Tahukah Kamu, Masinis adalah Profesi untuk Orang Hebat!

Ada banyak kisah yang bisa didapatkan saat berpetualang dengan kereta api. Mulai dari perjuangan demi tiket KAI yang harus di-booking jauh-jauh hari karena banyaknya peminat moda transportasi ini, hingga orang-orang di belakangnya yang membuatmu bisa sampai ke tempat tujuan.

Ya, di balik selembar tiket KAI ada sejuta cerita yang penuh inspirasi. Salah satu yang paling bikin haru adalah orang di belakang kemudi mesin lokomotif, yaitu sang masinis.

Sosok yang selalu tampil rapi dengan seragam putih-hitam ini adalah orang yang berani mengorbankan banyak hal agar para penumpangnya bisa sampai ke tujuan dengan selamat.

Berikut adalah fakta-fakta hebat seorang masinis kereta api.

1. Ada Banyak Hal di Kepala Masinis

Tahukah Kamu, Masinis adalah Profesi untuk Orang Hebat!
jurnalasia.com

Sama seperti pesawat bagi pilot dan kapal laut untuk nahkoda, mesin penarik gerbong kereta api pastinya memiliki kendali khusus yang hanya dimengerti oleh seorang masinis.

Meski kelihatannya cuma tuas gas dan rem saja, dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam menjalankannya. Ingat bahwa kereta api jaman sekarang harus tepat waktu.

Jadi masinis juga harus punya perhitungan, seberapa cepat laju kereta agar sampai di tujuan, seperti yang diharapkan.

Masinis juga harus punya perhitungan untuk pengereman yang presisi mengingat mesin lokomotif juga harus menahan dan menurunkan kecepatan dari gerbong dengan bobot berton-ton di belakangnya.

2. Jam Kerja Masinis

Jangan bayangkan satu masinis mengendalikan kereta api dari keberangkatan sampai tempat tujuan. Masing-masing dari mereka memiliki jam kerja tersendiri dengan rata-rata durasi antara enam hingga 10 jam setiap harinya.

Setiap hari, seorang masinis akan menjalankan tugas dua kali, pergi dan pulang dengan masa dinas berlaku dua hari.

3. Ujian Terberat, Nggak Ketemu Keluarga di Hari Libur

Salah satu konsekuensi terberat bagi seorang yang berprofesi masinis adalah tetap kerja di hari libur besar, seperti Lebaran dan Natal. Justru di kedua hari tersebut, jadwal kerja makin padat.

Apalagi kalau liburannya mepet dengan akhir pekan. Mungkin bagi para masinis, mengantarkan ratusan, atau bahkan ribuan orang dengan tiket KAI sampai ke kampung halaman, bertemu dengan keluarganya, jauh lebih berharga ketimbang kebahagiaan mereka sendiri.

4. Pendidikannya Berat, Lho!

Tahukah Kamu, Masinis adalah Profesi untuk Orang Hebat!
kompasiana.com/amadsudarsih

Meski sekadar mengendalikan laju kereta api, seorang masinis dituntut memiliki mental baja. Nggak heran kalau pendidikannya juga semi-militer.

Para calon masinis yang baru lulus SMA kemudian akan bersekolah di Balai Pendidikan dan Pelatihan Traksi (BPPT) selama tiga tahun.

Setelah lulus dari BPPT, mereka akan mulai magang di Perawatan Kereta Api (DEPOT) sebagai batu loncatan untuk mendapatkan sertifikasi masinis.

Ada tahapan-tahapan tertentu yang mewajibkan mereka untuk mengenyam pendidikan ‘bernuansa’ militer. Termasuk karantina beberapa waktu lamanya sebelum menjadi karyawan PT KAI. Wah, benar-benar berat, ya!

5. Harus Punya ‘2.000 Jam Terbang’

Tahukah Kamu, Masinis adalah Profesi untuk Orang Hebat!
flickr.com/isnan_wijarno

Begitu dinyatakan lulus, nggak serta-merta calon masinis langsung dipercaya memegang lokomotif. Mereka harus menempuh tahapan sebagai asisten masinis hingga memiliki 2.000 jam perjalanan.

Kalau sudah memenuhi syarat, tugas pertama adalah menjalankan kereta rute pendek, seperti KRL atau KRD selama tiga tahun, sebelum akhirnya bisa mendapat kesempatan untuk menjadi masinis utama.

Itulah fakta yang menunjukkan bahwa di balik selembar tiket KAI, ada perjuangan tanpa kenal henti dari seorang masinis.

Jadi berbanggalah ketika mendapatkan tiket KAI murah karena kamu diantar ke tujuan oleh seseorang bermental baja, yang telah mengorbankan kebahagiaannya sendiri demi senyum orang lain. Seseorang dengan jabatan hebat, yaitut masinis kereta api.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.