150+ Rangkaian Ide Nama Bayi Laki Laki yang Penuh Makna + Artinya

Nama adalah hadiah pertama yang anda berikan kepada anak anda. Dalam sebuah nama terkandung harapan dan doa dari sang orang tua. Oleh karena itu setiap orang tua akan memberikan nama yang terbaik untuk buah hatinya.

Bagi anda yang sedang mencari nama yang tepat untuk calon buah hati tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa refrensi nama bayi berikut ini:

Nama Bayi Laki Laki Gabungan Jepang dan Indonesia

Amaya Arief artinya hujan dimalam hari berkah pemberian tuhan, kata “Amaya” dalam bahasa Jepang berarti “hujan dimalam hari” sedangkan kata “Arief “ dalam bahasa Indonesia berarti “berkah tuhan”.

Begawan Hoshi Pratama artinya bintang pertama yang berbahagia, kata “Begawan” artinya “yang berbahagia”, kata “Hoshi” berasal dari bahasa Jepang yang berarti “Bintang”, lalu kata “pratama “ bermakna “yang pertama”.

Abinaya Junko Pranaja artinya anak laki-laki yang semangat dan bersih/suci, “Abinaya” berarti semangat, “Junko” berasal dari bahas Jepang yang berarti anak yang suci/murni, sedangkan “Pranaja” artinya seorang anak laki-laki.

Akio Gagah artinya pahlawan yang agung dan gagah. “Akio” dalam bahasa Jepang berarti seorang pahlawan yang agung.

Johar Aozora artinya bintang timur yang bersinar di atas langit biru. “Johar” berarti bintang timur sedangkan “aozora” dalam bahasa Jepang berarti langit biru.

Ryuga Lazuardi artinya anak pertama yang seindah langit biru. “Ryuga” dalam bahasa Jepang berarti anak pertama lelaki. Sedangkan “lazuardi” berarti langit biru muda.

Hideki Yogaswara artinya lelaki yang mendapat kesempatan untuk mempersatukan. “Hideki” artinya dalam bahasa Jepang adalah lelaki yang penuh kesempatan, sedangkan “yogaswara” berarti persatuan.

Kenzo Fabian Perdana artinya anak pertama yang kreatif dan pintar, “kenzo” dalam bahasa Jepang berarti kreatif/ pintar, “Fabian” dalam bahasa Indonesia berarti perdana atau yang pertama.

Putra Nararya Keitaro artinya anak lelaki yang dimuliakan dan diberkati. “Keitaro” dalam bahasa Jepang berarti dimuliakan. Sedangkan “nararya” berarti diberkati.

Kin Armansyah artinya anak lelaki yang berharga seperti emas dan menjadi harapan. “Kin” dalam bahasa Jepang berarti emas. Sedangkan “armansyah” berarti harapan.

Hadrian Makoto Darmawan artinya pria yang menjunjung kebenaran dan menepati janji. “Makoto” dalam bahasa Jepang berarti kebenaran. “Hadrian” berarti pria yang tinggi dan tegap. Sedangkan “darmawan” berarti menepati janji.

Dhananjaya Vidya Litonam artinya satria lembut bagaikan harta karun dan penuh kasih sayang. “Dhananjaya” dalam bahasa Indonesia berarti satria yang lembut. “Vidya” berarti ilmu pengetahuan atau harta karun, sedangkan “litonam” berarti penuh dengan kasih-sayang.

Hiroki Avisha artinya pohon besar pemberian Tuhan. “Hiroki” dalam bahasa Jepang berarti pohon yang besar dan kuat. “Avisha” dalam bahasa Indonesia berarti berkat atau pemberian Tuhan.

Ichiro Rendra Padantya artinya anak pertama yang cerdas dan ditinggikan. “Ichiro” dalam bahasa Jepang berarti anak pertama laki-laki, “rendra” dalam bahasa Indonesia berarti cerdas dan sering beruntung. “Padantya” berarti tempat yang ditinggikan.

Adhitama Elvan Kotaro artinya anak lelaki yang tampan,utama, kuat dan selalu diberkati. “Adhitama” berarti tampan atau utama, “elvan” berarti kekuatan dan “kotaro” dalam bahasa Jepang berarti selal diberkati.

Kiyo Arkha Bagaskara artinya anak laki-laki yang penting/utama yang memiliki semangat seperti matahari. “Kiyo” dalam bahasa Jepang berarti anak-laki-laki utama sedangkan “arkha” dan “bagaskara” berarti matahari/ menuju matahari.

Raka Bagus Kaede artinya anak laki-laki yang teguh, tampan dan bijaksana bagaikan pohon maple. “Raka” dalam bahasa Indonesia berati keteguhan dan kebijaksanaan. “Bagus” berasal dari bahasa jawa yang berarti tampan,indah. Sedangkan kaede dalam bahasa Jepang berarti pohon maple.

Widan Nao Bramantyo artinya anak laki-laki yang teguh dan semangat serta selalu patuh. “Widan” dalam bahasa Indonesia berarti keteguhan, ‘bramantyo’ artinya semangat, sedangkan “nao” dalam bahasa Jepang berarti patuh dan mulia.

Nama Bayi Laki-Laki dari Nama-Nama Tempat

Ide untuk merangkai nama bisa datang dari mana saja termasuk dari sebuah tempat atau kota yang terkenal di dunia. Bahkan, bisa juga menambahkan nama daerah yang disingkat seperti Asmi yang diartikan Asli Sukabumi atau lainnya. Nah, berikut ini rangkaian nama dengan menggabungkan kota terkenal di dataran Eropa.

Abyan Nandana Mokswa: Anak laki-laki yang berasal dari Mokswa, memiliki kepandaian berbicara dan mampu menjelaskan sesuatu secara detail / terperinci.

Abyan (Arab): Bisa menjelaskan dengan jelas.
Nandana (Jawa): Anak laki-laki.
Moskwa (Rusia): Nama tempat di Rusia.

Moroccan Adya Surya: Anak laki-laki pertama dari Maroko, yang tidak ada bandingannya, memiliki hati dan semangat yang mampu menghangatkan dan menyinari kehidupan diri sendiri dan orang lain.

Moroccan (Inggris – Amerika): Maroko.
Adya (India): Pertama, tidak ada bandingannya.
Surya (India, Indonesia, Jawa): Matahari.

