8 Kandungan Gizi Kacang Tunggak dan Manfaatnya

Kacang Tunggak adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang saat ini masih sangat jarang dimanfaatkan bahkan diketahui oleh masyarakat khususnya di Indonesia.

Kacang Tunggak sendiri berasal dari daratan Afrika yang kemudian menyebar karena tanaman ini relatif sangat mudah untuk tumbuh dan tidak memerlukan perhatian istimewa ketika di tanam.

Kacang Tunggak yang bernama latin Vigna unguiculata merupakan tanaman dengan ciri daun yang berbentuk nyaris segitiga tumpul dan memiliki polong berisi beberapa buah kacang di dalamnya. Di tanah Jawa Kacang Tunggak juga dikenal dengan nama kacang landes, kacang otok serta kacang dadap.

Kacang Tunggak adalah tanaman musiman yang tingginya bisa mencapai 10-20 cm. Tanaman kacang ini berdiri tegah di atas tanah dengan polongnya yang keras, untuk ukuran kacangnya sendiri sekitar 6-10 mm.

Kacang Tunggak sangat cocok untuk hidup di tanah tropis. Selain kacangnya yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan makanan, tanaman Kacang Tunggak juga dapat dijadikan tanaman penutup tanah yang menyerap air terutama saat musim hujan tiba.

Didalam Kacang Tunggak terdapat banyak sekali zat gizi yang bermanfaat terutama untuk manusia. Zat gizi yang terdapat di dalamnya pun membuat Kacang Tunggak layak untuk dijadikan salah satu alternatif pangan selain kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, kacang tanah dan lain-lain.

Kandungan Gizi Kacang Tunggak dan Manfaatnya

Beberapa zat gizi yang terkandung di dalam Kacang Tunggak yaitu :

Kandungan protein

Kacang Tunggak seberat 100 gram memiliki kandungan protein sebanyak 22,9 gram. Seperti yang kita tahu bahwa protein sangat bermanfaat bagi tubuh diantaranya sebagai tempat pembentukan sel-sel darah merah, otot, serta sistem kekebalan atau sistem imun tubuh.

Kacang Tunggak memiliki kandungan protein yang baik bagi sistem imun manusia

Selain itu protein juga bermanfaat untuk membentuk jaringan otot dan zat yang membantu proses pembentukan luka. Oleh karenanya mengonsumsi Kacang Tunggak bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan protein di dalam tubuh. Karena kekurangan protein sendiri bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan salah satunya yaitu marasmus atau kurang gizi.

Kandungan lemak

Dalam 100 gram Kacang Tunggak mengandung sekitar 1,4 gram lemak. Lemak memang di perlukan untuk tubuh sebagai cadangan energi. Lemak sendiri disimpan di bawah permukaan kulit.

Itulah sebabnya banyak sekali orang yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan memiliki lapisan kulit yang sangat tebal karena menyimpan banyak lemak. Di dalam Kacang Tunggak sangat sedikit kandungan lemaknya.

Jadi Kacang Tunggak sangat baik digunakan untuk anda yang sedang menjalani program diet terutama untuk mengurangi jumlah asupan lemak setiap harinya.

Kandungan karbohidrat

Adalah zat yang sangat diperlukan untuk tubuh agar dapat menghasilkan energi. Energi tersebut kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan tenaga untuk beraktivitas sehari-hari.

Kacang Tunggak memang sangat minim lemak namun kaya akan karbohidrat sehingga sangat cocok untuk anda konsumsi setiap harinya.

Jika kita kekurangan karbohidrat maka tubuh akan mengalami beberapa masalah seperti pusing, mudah lelah dan bahkan kelemahan otot.

Jadi memakan Kacang Tunggak dapat dijadikan alternatif pangan yang sangat baik untuk membantu tubuh agar tetap bertenaga karena dalam 100 gram Kacang Tunggak mengandung setidaknya 61,6 gram karbohidrat.

Kandungan kalsium

Pada 100 gram Kacang Tunggak mengandung setidaknya 77 mg. Kalsium dalam Kacang Tunggak sangat bermanfaat terutama untuk membentuk pertumbuhan sekaligus memperkuat gigi serta tulang. Kekurangan kalsium membuat tubuh menjadi mudah lelah dan meningkatkan resiko kerapuhan tulang serta gigi keropos.

Kandungan fosfor

Kacang Tunggak juga mengandung fostor sebanyak 449 mg dalam 100 gram Kacang Tunggak. Fosfor sangat bermanfaat untuk tubuh sebagai zat yang juga penting bagi pertumbuhan serta memperkuat jaringan ada tulang serta gigi.

Fosfor juga bermanfaat untuk mengangkut zat-zat penting di dalam tubuh yang ada pada darah. Penting untuk kita memenuhi kebutuhan akan fosfor salah satunya dengan mengonsumsi Kacang Tunggak.

Kandungan zat besi

7 gram zat besi ditawarkan dalam 100 gram Kacang Tunggak. Zat besi sendiri merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh karena zat besi sendiri ada di bagian dalam sel darah.

Sel darah sendiri membawa oksigen, sehingga tidak heran bahwa ketika seseorang kehilangan atau tidak mencukupi kebutuhan zat besinya, tubuh menjadi mudah lemas dan lelah, yang kemudian disebut dengan anemia. Mengonsumsi Kacang Tunggak dapat membuat kebutuhan akan zat besi terpenuhi.

Kandungan serat

Serat yang ada di dalam Kacang Tunggak jumlahnya cukup banyak dan dapat membantu kita untuk mencukupi kebutuhan serat sehari-hari. Kacang Tunggak dengan berat 100 gram memiliki nilai kandungan serat sebanyak 5,6 gram.

Seperti yang kita tahu bahwa serat sangat baik untuk kesehatan terutama kesehatan pencernaan. Jika kita kurang serat maka akan terjadi gangguan pencernaan seperti susah buang air besar, bahkan iritasi di usus.

Selain itu serat sangat penting untuk menyerap kolestrol dalam darah sehingga kita akan terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroke.

Kandungan kalium

Kalium adalah salah salah satu zat yang juga penting untuk tubuh. Di dalam tubuh kalium berguna untuk menjaga kadar air di dalam tubuh.

Apabila tubuh kekurangan asupan kalium makan yang terjadi adalah tubuh mudah mengalami letih dan lelah, kulit menjadi kering dan bersisik, otot-otot tubuh melemah, serta refleks tubuh yang lambat merespon sesuatu di sekitarnya.

Mengonsumsi Kacang Tunggak ternyata sangat menyehatkan, apalagi jika diolah dengan cara yang benar seperti dipanggang atau direbus, tanpa tambahan minyak. Selain itu, cara ini juga tetap mempertahankan semua kandungan gizi di dalam Kacang Tunggak.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.