10 Nama nama Malaikat dan Tugasnya

Salah satu rukun iman yang harus diyakini oleh umat Islam adalah Allah menciptakan malaikat. Hanya saja yang wajib diketahui nama-nama malaikat dan tugasnya ada 10.

Walaupun yang diwajibkan mengetahui namanya hanya 10, tetapi ada malaikat lain yang banyaknya tidak terhitung yang harus diimani. Jika Anda sendiri belum tahu kesepuluh malaikat itu maka sampai sekarang Anda berdosa. Tetapi jika Anda masih berusaha untuk mengetahuinya maka Anda tidak berdosa.

Nama nama Malaikat dan Tugasnya

Untuk mempermudah Anda mengetahui kesepuluh malaikat itu maka Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai.

1. Malaikat Jibril

Malaikat ini bertugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah untuk diberikan kepada para nabi dan rasul. Jadi semua nabi dan rasul pasti pernah bertemu dengan Malaikat Jibril. Dan yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah setelah sudah tidak ada nabi dan rasul, lalu apa pekerjaannya sekarang?

Sebagian ulama berpendapat bahwa sekarang ini Malaikat Jibril bertugas untuk membagi ilmu. Ini sebagaimana wahyu yang merupakan bagian dari ilmu.

2. Malaikat Mikail

Malaikat ini bertugas untuk membagikan rejeki kepada seluruh umat manusia. Malaikat ini juga yang ditugaskan oleh Allah untuk membagi hujan di seluruh semesta alam.

3. Malaikat Izrail

Sedangkan malaikat pencabut nyawa yang sering dijadikan istilah banyak orang bernama Izrail. Menyangkut malaikat ini ada sebuah pertanyaan yang menarik. Apakah malaikat pencabut nyawa ini akan mati? Kalau mati bagaimana matinya? Sebab di hari akhir nanti, semua makhluk yang bernyawa tidak akan terlepas dari malaikat Izrail.

Dalam beberapa literatur yang ada, di hari kiamat nanti Izrail akan melapor kepada Allah bahwa semua makhluk sudah dicabut nyawanya. Tetapi Allah mengatakan kepadanya masih ada yang tersisa.

Lalu Izrail mengelilingi alam semesta lagi untuk memastikan di mana makhluk itu. Tetapi sampai diujungnya tidak ketemu, kemudian ia menghadap kepada Allah untuk melaporkan bahwa tidak ada yang tersisa.

Tetapi Allah mengatakan hal yang sama. Hal ini terulang sampai 3 kali. Sehingga pada akhirnya Allah memberitahukan bahwa makhluk yang dimaksud itu adalah dirinya sendiri. Sehingga secara langsung ia mencabut nyawanya sendiri.

4. Malaikat Isrofil

Malaikat ini bertugas untuk meniupkan terompet yang isinya adalah ruh atau nyawa seluruh makhluk yang sudah dicabut mulai dari Nabi Adam sampai besok hari kiamat.

Setelah semuanya meninggal, maka Allah menghidupkan kembali Malaikat Isrofil kemudian menyuruhnya untuk meniup terompet agar semua ruh itu kembali ke jasadnya masing-masing sehingga mereka akan hidup kembali. Inilah yang dinamakan hari kebangkitan.

5. Malaikat Munkar

Salah satu nama-nama malaikat dan tugasnya yang harus diketahui umat Islam adalah malaikat munkar yang bertugas menanyai orang yang sudah dikubur. Malaikat ini hanya mendatangi orang yang semasa hidupnya selalu berbuat keburukan.

Malaikat ini datang dengan perawakan yang sangat menyeramkan sambil membawa godam. Jika orang yang ditanyai tidak mampu menjawab maka ia akan dipukul dengan godam hingga hancur lebur, kemudian dibangkitkan kembali untuk ditanyai lagi. Begitupun seterusnya sampai tiba hari kebangkitan.

6. Malaikat Nakir

Malaikat yang satu ini juga bertugas seperti Malaikat Munkar. Bedanya, malaikat ini hanya mendatangi orang-orang yang semasa hidupnya berbuat kebaikan dengan perawakan yang sangat indah untuk dilihat.

Jadi bisa dikatakan bahwa orang yang didatangi Malaikat Munkar akan dimasukkan ke dalam neraka sedangkan yang didatangi Nakir akan dimasukkan ke dalam surga.

7. Malaikat Rakib

Malaikat ini bertugas untuk mencatat amal baik seseorang semasa hidupnya.

8. Malaikat Atid

Sedangkan malaikat ini bertugas untuk mencatat amal buruk dari seseorang semasa hidupnya. Kedua malaikat ini mencatat seluruh amal mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

9. Malaikat Malik

Malaikat ini bertugas untuk menjaga neraka. Jadi malaikat ini tidak pernah tersenyum sama sekali dan sangat garang.

10. Malaikat Ridwan

Kebalikannya adalah Malaikat Ridwan yang bertugas sebagai penjaga surga. Malaikat inilah yang terkenal dengan keramahannya yang luar biasa.

Itulah nama-nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui dan dimengerti oleh setiap umat Islam. Dan yang jelas, semua malaikat di atas tidak pernah menyeleweng dari tugasnya sebagaimana yang sering dilakukan oleh manusia.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.