Abid Aqila Pranaja Avanos: Anak laki-laki yang berasal dari Avanos, memiliki otak yang cerdas dan akan tumbuh menjadi orang yang taat dan rajin dalam beribadah kepada Allah.

Abid (Arab): Ahli Ibadah.
Aqila (Arab): Yang berakal.
Pranaja (Sansekerta, Kawi): Anak laki-laki.
Avanos (Turki): Nama tempat di Turki.

Aaron London Blenda: Anak laki-laki yang berasal dari London, yang kelak akan menjadi orang yang mampu menyinari kehidupan diri dan orang lain serta hidup penuh dengan kemegahan / kesejahteraan.

Aaron (Ibrani): Cahaya gunung yang tinggi.
London (Inggris): Nama tempat di Inggris.
Blenda (Jerman): Penuh kemegahan.

Addar Quthni Paris Poldi: Anak laki-laki yang berasal dari Paris, kelak akan menjadi orang yang cerdas, memiliki ingatan yang kuat, rajin beribadah dan menjadi orang yang sangat berani.

Addar Quthni (Arab): Nama seorang imam yang meriwayatkan hadits.
Paris (Perancis): Nama tempat di Perancis.
Poldi (Jerman): Orang yang sangat berani.

Adirajada Bima Rhine Ruhr: Anak laki-laki yang berasal dari Rhine Ruhr yang memiliki sifat yang teguh dan tangguh serta memiliki kekuatan yang dahsyat seperti Bima, sang Pandawa.

Adirajada (Jawa): Tangguh, teguh .
Bima (Jawa): Salah satu anggota Pandawa yang sangat kuat.
Rhine Ruhr (Jerman): Nama tempat di Jerman.

Aditya Ainnurachman Randstad: Anak laki-laki yang berasal dari Randstad, yang memiliki sifat yang mampu menghangatkan dan menyinari orang lain dan memiliki mata yang bercahaya dengan penuh kasih sayang.

Aditya (Jawa): Matahari .
Ainnurrahman (Arab,): Ain (mata) + Nur (cahaya) + Rahman (kasih sayang): Mata yang bercahaya dan penuh kasih sayang.
Randstad (Belanda): Nama tempat di Belanda.

Agler Zeroun Amsterdam: Anak laki-laki yang berasal dari Amsterdam, kelak akan menjadi orang yang terkenal, dimuliakan dan dihormati karena kebaikan dan kebijaksanaannya.

Agler (Welsh): Terkenal mulia.
Zeroun (Arnemia): Bijak dan terhormat.
Amsterdam (Belanda): Nama tempat di Belanda.

Aileen Bobby Den Haag: Anak laki-laki yang berasal dari Den Haag, yang memiliki hati dan wajah yang bercahaya terang dan kelak akan menjadi orang yang sangat cerdas / brilian dalam menjalani hidupnya.

Aileen (Irlandia, Yunani): Cahaya terang.
Bobby (Inggris): Sangat brilian.
Den Haag (Belanda): Nama tempat di Belanda.

Akhal Utrecht Uinseann: Anak laki-laki yang berasal dari Utrecht, yang memiliki mata dengan warna hitam dan kelak akan menjadi orang yang memenangi atau menaklukan segala rintangan dalam hidup.

Akhal (Arab): Memiliki mata yang berwarna hitam.
Utrecht (Belanda): Nama tempat di Belanda.
Uinseann (Irlandia, Latin): Penakluk, pemenang.

Alaric Madrid Zeroun: Anak laki-laki yang berasal dari Madrid, yang kelak akan menjadi seorang penguasa / pemimpin yang mulia dan berlaku bijaksana serta adil terhadap sesama.

Alaric (Jerman): Pemimpin yang mulia.
Madrid (Spanyol): Nama tempat di Spanyol.
Zeroun (Armenia): Bijaksana.

Aldridge Basir Manchester: Anak laki-laki yang berasal dari Manchester, kelak akan menjadi seorang pemimpin / penguasa yang memiliki kecerdasan atau pemikiran yang tajam.

Aldridge (Jerman): Raja.
Basir (Turki): Cerdas, berpikiran tajam.
Manchester (Inggris): Nama tempat di Inggris Raya.

Alvian Putra Saint Petersburg: Anak laki-laki yang berasal dari Saint Petersburg, kelak akan tumbuh menjadi orang yang dapat dipercaya, setia dan dapat diandalkan oleh keluarga dan temannya.

Alvin, Alvian (Amerika, Inggris): Teman yang setia.
Putra (Indonesia – Melayu): Anak laki-laki.
Saint Petersburg (Rusia): Nama tempat di Rusia.

Alvin Milan Pratista: Anak laki-laki yang berasal dari Milan, yang kelak akan menjadi orang yang dapat dipercaya, setia dan dapat diandalkan oleh orang lain, serta memiliki pendirian dan keyakinan yang kuat.

Alvin, Alvian (Amerika, Inggris): Teman yang setia.
Pratista: Berdiri dengan mantap (Jawa), rumah (Sansekerta).
Milan (Italia): Nama tempat di Italia.

Anders Italia Bratajaya: Anak laki-laki yang berasal dari Italia yang memiliki sifat yang terpuji dan kelak akan menjadi orang yang kuat serta gagah berani.

Andres (Swedia, Yunani): Kuat, gagah berani.
Bratajaya (Jawa): Tingkah laku terpuji.
Italia (Italia): Negara Italia.

Aristides Wid Bell Berlin: Anak laki-laki yang berasal dari Berlin yang akan menjadi seorang putera yang terbaik, tampan serta memiliki kecakapan dan kecerdasan.

Aristides (Yunani): Putra terbaik.
Wid (Inggris): Cakap, cerdas.
Bell (Prancis): Tampan.
Berlin (Jerman): Nama tempat di Jerman.

Arjuna Batilada Roma: Anak laki-laki yang berasal dari Roma, memiliki paras yang rupawan / tampan dan kelak akan menjadi seorang pemimpin.

Arjuna (Jawa): Salah satu nama Pandawa .
Batilada (Barat): pemimpin perang .
Roma (Italia): Nama tempat / Ibu Kota Italia.

Ada banyak alasan kenapa menyematkan nama tempat atau kota pada nama anak seperti kecintaan terhadap kota tersebut atau memiliki memori yang indah tentang kota tersebut.

