7 Fakta Unik Tikus, Hewan Pengerat yang Suka Merusak Tanaman

Keunikan tikus ini memang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Orang hanya mengetahui bahwa tikus ini adalah binatang pembawa petaka, banyak sekali orang yang mendapatkan kerugian yang besar, karena tanamannya dimakan oleh binatang ini, ada juga yang mendapatkan penyakit karena binatang ini, dan masih banyak kerugian lainnya. Berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang tikus ini :

1. Memiliki daya tahan yang kuat

Tikus ini memiliki daya tahan yang cukup kuat, dia mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan yang baru, tanpa kesulitan. Yang unik dari tikus adalah dapat bertahan hidup tanpa air, lebih lama dari binatang unta, dan tikus ini dapat jatuh dari lantai 5 tanpa cidera sedikitpun.

2. Tikus Norwegia

Salah satu spesies yang paling banyak jumlahnya adalah tikus Norwegia, yang umumnya berwarna coklat. Tikus terbesar dari jenis ini bisa mencapai 1 kg. jenis tikus ini banyak terdapat di berbagai kotak besar di hampir seluruh dunia, terkecuali Antartika dan Kutub utara, atau daerah kutub lainnya. Tikus yang sering dijadikan kelinci percobaan, juga termasuk tikus Norwegia, dengan jenis albino Norwegia.

3. Tikus hitam

Jenis tikus lainnya yang juga sering menjadi petaka bagi manusia selain tikus Norwegia adalah tikus hitam. Tikus jenis ini membawa kutu dengan jenis tertentu, kutu ini yang kemudian membawa bibit bakteri Yersenia yang nantinya menjadi penyakit pes. Tikus hitam ini memang pendaki yang lincah, dan memakan bitang lainnya yang ada didekatnya. Bahkan binatang ini dapat meledakkan populasinya ketika musim panen tiba, dan mengkonsumsi hasil panen tersebut.

4. Tamu rumah

Hampir mustahil untuk menjadikan rumah Anda bebas dari tikus. Tikus ini adalah binatang yang cerdik dan juga lincah. Binatang ini bahkan dapat masuk pada sebuah lubang yang ukurannya hanya sebesar pulpen. Jika sudah masuk rumah, maka Anda akan kesulitan menemukan binatang ini. Jika salah satu tikus berhasil masuk perangkap, maka jangan harap tikus lainnya akan terjebak di perangkap yang sama.

5. Tidak dapat bersendawa dan muntah

Keunikan lain dari binatang ini adalah tikus tidak dapat memuntahkan makanannya dan tidak dapat bersendawa. Itu sebabnya mengapa tikus sering kali mengkonsumsi makannya sedikit demi sedikit.

6. Santapan dan tabu

Tikus ini memang menjadi santapan lezat untuk beberapa binatang seperti burung elang, burung hantu, ular, musang dan kucing (jika masih memiliki kemampuan berburu). Bahkan ada beberapa jenis anjing terutama jenis terrier yang sengaja dilatih untuk menghilangkan tikus ini.

Selain itu, jika kebanyakan orang enggan mengkonsumsi daging tikus, maka di beberapa belahan dunia tertentu, tikus ini dapat dijadikan sebagai salah satu santapan lezat. Beberapa negara tersebut adalah China, Afrika, dan beberapa negara lainnya. Di sebagian negara India, binatang ini dijadikan sebagai salah satu santapan lezat, namun di sebagian India lainnya, binatang ini sengaja disembah, karena dianggap bagian dari dewa Ganesha.

7. Ledakan populasi

Keunikan tikus lainnya adalah, tikus ini termasuk hewan yang suka beranak pinak. Bayangkan saja dalam 1 tahun, mereka dapat 5 kali melahirkan, dan dalam 1 kali proses persalinan anak yang dilahirkan mencapai 7 hingga 15 ekor. Namun di lingkungan yang banyak predatornya, hidup tikus ini tidak lama. Bahkan tidak banyak tikus yang berumur lebih dari 2 tahun, karena kebanyakan tikus mati pada minggu pertama.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.