10 Manfaat Tempe yang Luar Biasa

Tempe merupakan sebuah santapan yang sering terniang ditelinga kita. Makanan yang sudah trend dikalangan bawah sampai keatas, sangat sedap rasanya.

Tempe terbuat dari kedelai dengan kualitas terbaik dengan mengalami sedikit pengolahan. Kedelai tersebut kemudian akan dimasak agar masak, lalu dikemas dengan dicampurkan sedikit ragi.

Fungsi dari ragi tersebut ialah untuk memperkembangbiakkan jamur yang baik atau memfermentasikan tempe dengan jamur. Tapi anda jangan khawatir tentang jamur tersebut, karena jamur tersebut aman dikonsumsi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi mengonsumsi tempe dapat menimbulkan manfaat tempe terbaik bagi tubuh anda. Lauk yang populer ini, sering sekali dijadikan santapan yang nikmat oleh warga agar mendapatkan kesehatan tubuh dan menjadikan perut kenyang pastinya.

Manfaat Tempe

Manfaat tempe terpopuler pada kalangan masyarakat ialah memiliki banyak nutriasi dan protein didalamnya, sehingga memiliki peranan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sebab itu juga, tempe dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan agar memilki otak yang cerdas.

Walaupun tempe merupakan makanan orang kampung, namun khasiatnya jangan dianggap kampungan. Dengan kandungan yang cukup banyak seperti karbohidrat, kalium, fosfor, zat besi, serat, vitamin B, protein nabati dan keratin, yang mampu menjaga kesehatan tubuh, mencerdaskan otak dan manfaat tempe bagi kesehatan lainnya.

Berikut mari kita mengetahui manfaat tempe dengan nutrisi didalamnya.

Menyehatkan bagi yang mengonsumsi

Terdapat kandungan antibiotik dan antioksidan pada tempe, dapat membunuh infeksi atau gejala penyakit di dalam tubuh. Jadi tidak heran jika melihat seseoarang memiliki kesehatan yang bagus setiap harinya karena mengonsumsi tempe.

Menjaga jantung agar tetap sehat

Dengan mengonsumsi tempe dengan rutin dapat meningkatkan kadar kolesterol yang baik pada tubuh dan juga menjaga jantung agar tetap sehat yang terhindar dari berbagai gangguan atau penyakit.

Mencegah kanker

Kandungan serat pada tempe, dapat menangkal racun yang terdapat pada tubuh dan kolesterol jahat yang menyebabkan penyakit kanker.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin B yang terkandung pada tempe, sangat baik untuk menjaga sel darah merah agar normal. Selain itu juga dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dan menormalkan fungsi sistem syaraf.

Mencegah penyakit anemia

Terdapatnya kandungan mineral yang cukup tinggi dan mudah diserap oleh darah, dapat mencegah datangnya penyakit anemia atau kekurangan darah. Sekaligus juga dapat mencegah kekeroposan pada tulang atau osteoporosis.

Sumber protein nabati yang baik

Kurang lebih terdapat 18 jenis protein dan asam amino yang terkandung didalam tempe. Maka dari itu tempe sangta baik untuk dikonsumsi oleh segala umur baik anak-anak atau orang dewasa. Juga protein tersebut sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh, sehingga tidak akan mengendap pada tubuh yang menyebabkan kegemukan.

Dapat mengatasi radikal bebas yang masuk pada tubuh

Kandungan antioksidan yang sangat kuat, dapat menangkal radikal bebas yang berasal dari asap atau pencemaran pada lingkungan yang masuk pada tubuh. Maka akan menjadikan tubuh kebal dari penyakit dan juga mencegah penuaan dini.

Mengobati keracunan pada tubuh

Kandungan ion-ion positif pada tempe seperti putih telur dan susu, dapat menimbulkan manfaat tempe yang baik sebagai penawar racun sianiada atau logam berat dan juga penawar antiodotum yang terdapat pada tubuh.

Baik dikonsumsi penderita diabetes

Kandungan serat yang tinggi dapat mengontrol kadar gula yang terdapat pada darah. Sehingga dapat memulihkan penyakit diabetes anda.

Bagus dikonsumsi dalam program diet

Kandungan bebas lemak dan protein yang tinggi, sangat baik dan cocok sekali dikonsumsi oleh seseorang yang sedang dalam program diet. Karena protein tersebut akan langsung dicerna oleh tubuh dan membakar lemak pada tubuh yang akan mengubahnya menjadi energi.

Itulah manfaat tempe terkenal bagi kesehatan yang sedang populer saat ini. Cara mengolah tempe juga sangat perlu untuk diperhatikan agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

Selain anda mengetahui manfaat tempe sebagai makanan tradisional, perlu juga mengetahui tentang manfaat singkong bagi kesehatan dan kelangsungan hidup. Sekian informasi yang dapat dibagikan untuk anda tentang kesehatan, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.