Nama Bayi Laki-Laki yang Berhubungan dengan Alam

Penggunaan elemen alam pada nama buah hati Anda tentu akan menghasilkan rangkaian nama yang cukup unik, berbeda, serta membanggakan baik bagi orang tua maupun si empunya nama. Berikut ini adalah beberapa rangkaian nama yang bisa menjadi ide menarik untuk pemberian nama buah hati Anda.

Nama-nama untuk bayi laki-laki dengan gabungan unsur alam akan memberikan arti yang gagah selain unik dan berbeda.

Adam Faiz Abdillah: Laki-laki muslim yang kelak mengalami kejayaan dalam perjalanan hidupnya.

Adam (Arab, Ibrani, Yunani): Diambil dari nama nabi, tanah, kaum laki-laki, atau bumi
Faiz (Arab): Menang, keuntungan, atau Berjaya.
Abdilah, Abdillah (Arab): Hamba Allah.

Barra Malik Wibowo: Laki-laki yang menerangi dunia dengan kebijaksanaannya seperti Raja.

Barra (Indonesia): Kobaran api.
Malik (Arab): Raja yg berkuasa, berdaulat.
Wibowo (Jawa): Bersinar, atau orang yang arif dan bijaksana.

Bayu Aditya Abdee Pratama: Laki-laki muslim yang dilahirkan sebagai anak pertama yang kelak akan menjelajahi dunia dan menyinari kehidupannya dengan kebaikan

Bayu (Indonesia): Angin.
Aditya (Jawa): Matahari.
Abdi (Indonesia): Hamba.
Pratama (Indonesia): Putra pertama.

Celio Al-Lazuardi: Laki-laki tampan bagaikan keindahan surga, cerdas, dan menonjol seperti langit atau batu berharga.

Celio (Portugis): Surga.
Al-Lazuardi (Arab) Al: Awalan ayat Al Qur’an yang berarti tampan, pintar, dan mulia.
Lazuardi (Indonesia): Langit biru yang cerah, batu berharga.

Dhiwa Rafi Pribawa: Laki-laki yang bersinar dengan cahaya agung dan mempunyai kewibawaan.

Dhiwa (Sansekerta): Cahaya.
Rafi (Arab): Agung, tinggi.
Pribawa (Jawa): Berwibawa.

Erland Faith Al-Fadilah: Laki-laki yang gagah bagaikan elang dengan mengutamakan keimanan dalam menjalani kehidupannya.

Erland (Anglosaxon): Elang.
Faith (Inggris): Iman.
Fadilah (Arab): Keutamaan.

Fairuzt Anwar Bintang (Nama Keluarga): Laki-laki yang berharga bagaikan batu permata bersinar atau bintang di langit putra dari …

Fairuzt (Indonesia): Pirus; Batu permata.
Anwar (Arab): Bersinar, banyak cahaya.
Bintang (Indonesia): Bintang, benda langit.
Nasharuddin (Arab): Nama ayahnya.

Gavyn Darrell (Nama keluarga): Laki-laki yang menjadi belahan jiwa orang tua, bersifat gagah, sangat kuat, sekaligus memiliki hati yang bersih.

Gavyn (Inggris): Garuda putih.
Darrell (Prancis): Belahan jiwa, kekasih hati.

Hilmi At Taqiy: Laki-laki yang bertakwa serta lembut dalam bersikap bagaikan kabut serta bisa menjadi jembatan orangtuanya untuk mencapai surge.

Hilmi → Halimun (Indonesia): Lembut yang tegas dalam bersikap.
At Taqiy (Arab): Laki-laki yang bertakwa.

Kerlap Semesta Paramartha: Laki-laki yang seperti berkas cahaya paling mulia yang akan menyinari dunia ini dengan kebanggaan serta pengaruhnya yang baik.

Kerlap (Indonesia): Terang .
Semesta (Indonesia): Dunia atau alam semesta.
Paramartha (Jawa Kuno): Termulia atau tertinggi.

Langit Kilau Pelangi: Laki-laki yang bagaikan langit dihiasi pelangi yang indah dan menyenangkan semua orang.

Langit (Indonesia).
Kilau (Indonesia).
Pelangi (Indonesia).

Mikail Shira Aydin (Nama Keluarga: Laki-laki cerdas yang kelak menjadi pemimpin perkasa dengan sikap lembut bagaikan nyanyian, pembawa rejeki dan kebaikan, serta kesejahteraan.

Mikail, Mikhail, Michael (Inggris dan Arab): Diambil dari nama malaikat yang mengatur angin, membagikan rezeki pada seluruh makhluk muka bumi, dan menurunkan hujan.
Shira (Ibrani): Nyanyian, nada
Aydin (Arab):Cerdas.

Mikaeel Arsha Yukihiro: Laki-laki yang dilahirkan dengan sebuah doa serta berhati lembut seperti salju, dan selalu menyebarkan kebahagiaan.

Mikaeel (Islami): Diambil dari nama malaikat.
Arsha (Sansekerta): Upacara atau doa.
Yukihiro (Jepang): Salju, kebahagiaan, keberuntungan.

Nadhif Abel Pranaja: Laki-laki yang terlahir suci dengan nafas kehidupan yang mulia

Nadhif (Arab): Bersih.
Abel (Latin): Nafas kehidupan.
Pranaja (Kawi): Anak laki-laki.

Neema Vega (Nama Keluarga): Laki-laki yang merupakan berkah dari Tuhan dan menyinari banyak orang bagaikan bintang di langit.

Neema (Arab): Berkah.
Vega(Latin): Bintang terang.

Radhika Aditya Candra: Laki-laki yang kelak menjadi penerang tanpa membuat orang kepanasan bagaikan cahaya bulan dan selalu dilimpahi kemakmuran.

Radhika (Jawa): Makmur, sukses.
Aditya (Sansekerta): Matahari.
Candra (Hindu): Diambil dari nama Dewa Bulan dalam keyakinan Hindu.

Semeru Al-Ghazali Yusuf: Laki-laki tampan dan sholeh serta kelak meraih kesuksesan tertinggi laksana puncak gunung.

Semeru (Jawa): Diambil dari nama gunung tertinggi di pulau Jawa.
Al-Ghazali (Arab): Diambil dari nama salah satu imam besar (Imam Al – Ghazali).
Yusuf (Arb): Diambil dari nama nabi yang paling tampan di dunia.

