10 Daftar Pengacara Terbaik dan Terfavorit di Indonesia

Pengacara disebut juga sebagai advokat, dan seorang pengacara tersebut sangatlah dibutuhkan sebagai salah satu perlindungan hukum apabila Anda terkena sebuah permasalahan.

Di Indoneisa sendiri banyak sekali pengacara-pengaca handal dalam potensi nya tersebut. Ingin mengetahui lebih lanjut, 10 daftar pengacara favorit di Indonesia beserta profilnya ini:

1. Adnan Buyung Nasution (Alm)

Adnan Buyung Nasution adalah satu pengacara yang handal dibidang hukum, tak heran jika laki-laki kelahiran Jakarta 20 Juli tahun 1934 ini ditunjuk sebagai advokat yang banyak sekali diminati oleh kalangan atas sebagai kuasa hukum andalan mereka untuk menangani berbagai permasalahan.

Berluluskan ilmu hukum dari UI, kemudian hukum internasional dari Universitas Melbourne di Australia, dan menyelesaikan studi akhirnya sebagai S3 di Universitas Utrecth Belanda. Berdasarkan dari berbagai pengalaman studi tersebut, kini Adnan memiliki jabatan dan keahliannya sebagai: jaksa, ketua MPRS/DPRS, ketua dewan pengurus LBH, dll.

2. Otto Cornelis Kaligis

Selain Adnan BN, Otto Cornelis Kaligis atau biasa akrab disapa dengan OC Kaligis ini juga ditunjuk masyarakat sebagai salah satu pengacara handal dibidang nya. Lahir dari Makassar tanggal 19 Juni 1942. Memiliki riwayat pendidikan dari fakultas hukum Universitas Parahyangan Bandung, kemudian pendidikan keterampilan kenotarisan di UI, lalu studi hukum di Universitas Rheinish Westfalische Technische Hochschule Jerman.

Dan terkhir lulus dengan jabatan doktor di Fakultas Hukum Padjajaran Bandung. Berdasarkan pengalamnnya tersebut kini OC Kaligis memiliki beberapa jabatan dan keahliannya dibidang hukum, yakni: sebagai anggota Asosiasi Advokat Indonesia, anggota Mondiale de la Presse Diplomatique, dll. OC Kaligis juga disebut sebagai Guru Advokat Indonesia.

3. Todung Mulya Lubis

Laki-laki kelahiran 4 Juli 1949 dari dari Muara Botung Tapanuli Selatan ini, juga dikenal sebagai pengacara favorit yang bisa di andalkan. Memiliki riwayat pendidikan dari Fakultas Hukum UI, kemudian menjadi Master of Law dari Universitas California at Berkeley USA, hingga menjadi seorang Doctor of Jurdicial Science USA.

Beliaiu memiliki keahlian dan banyak pengalaman dibidang hukum, yakni: sebagai anggota IKADIN, sebagai Advokat bisnis terkemuka dalam menyelesaikan berbagai sengketa, Asosiasi HKHPM, Dan sebagai dosen hukum dibeberapa Universitas Hukum Indonesia.

4. Hotman Paris Hutapea

Kelahiran Laguboti tanggal 20 Oktober 1959, memiliki riwayat pendidikan terakhir sebagai Doctor Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung. Karena berbagai pengalaman dibidangnya tersebut, beliau di minati banyak kalangan untuk menjadi seorang Advokat pilihan yang dapat diandalkan.

Dimana pengalamnanya menjadi Founder Hotman Paris Hutapea dan Partners tersebut membuat beliau dijuluki sebagai “Raja Pailit” dan sebagai pengacara para selebritis Indonesia.

5. Abdul Hakim Garuda Nusantara

Lahir di Pekalongan tanggal 12 Desember 1954, beliau memiliki riwayat pendidikan yang memupuni untuk dijadikan pengacara pilihan Anda, yakni sebagai lulusan Master of Law, University of Washington USA. Memiliki berbagai kegiatan organisasi yakni: sebagai direktur LBH Jakarta, ketua International NGO Forum in Indonesian Development, sebagai ketua yayasan LBH Indonesia, sebagai wakil tim penyusun RUU Pengadilan HAM, Kebenaran dan Rekonsiliasi, serta anggota tim revisi RUU Penanggulanga Keadaan Bahaya. Abdul Hakim GN juga dijuluki sebagai “Pejuang HAM”.

6. Hotma Sitompul

Memiliki nama lengkap Hotma P.D. sitompul, S.H., M.Hum. Beliau adalah salah satu advokat yang cukup sulit untuk dicari mengenai profilnya. Meski demikian, beliau ditunjuk masyarakat sebagai advokat favorit yang handal dibidangnya. Beliau adalah pendiri sekaligus pembina Lembaga Bantuan Hukum Mawar Saroon di Jakarta.

7. Juniver Girsang

Memiliki riwayat pendidikan dari Fakultas Hukum Universitas Krisnadwipayana, kemudian lulusan Study Master Ilmu Hukum dari Universitas Padjajaran Bandung, dan terkakhir menyelasaikan studi Doktor S3 juga di Universitas Padjajaran Bandung tersebut.

Memiliki pengalaman kerja sebagai Founder Juniver Girsang dan Partner dari th 2000 hingga saat ini, dan pengalamannya dibidang organisasi yakni: sebagai wakil ketua DPC AAI Jakarta, ketua umum IKA PERMAHI, serta sebagai wakil ketua DPP AAI.

8. Elza Syarief

Wanita kelahiran Jakarta tanggal 24 Juli tahun 1957 ini adalah salah satu advokat wanita yang di favoritkan masyarakat Indonesia sebagai pengacara yang handal dibidangnya. Memiliki riwayat pendidikan terakhir sebagai Doctor Program, majoring in Civil Law di Universitas Padjajaran Bandung tahun 2009.

Pengalaman kerja yang cukup memabanggakan yakni: sebagai Lawyer Palmer Situmorang, SH dan Associate, Criminal Director OC Kaligis dan Assosiate, dan sebagai Estabilished her own Law Firm Elza Syarief & Partner.

9. Luhut Manihot Parulian Pangaribuan

Kelahiran Balige Sumatera Utara tanggal 24 Mei 1956. Memiliki riwayat pendidikan terakhir sebagai Doktor Ilmu Hukum Universitas Indonesia. Saat ini beliau menjajai karir sebagai: Dosen dibeberapa Universitas Hukum di Indonesia, ketua Majelis Nasional PBHI, anggota tim pakar badan pembinaan hukum nasional, dan sebagai direktur LBH di Jakarta.

10. Franz Hendra Winarta

Kelahiran Bandung, 17 Sepetember tahun 1943. Memiliki riwayat pendidikan terakhir sebagai Magister Hukum Pidana dari Universitas Indonesia dan Doktor Ilmu Hukum dari UNPAD di Bandung. Organisasi yang saat ini dijalani salah satunya adalah bergabung di IKADIN, juga sebagai anggota Dewan Penyantun di sebuah yayasan yang bernama YLBHI.

Selain itu, ketika tahun 2000-2003 beliau sempat menjadi ketua umum di sebuah lembaga yang bernama LeIP. BANI hingga sekarang Franz Hendra Winarta masih menjalaninya sebagai arbiter. Saat ini membuka kantor di kelapa gading Jakarta, bersama parnernya membantu banyak orang yang memerlukan jasanya.

Itulah 10 daftar pengacara favorit di Indonesia beserta profilnya, semoga bisa menambah referensi Anda dalam mencari pengacara yang ternama.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.