat berubah pada kurun waktu tertentu sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Di Indonesia, kurikulum pendidikan sudah mengalami pergantian beberapa kali. Perubahan kurikulum ini juga berdampak negativ terutama pada kemampuan bahasa Inggris peserta didik yang kurang optimal.

Materi untuk setiap jenjang sekolah juga berbeda, sesuai dengan kurikulum yang sudah dirancang. Untuk jenjang sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, biasanya sudah dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menulis, berbicara, mendengar, dan membaca sesuai dengan kaidah bahasa Inggris. Namun tidak jarang jika anak yang masih di jenjang TK sudah menguasai beberapa kalimat dalam bahasa Inggris.

Pengantar Ilmu Atau Pelajaran Bahasa Inggris

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa pemberian materi untuk bahasa Inggris disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Pembelajaran bahasa Inggris dikategorikan untuk jenjang sekolah mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah, sekolah menengah atas, hingga perguruan tinggi.

Sebenarnya setiap jenjang tersebut mempelajari dasar-dasar materi bahasa Inggris seperti kosakata, penulisan, struktur kalimat, dan lain sebagainya. Namun jika masih di jenjang pendidikan yang rendah biasanya diajarkan materi bahasa Inggris yang sederhana dan masih pada tingkat rendah.

Pelajaran bahasa Inggris untuk jenjang taman kanak-kanak biasanya diajarkan tentang kata benda yang mudah. Antara lain seperti nama hewan, warna, anggota badan, benda disekitar kita, dan lain sebagainya. Materi bahasa Inggris yang diberikan juga belum banyak dan hanya kata benda tertentu yang mudah diingat.

Cara mengajar bahasa Inggris untuk taman kanak-kanak juga lebih diarahkan untuk bermain. Agar belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan. Sebenarnya pengenalan materi ini diajarkan hingga kelas 3 sekolah dasar. Hanya saja materinya lebih dikembangkan.

Materi bahasa Inggris untuk anak di jenjang sekolah dasar biasanya sudah membentuk kalimat. Namun masih dalam tahap awal atau sederhana. Biasanya kalimat yang diajarkan adalah kalimat sapaan, kegiatan sehari-hari, hobi, perkenalan, dan menyanyi lagu bahasa Inggris.

Bentuk kalimat yang digunakan juga masih mengacu pada present tense, mungkin hanya sedikit diajarkan past tense. Untuk kosakata, yang diajarkan juga masih sederhana seperti pekerjaan, cuaca, makanan dan minuman, dan lainnya yang bersifat umum.

Untuk jenjang pendidikan di sekolah menengah dan menengah atas, biasanya sudah mengenal lebih banyak kosakata, tenses, grammar, dan lainnya. setiap peserta didik juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menulis, berbicara, mendengar, dan membaca bahasa Inggris.

Pembelajaran bahasa Inggris di jenjang ini lebih luas dan lebih rumit daripada jenjang sekolah dasar. Tenses yang diajarkan antara lain present tense, past tense, perfect tense,continous tense, dan future tense.

Materi tentang bahasa Inggris ini tetap rutin diberikan di sekolah agar peserta didik memiliki kemampuan atau kecakapan dalam bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris ini mengacu pada kurikulum yang berlaku. Demikianlah sedikit ulasan mengenai pengertian dan pengantar ilmu atau pelajaran bahasa Inggris.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.