Xavier Mikhail Abimanyu: Laki-laki yang kelak menjadi cahaya terang, pemberani, serta dapat menjadi pembawa rizki untuk orang lain.

Xavier, Zavier, Javier (Prancis, Inggris, Arab): Cahaya terang.
Mikhail: Diambil dari nama malaikat pembagi rizki.
Abimanyu: Diambil dari nama tokoh pewayangan yang menggambarkan satria pemberani.

Zia Ramadhan Laksmana: Laki-laki pemberani dilahirkan di bulan yang suci serta kelak menjadi penerang untuk orang lain.

Zia (Arab): Cahaya.
Ramadhan (Indonesia): Bulan suci.
Laksmana: Diambil dari nama tokoh dalam pewayangan yang bersifat pemberani dan rela berkorban, yaitu adik dari Rama pada cerita Ramayana.

Ziyad Altair (Nama Keluarga): Laki-laki yang dapat mencerahkan kemuraman orang lain dengan sinarnya serta dapat terbang lebih tinggi untuk menjelajah dunia.

Ziyad (Arab): Lebih.
Altair (Inggris): 1) Nama bintang yang bercahaya terang, 2) Elang yang terbang.

Semoga referensi di atas bisa membantu Anda.

Nama Bayi Laki-Laki Diambil dari Zaman Kerajaan

Nama bayi laki-laki yang diambil dari nama di zaman kerajaan biasanya adalah nama yang diambil dari bahasa Jawa Kawi atau Jawa Kuno. Oleh sebab itu, Anda bisa membuat rangkaian nama untuk bayi laki-laki Anda dari nama berikut ini.

Rangkaian Nama-nama Bayi Laki-laki yang Diambil dari Zaman Kerajaan

Adibrata Haladara Madaharsa: Anak laki-laki yang memiliki tingkah laku yang unggul, bersifat bijaksana, pekerja keras dan memiliki sifat yang penuh dengan kasih sayang.

Adibrata (Jawa – Kawi): Tingkah laku yang unggul
Haladara (Jawa – Kawi): Pembawa bajak
Madaharsa (Jawa – Kawi): Nafsu cinta

Amurti Halayuda Madyana: Anak laki-laki yang memiliki kekuatan yang dapat menjadi penengah dan membawa kedamaian bagi semua orang serta dapat mengayomi sesama.

Amurti (Jawa – Kawi): Bayangan
Halayuda (Jawa – Kawi): Bersenjata bajak
Madyana (Jawa – Kawi): Berada di tengah, tidak memihak

Bandhawa Harja Magani: Anak laki-laki yang menjadi kebanggaan bagi keluarga, memiliki sifat yang periang dan menyenangkan bagi semua teman-temannya atau orang terdekatnya.

Bandhawa (Jawa – Kawi): Keluarga sendiri
Harja (Jawa – Kawi): Ramai
Magani (Jawa – Kawi): Menyenangkan

Batara Hastungkoro Mahadana: Anak laki-laki yang berwibawa seperti seorang dewa atau raja, mampu menyelesaikan beragam masalah dengan baik, kelak akan menjadi pemimpin yang kaya dan terhormat.

Batara (Jawa – Kawi): Kewibawaan dewa, kewibawaan raja
Hastungkoro (Jawa – Kawi): Kesungguhan menghadapi masalah
Mahadana (Jawa – Kawi): Sangat kaya

Bisma Jalada Mahardika: Anak laki-laki yang sangat luar biasa, memiliki sifat budi pekerti yang luhur dan sifat penuh kasih sayang / romantisme.

Bisma (Jawa – Kawi): Sangat luar biasa
Jalada (Jawa – Kawi): Awan, mega
Mahardika (Jawa – Kawi): Berbudi luhur

Cayapata Janadi Mahasura: Anak laki-laki yang memiliki banyak kelebihan, kelak akan tumbuh menjadi manusia yang baik serta memiliki semangat juang yang besar (gigih).

Cayapata (Jawa – Kawi): Gugusan bintang
Janadi (Jawa – Kawi): Manusia yang baik
Mahasura (Jawa – Kawi): Pejuang Besar

Gandring Kalantara Mahawirya: Anak laki-laki yang akan tumbuh menjadi seorang pemimpin atau penguasa yang mampu membawa kebaikan, memutuskan dengan benar dan tidak suka menyia-nyiakan waktu.

Gandring (Jawa – Kawi): Pertemuan, rapat
Kalantara (Jawa – Kawi): Jarak waktu, penundaan
Mahawirya (Jawa – Kawi): Sangat kuasa

Gusti Karkasa Nadindra: Anak laki-laki yang kelak akan menjadi seorang penguasa yang hebat, memiliki pendirian yang kuat dan kokoh serta memiliki pengetahuan dan kekayaan yang luas.

Gusti (Jawa – Kawi): Yang berkuasa
Karkasa (Jawa – Kawi): Kokoh dan kuat
Nadindra (Jawa – Kawi): Sungai besar dan dalam

Lawana Mahawira Sigra: Anak laki-laki yang memiliki pengetahuan yang sangat luas, kelak akan menjadi seorang pahlawan besar dan akan menjadi pemimpin yang dapat bertindak dengan cepat.

Lawana (Jawa – Kawi): Samudera
Mahawira (Jawa – Kawi): Pahlawan besar
Sigra (Jawa – Kawi): Bertindak cepat

Harina Nitisara Nohan: Anak laki-laki yang memiliki kecerdasan dan sifat yang bijaksana, kehidupannya di masa yang akan datang akan selalu diliputi dengan kebahagiaan.

Harina (Jawa – Kawi): Kijang
Nitisara (Jawa – Kawi): Bijaksana
Nohan (Jawa – Kawi): Merasa bahagia

Mahadri Pragata Handaru: Anak laki-laki yang memiliki pendirian yang kokoh, kuat seperti gunung yang besar, kelak akan menjadi orang yang mampu membawa kebaikan dan bisa bertindak cepat serta tegas.

Mahadri (Jawa – Kawi): Gunung besar
Pragata (Jawa – Kawi): Cepat
Handaru (Jawa – Kawi): Meteor

Tyaga Taksa Pirata: Anak laki-laki yang merupakan anugerah dari tuhan yang memiliki sifat yang menenangkan dan mampu mengayomi orang lain serta dapat memberikan kehidupan.

