5 Fakta Unik Unta, Hewan yang Habitatnya di Padang Pasir

Siapa yang tidak mengenal unta? Hewan yang selalu dikaitkan dengan habitatnya di padang pasir ini sangat terkenal akan bentuk tubuhnya yang unik. Unta memiliki ciri khas punuk yang menonjol pada bagian punggungnya. Selain itu unta juga dikenal sebagai hewan yang tahan dengan cuaca ekstrim sekalipun.

Unta tidak sering merasa kehausan meski harus berada berjam-jam berjalan di padang pasir yang tandus. Hebatnya lagi mamalia yang satu ini dapat menopang beban berat di ataus punggungnya dan melakukan perjalanan jauh berhari-hari. Lalu, adakah lagi keunikan dari unta? Berikut ulasan mengenai keunikan dari unta dan fakta seputar unta.

1. Unta dapat Menahan Lapar dan Dahaga

Fakta menarik tentang unta adalah ternyata unta dapat menahan lapar dan dahaga selama delapan hari pada suhu ekstrim di bawah 50⁰C. Pada periode ini unta akan kehilangan berat tubuhnya sebanyak 22 persen dan kehilangan air atau cairan pada tubuhnya sekitar 40 persen, akan tetapi unta tetap dapat bertahan hidup.

Selain itu unta memiliki kelebihan lain yaitu dapat menaikan dan menurunkan suhu tubuhnya sendiri. Unta akan meningkatkan suhu tubuh hingga 41⁰C untuk menahan kehilangan air dalam tubuhnya karena iklim yang panas contohnya di padang pasir. Selain itu untuk menjaga tubuhnya dari kedinginan unta dapat menurunkan suhu tubuhnya hingga 30⁰C pada malam hari.

2. Unta dapat Mengefisiensikan Penggunaan Air

Unta dapat menghabiskan sekitar 130 liter dalam 10 menit saat meminum air. Jumlah tersebut kurang lebih sama dengan sepertiga dari berat tubuhnya. Unta memiliki lendir atau struktur mucus pada hidungnya yang berukuran 100 kali lebih besar dari yang dimiliki manusia. Dengan adanya struktur tersebut unta dapat menghemat terjadinya penguapan air pada tubuh ketika bernapas sebanyak 66%.

3. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

Hal yang mebuat unta unik lainnya adalah adanya lapisan bulu mata yang terdiri dari dua lapis. Bentuk bulu mata ini dapat membantu unta menghadapi cuaca seektrim apapun di padang pasir, karena bulu mata ini dapat menahan butiran debu sekecil apapun yang akan masuk ke mata.

Ketika unta mengalami keadaan berbahaya bulu mata pada unta akan otomatis tertutup, untuk menghindari debu yang masuk.

Selain itu unta memiliki bulu untuk menyekat pana, bulu ini bertekstur tebal yang dapat melindungi unta dari panas dan dinginnya cuaca, serta juga membantu menjaga pasokan air dalam tubuhnya. Disamping itu unta juga dapat menutup hidungnya untuk menghindari debu dan pasir yang masuk melalui hidung.

4. Telapak Kaki yang di Tahan di Segala Medan

Telapak kaki unta berbentuk melebar dan mengembung, dengan ukuran telapak kaki yang cukup besar unta dapat berjalan di atas padang pasir dengan mudah dan menghindari dari terperosok ketika berjalan. Selain itu terdapat pula, kulit yang tebal untuk melindungi kakinya dari panasnya padang pasir.

Lutut unta juga memiliki struktur callus, yakni berupa kulit yang sangat keras dan tebal seperti tanduk. Dengan adanya callus unta akan terlindungi dari panasnya gurun pasir yang membakar ketika unta duduk.

5. Punuk Sebagai Penyimpan Makanan

Unta terkenal dengan punuknya yang terlihat eksotis. Ternyata selain eksotis punuk unta sangat berperan penting untuk mengedarkan zat makanan yang dibutuhkan keseluruh tubuh. Seperlima dari berat tubuh unta merupakan lemak. Keseluruhan lemak ini tersimpan pada punuk unta.

Adanya sistem penyimpanan lemak dalam satu tempat yakni dipunuknya dapat membantu unta menegurangi resiko kehilangan banyak pasokan air dalam tubuh. Meski unta dapat menghabiskan sekitar 30 sampai 50 kg makanan dalam sekali waktu, akan tetapi pada masa genting unta juga dapat hidup selama satu bulan hanya dengan memakan 2 kg rumput perhari.

Unta juga memiliki struktur bibir yang elastis dan kuat seperti karet, sehingga unta dapat memakan-makanan keras bahkan duri sekalipun.

Demikianlah informasi mengenai keunikan unta yang tentunya merupakan kuasa Tuhan menciptakan berbagai mahluk hidup dengan kelebihan-kelebihannya. Unta yang dapat menahan panas dan ekstrimnya cuaca di gurun pasir tentunya menjadikan unta sebagai hewan yang bermanfaat, sebagai alat transportasi dan juga pembawa barang bawaan yang sulit dibawa manusia.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.