Tyaga (Jawa – Kawi): Pemberian tuhan
Taksa (Jawa – Kawi): Sayap
Pirata (Jawa – Kawi): Jiwa

Partaya Wursita Wirasena: Anak laki-laki yang bisa dipercaya dan kelak akan menjadi orang yang terhormat dan memiliki sifat pemberani seperti seorang ksatria.

Partaya (Jawa – Kawi): yang terpercaya
Wursita (Jawa – Kawi): Terhormat
Wirasena (Jawa – Kawi): Kumpulan pemberani

Pawana Sadubi Nismara: Anak laki-laki yang dapat memberikan kesejukan dengan sifat budipekerti yang luhur dan mampu bertindak penuh dengan ketenangan dan kejernihan.

Pawana (Jawa – Kawi): Angin
Sadubi (Jawa – Kawi): Budipekerti luhur
Nismara (Jawa – Kawi): Penuh ketenangan

Naryama Andani Saguna: Anak laki-laki yang memiliki sifat yang baik, kelak akan menjadi seorang pemimpin bijaksana yang dapat mengayomi masyarakat.

Naryama (Jawa – Kawi): Pemimpin
Andani (Jawa – Kawi): Bayangan
Saguna (Jawa – Kawi): Sifat baik

Layana Wajendra Untara: Anak laki-laki yang memiliki ilmu pengetahuan yang akan terus mengalir dan bermanfaat bagi banyak orang, kelak akan menjadi seorang penguasa / pemimpin yang disegani.

Layana (Jawa – Kawi): Mengalir terus
Wajendra (Jawa – Kawi): Raja
Untara (Jawa – Kawi): Naik

Yodha Manyura Maheswara: Anak laki-laki yang memiliki semangat berjuang yang tinggi seperti seorang pejuang di medan perang, kelak akan menjadi seorang pemimpin atau raja besar yang memiliki kemakmuran, kesejahteraan dan kehormatan.

Yodha (Jawa – Kawi): Pejuang besar
Manyura (Jawa – Kawi): Burung merak
Maheswara (Jawa – Kawi): Raja besar

Gentala Saktika Kalpana: Anak laki-laki yang memiliki kekuatan seperti Naga, memiliki kekuasaan spiritual dan kelak akan membawa kehidupan bagi orang lain.

Gentala (Jawa – Kawi): Naga
Saktika (Jawa – Kawi): Kekuasaan spiritual
Kalpana (Jawa – Kawi): Tercipta

Nama bayi laki-laki yang diambil dari bahasa zaman kerajaan atau bahasa Jawa Kawi memang terdengar tidak asing karena nama-nama tersebut sering terdengar di film-film kerajaan dulu.

Nama Bayi Laki-laki Budha Terbaik dan Artinya

Semua orang tua di dunia ini pasti ingin menjaga anak-anaknya apalagi untuk bayi yang baru lahir. Orang tua juga akan mendoakan anaknya. Bentuk doa ini bisa dalam bentuk nama. Ada banyak nama yang bisa dikombinasikan untuk bayi laki-laki Budha.

Jika Anda kreatif, atau ingin memiliki nama dengan arti tertentu, Anda bisa membuat rangkaian sendiri dari semua daftar nama yang ada di sini. Berikut beberapa contohnya:

Arka Buddha Rasendria: Anak laki-laki yang bisa membangkitkan, berhasil dengan baik, cerdas, dan beruntung layaknya matahari menyinari.

Arka (Jawa): Matahari, surya.
Buddha (Sansekerta): Membangkitkan..
Rasendria (Sansekerta): Cerdas, beruntung, berhasil dengan baik.

Buddhapriya (Sansekerta) Kafin (Sansekerta): Anak laki-laki berwajah tampan yang menyukai dan mencintai Buddha.

Buddhapriya: Yang menyukai Buddha.
Kafin (bentuk lain dari Kavin): Tampan .

Narendra Amida Adhyaksa : Anak laki-laki yang kelak menjadi orang yang kuat, bijaksana seperti jaksa / Buddha yang luhur.

Narendra (Sansekerta) : Orang Kuat.
Amida (Jepang): Nama dari Buddha.
Adhyaksa (Sansekerta): Jaksa yang luhur.

Narendra (Sansekerta) Ashwaghosh (Sansekerta) Adhyaksa (Sansekerta): Anak laki-laki yang akan menjadi orang berkuasa, jujur seperti jaksa dan pemikir seperti filsuf.

Narendra: orang yang berkuasa.
Ashwaghosh: Nama dari seorang filsuf beragama Buddha.
Adhyaksa : Jaksa yang luhur.

Rasendria (Sansekerta) Chhandak (Sansekerta) Atala (Sansekerta): Anak laki-laki yang teguh, kelak berhasil dengan baik, berakal cerdas, beruntung dan taat pada Dewa Buddha.

Rasendria: Berhasil dengan baik, cerdas, beruntung.
Chhandak: Kereta kuda Dewa Buddha.
Atala: Padat, teguh.

Aatmadeva (Sansekerta) Siddhartha (Sansekerta) Sadhil (Sansekerta): Anak laki-laki yang terlahir sempurna, jiwa milik Tuhan / Dewa dan seperti tokoh Siddhartha.

Aatmadeva: jiwa milik Tuhan / Dewa.
Siddhartha: tokoh agama Buddha.
Sadhil: Sempurna.

Athaya (Sansekerta) Buddha (Sansekerta) Sida (Sansekerta): Anak laki-laki merupakan anugerah yang akan membangkitkan seperti tokoh Siddhartha.

Athaya : Anugerah.
Buddha: Membangkitkan.
Sida (bentuk lain Siddhartha): Tokoh agama Buddha.

Siddartha (Sansekerta) Arvind (Sansekerta) Narendra (Sansekerta): Anak laki-laki yang terlahir indah seperti teratai merah, kelak menjadi orang yang berkuasa dan bersahaja seperti Siddhartha

Siddartha: Tokoh agama Buddha.
Arvind: teratai merah.
Narendra: orang yang berkuasa.

Arusha (Sansekerta) Amitabha (India) Pramudya (Sansekerta): Anak laki-laki yang tenang dan memberikan suasana terang serta anak pintar yang taat pada Buddha.

Arusha : Tenang; terang, matahari.
Amitabha: mitos nama (salah satu Dhyani-Buddha).
Pramudya : Kepintaran, hikmat.

Kynan (Karakteristik) Kuan-yin (Cina) Alankar (Sansekerta): Anak laki-laki yang mandiri, memiliki sifat belas kasihan dan berharga seperti emas atau perhiasan.

Kynan: Mandiri, kritis terhadap diri dan orang lain.
Kuan-yin: Dewa Buddha belas kasihan.
Alankar: Emas, perhiasan.

Akshobhya (India) Zivan (Karakteristik) Naladhipa (Sansekerta): Anak laki-laki yang dianugerahi, suka menolong, diberkati dan memiliki sifat menerangi layaknya Buddha.

Akshobhya: Mitos nama (salah satu Dhyani-Buddha).
Zivan : Keinginan kuat untuk menolong, intuitif, penuh inspirasi, selalu diberkati mandiri dan kritis.
Naladhipa: Jantung / hati yang menerangi.

Anva (Sansekerta) Mahavira (Sansekerta) Avanindra (Sansekerta): Anak laki-laki hebat, baik hati, memiliki keinginan untuk melindungi atau menjadi pahlawan dan penguasa.

Anva (bentuk lain dari Anava): Manusia baik.
Mahavira: Pahlawan yang hebat.
Avanindra: Penguasa bumi.

Arsya (Sansekerta) Levi (Hungaria) Abhinaya (Sansekerta): Seorang laki-laki suci yang menjadi pemimpin berwibawa dan memiliki ekspresi yang menyenangkan.

Arsya: Keturunan suci.
Levi: pengatur, pemandu.
Abhinaya: Ekspresi.

Siddhaarth (Sansekerta) Akasha (Sansekerta) Ravish(Sansekerta): Anak laki-laki yang bersinar untuk hidupnya dan hidup orang lain, berpikiran terbuka dan memiliki sifat Siddhartha.

Siddhaarth: Tokoh agama Buddha.
Akasha: Udara terbuka, space.
Ravish: Cahaya matahari.

Adharma (India) Aryasetya (Sansekerta) Vikran (Sansekerta): Anak laki-laki yang akan menjadi bangsawan jujur dan menjunjung hukum dengan penuh semangat.

Adharma: Hukum.
Aryasetya: Bangsawan yang jujur dan setia.
Vikran (bentuk lain Vikrant): penuh semangat.

Saylendra (Sansekerta) Surya (Sansekerta) Alam (Indonesia): Anak laki-laki yang memiliki semangat, wawasan, dan sifat untuk menjadi penguasa dan mencatat sebagai generasi yang baik di dunia.

Saylendra : Orang yang berjuang untuk mencatat sejarah dan menjadi generasi yang lebih baik.
Surya: Penguasa Langit.
Alam: Semesta.

Radhika (Sansekerta) Aeshan (India) Khalil (Sansekerta): Anak laki-laki tampan, dapat dipercaya, sukses dan selalu dikaruniai Tuhan.

Radhika: Sukses, makmur.
Aeshan: Dalam kasih karunia Tuhan.
Khalil: sahabat, orang kepercayaan.

Arvind (Sansekerta) Agastya (India) Akalanka (Sansekerta): Anak laki-laki yang terlahir dalam keadaan bersih, baik, taat dan memiliki sifat orang bijak.

Arvind: Beribadah, baik dan sopan.
Agastya: Nama orang bijak.
Akalanka: Tak ternoda.

Pradita (Sansekerta) Agenor (Yunani) Ravindra (Sansekerta): Anak laki-laki cerdas, kuat dan memiliki kekuatan untuk hidupnya.

Pradita: Cerdas, pintar.
Agenor: Terkuat.
Ravindra: Kekuatan.

Kavin Marinus Rayshiva: Anak laki-laki tampan, suka melindungi dan suka menjelajahi dunia untuk keberhasilan di masa depan.

Kavin (Sansekerta): Tampan.
Marinus (Yunani) : bentuk lain Marinos Artinya laut atau pelaut.
Rayshiva (Sansekerta): Pelindung yang beruntung.

Anza Wayan Ashwaghosh: Anak laki-laki pertama yang mengawali kehidupannya seperti seorang filsuf Buddha.

Anza (Sansekerta): Awal, permulaan.
Wayan (Sansekerta): Pertama.
Ashwaghosh (Sansekerta): Nama filsuf Buddha.

Arash (Persia) Varen (Sansekerta) Ishaun (Sansekerta): Anak laki-laki yang kelak menjadi pemimpin terbaik dalam mengatur urusan diri sendiri dan orang lain.

Arash: Nama pahlawan di dalam dongeng dari Persia.
Varen: Terbaik.
Ishaun (bentuk lain Ishan): pengaturan, kepemimpinan.

Avikar (Sansekerta) Pradita (Sansekerta) Varen (Sansekerta): Anak laki-laki yang cerdas dan menyebarkan kebaikan secara sempurna ke seluruh dunia.

Avikar: Sempurna, tak ada cacat.
Pradita: Cerdas, pintar.
Varen: Terbaik.

Bartram (Denmark) Chhandak (India) Abhivandya (Sansekerta): Anak laki-laki yang pemberani dan akan dihormati karena ketaatan kepada Dewa.

Bartram: Gagak yang agung.
Chhandak: Kereta kuda Dewa.
Abhivandya : Yang disapa dengan hormat.

Buddhapriya (Sansekerta) Nararya (Sansekerta) Atharvan (Sansekerta): Anak laki-laki yang suka dengan Buddha dan akan dimuliakan karena pengetahuannya.

Buddhapriya: Orang yang suka Buddha.
Nararya: Yang dimuliakan.
Atharvan: orang yang tahu Arthava.

Danar (Sansekerta) Zahir (Sansekerta) Handaru (Kawi): Anak laki-laki pemberani yang akan tumbuh menjadi orang baik dan selalu memiliki antusias di dalam hidup.

Danar : Pemanah.
Zahir : tumbuh dengan baik.
Handaru : Meteor.

Danvir (Sansekerta) Wayan (Sansekerta) Aranab (Sansekerta): Anak laki-laki pertama yang memiliki wawasan luas seperti samudera yang membuatnya bermurah hati atau darmawan kepada sesama.

Danvir: Murah hati, dermawan.
Wayan: Pertama.
Aranab: Samudera.

Gaurav (Sansekerta) Dhanya (Sansekerta) Avanindra (Sansekerta): Anak laki-laki yang akan menjadi kebanggan orang tua atau keluarga yang selalu diberkati dengan kekayaan dan akan menjadi penguasa.

Gaurav: Kebanggaan.
Dhanya: Pemberi kekayaan.
Avanindra: Penguasa bumi

Kavin (Sansekerta) Sida (Sansekerta) Mavendra (Sansekerta): Anak laki-laki tampan yang akan berhasil dari setiap apa yang dikerjakannya dan taat kepada Buddha seperti Siddhartha.

Kavin : Tampan.
Sida (bentuk lain Siddhartha): Pintar, cerdas.
Mavendra : Dapat bekerja dengan hasil yang sempurna.

Kenzie (Sansekerta) Buddha (Sansekerta) Siddhartha (Sansekerta): Anak laki-laki yang akan menjadi pemimpin yang membangkitkan seperti Siddhartha.

Kenzie : Pemimpin Yang Bijaksana.
Buddha : Membangkitkan.
Siddhartha : Tokoh agama Buddha.

Rasendria (Sansekerta) Amitabha (India) Rayshiva (Sansekerta): Anak laki-laki yang cerdas dan taat beragama serta mendapatkan keberuntungan dalam urusan kehidupannya.

Rasendria: Cerdas, beruntung, berhasil dengan baik.
Amitabha: Mitos nama (salah satu Dhyani-Buddha).
Rayshiva: Pelindung yang beruntung.

Mirza (Sansekerta) Pradipa (Sansekerta) Kuan-yin (Cina): Anak laki-laki yang memiliki rasa belas kasihan yang tinggi seperti Dewa Kuan-yin yang juga memiliki rupa yang bercahaya.

Mirza : Honor.
Pradipa : Terang bercahaya.
Kuan-yin: Dewa Buddha belas kasihan.

Akshobhya (India) Baber (Sansekerta – Turki) Naraya (Sansekerta): Anak laki-laki yang akan menjadi harapan bagi semuanya serta taat kepada agama Buddha.

Akshobhya: mitos nama (salah satu Dhyani-Buddha).
Baber (bentuk lain Babar): nama yang terkenal dari Turki.
Naraya: Harapan semua mahluk.

Nararya (Sansekerta) Kavin (Sansekerta) Sadira (Indonesia): Anak laki-laki yang tampan dan mencintai alam sekitar serta akan dimuliakan oleh sesamanya.

Nararya: Yang dimuliakan.
Kavin: Tampan.
Sadira: Pencinta alam.

Siddhart (Sansekerta) Wayan (Sansekerta) Naruna (Sansekerta): Anak laki-laki pertama yang dapat menjadi penolong bagi sesama dan dapat menjadi pemimpin bagi semuanya.

Siddhart: Penolong, pengawal.
Wayan: Pertama.
Naruna: Pemimpin manusia.

Raka (Sansekerta) Amma (Sansekerta) Arghia (India): Anak laki-laki yang tampan berwajah seperti bulan purnama dan memiliki sifat seperti Dewa karena ketaatannya.

Raka : Bulan purnama.
Amma: Mitos nama dewa tertinggi.
Arghia: Menawarkan kepada Dewa.

Ravindra (Sansekerta) Lagawa (Jawa) Akalanka (Sansekerta): Anak laki-laki yang bersih tak ternoda dan memiliki kekuatan serta diliputi dengan keikhlasan dalam memberi.

Ravindra: Kekuatan.
Lagawa: Anak yang ikhlas.
Akalanka: Tak ternoda.

Shakeel (Sansekerta) Haden (Karakteristik) Alankar (Sansekerta): Laki-laki yang memiliki keterampilan dalam menggunakan kecerdasannya untuk selalu melakukan yang terbaik untuk dapatkan sesuatu yang sangat berharga.

Shakeel (bentuk lain Shakil): Cakap.
Haden: Penuh gairah. Cerdas, berjiwa petualang. Senang bekerja keras. Tidak dibuat-buat dan unik.
Alankar: Emas, perhiasan.

Tarendra (Sansekerta) Amida (Jepang) Alano (Italia): Anak laki-laki yang tampan yang akan menjadi pemimpin serta taat dalam urusan agama.

Tarendra: pangeran bintang.
Amida: Nama dari Buddha.
Alano: tampan, gembira.

Vishnu (Sansekerta) Aika (Sansekerta) Buddhapriya (Sansekerta): Anak laki-laki yang dapat menyinari semua penjuru dan melakukan hal dengan lebih baik serta menyukai atau mentaati Buddha.

Vishnu : Matahari, Surga.
Aika : Lebih baik.
Buddhapriya: Orang yang menyukai Buddha.

Athaya (Sansekerta) Bagastya (India) Bayanaka (Sansekerta): Anak laki-laki yang merupakan anugerah dari yang Kuasa yang memiliki sifat bijak yang luar biasa.

Athaya: Anugerah.
Bagastya: Bijak.
Bayanaka: Luar biasa.

Anda juga bisa merangkai nama-nama di atas sesuai dengan keinginan sendiri sehingga bayi laki-laki Anda akan memiliki makna yang sesuai dengan harapan dan doa Anda untuk kehidupannya kelak saat ia mulai tumbuh dewasa.

Nama Bayi Laki-Laki Gabungan Perancis-Indonesia

Bagi orang tua yang ingin memberikan nama bayi laki-lakinya dengan nama yang modern, bisa menggabungkan nama yang berasal dari Perancis dan Indonesia untuk menciptakan nama yang lebih unik dan lebih modern. Berikut beberapa pilihan yang bisa dicoba.

Adi Adhelard Aamauri: Anak laki-laki yang memiliki hati yang baik, yang merupakan anugerah, memiliki sifat yang berani dan jujur, kelak akan menjadi seorang pemimpin yang kuat dan giat bekerja

Adi (Indonesia): Baik hati, anugerah yang baik.
Adhelard (Perancis – bentuk lain Adalard): Berani, kuat, jujur .
Aamauri (Perancis – bentuk lain dari Amaury): Raja yang giat bekerja.

Abel Aillard Wicaksono: Anak laki-laki yang merupakan lambang kebijaksanaan yang kelak akan menjadi bangsawan yang dapat memberikan kehidupan bagi yang lain.

Abel (Perancis): Nafas kehidupan.
Aillard (Perancis): Bangsawan.
Wicaksono (Indonesia): Lambang kebijaksanaan.

Aime Abelano Pramudita: Anak laki-laki yang merupakan hadiah / anugerah dari tuhan, yang memiliki sifat semangat dan periang, kelak akan menjadi orang yang dicintai banyak orang, yang memberikan kehidupan.

Aime (Perancis): Orang yang dicintai kekasih.
Abelano (Perancis): Hadiah dari tuhan, nafas kehidupan.
Pramudita (Indonesia): Semangat dan gembira.

Putra Aimery Abelard: Anak laki-laki yang memiliki sifat seperti seorang bangsawan yang kuat dan pemberani, kelak akan menjadi pemimpin yang giat bekerja.

Putra (Indonesia): Anak laki-laki.
Aimery (Perancis – bentuk lain dari Amaury): Raja yang giat bekerja.
Abelard (Perancis): Bangsawan yang pemberani dan kuat.

Aimo Abell Satyagraha: Anak laki-laki yang kelak akan memiliki kehidupan yang sejahtera dan mampu membangun kesejahteraan dengan kokoh karena kesetiaannya.

Aimo (Perancis): Dicintai Aimoo.
Abell (Perancis – bentuk lain Abel): Nafas kehidupan .
Satyagraha (Indonesia): Gabungan kata Satya (setia / sejahtera) + Graha (bangunan).

Alain Argo Abellard: Anak laki-laki yang kelak akan menjadi orang yang suci, memiliki kekayaan seperti bangsawan yang kuat dan pemberani serta menjadi orang yang agung.

Alain (Perancis – bentuk lain Allain): Wali Tuhan, orang keramat.
Argo (Indonesia – bentuk lain ardhi): Gunung.
Abellard (Perancis – bentuk lain Abelard): Bangsawan yang kuat dan pemberani.

Albert Bahtiar Abilerdo: Anak laki-laki yang giat bekerja dan berusaha, kelak akan menjadi seorang bangsawan yang kuat, pemberani dan memiliki nasib yang selalu beruntung.

Albert (Perancis – bentuk lain Aubert): Bangsawan yang gemilang.
Bahtiar (Indonesia): Usaha, berusaha.
Abilerdo (Perancis – bentuk lain Abelard): Bangsawan yang kuat dan pemberani .

Aldric Achille Pranajaya: Anak laki-laki yang memiliki sifat pemberani, kelak akan menjadi bangsawan yang memiliki budi pekerti yang luhur dan akan hidup dengan umur yang panjang.

Aldric (Perancis – Aldrich, Alrdick, Audric): Bangsawan yang berbudi luhur.
Achille (Perancis): Keberanian.
Pranajaya (Indonesia): Bernafas panjang.

Aldrich Kehara Achenhaud: Anak laki-laki yang memiliki sifat pemberani dan kelak akan menjadi seorang bangsawan yang memiliki budi pekerti yang luhur serta menjadi pemimpin yang berkuasa.

Aldrich (Perancis – bentuk lain dari Aldric)): Bangsawan yang berbudi luhur.
Kehara (Indonesia – bentuk lain dari kahar): Berkuasa.
Archenhaud (Perancis): Berani.

Alex Adalard Raharja: Anak laki-laki yang memiliki sifat jujur, kuat dan berani, serta suka menolong sesama, kelak akan menjadi orang yang memiliki kemakmuran dan kesejahteraan.

Alex (Perancis – bentuk lain Alexandre): Orang baik yang penolong.
Adalard (Perancis – bentuk lain Abelard, Alard, Allard): Berani, Kuat, Jujur .
Raharja (Indonesia): Makmur, sejahtera.

Alexandre Ames Wirayudha: Anak laki-laki yang baik dan suka menolong yang bisa menjadi teman bagi siapa saja, serta memiliki sifat yang gagah berani seperti keberanian menghadapi perang.

Alexandre (Perancis – bentuk lain Alex): Orang baik yang penolong.
Ames (Perancis): Teman.
Wirayudha (Indonesia): Gabungan dari kata Wira (gagah, berani) + Yudha (Perang).

Alfred Daniyan Anatole: Anak laki-laki yang lahir di waktu fajar yang memiliki sifat berani untuk berkorban, namun juga sifat yang sabar yang suka menasehati sesama dan mampu menyinari kegelapan.

Alfred (Perancis): Penasehat peri.
Daniyan (Indonesia): Berani berkorban.
Anatole (Perancis): Matahari terbit, Fajar.

Allain Ansel Perwira: Anak laki-laki yang lahir dalam keadaan suci yang kelak akan menjadi pemimpin yang rela berkorban untuk melindungi orang yang dicintai.

Allain (Perancis – bentuk lain Alain): Wali Tuhan, orang keramat.
Asel (Perancis – bentuk lain Ancel): Perlindungan.
Perwira (Indonesia): Pemimpin, jabatan militer.

Allard Andre Arkhelaus: Anak laki-laki yang merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Pengasih, memiliki sifat yang gagah berani.

Allard (Perancis – bentuk lain Zhane): Tuhan Yang Maha Pengasih.
Andre (Perancis): Gagah berani.
Arkhelaus (Perancis – bentuk lain Archenhaud): Berani.

Galib Ansel Alphonse: Anak laki-laki yang memiliki kehidupan yang beruntung, selalu di dalam perlindungan Tuhan dan memiliki kecerdasan yang tinggi dalam memberikan solusi.

Galib (Indonesia): Beruntung.
Ansel (Perancis – bentuk lain Anselme): Perlindungan.
Alphonse (Perancis): Siap dan tepat dalam memberikan saran.

Nofian Ansel Alrdick: Anak laki-laki yang terlahir dalam keadaan suci, yang kelak akan menjadi seorang bangsawan yang memiliki sifat budi pekerti yang luhur dan akan hidup di dalam kemakmuran.

Nofian (Indonesia): Kemakmuran.
Ansel (Perancis): Orang suci.
Alrdick (Perancis – bentuk lain dari Aldric): Bangsawan yang berbudi luhur.

Dari ide rangkaian nama bayi laki-laki Perancis Indonesia di atas, Anda masih bisa membuat rangkaian nama sendiri dengan menggabungkan, menambahkan, mengurangi atau juga mengganti kata dalam rangkaian nama di atas dengan nama yang lain.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.