6 Fakta Unik Siput, Hewan Kecil yang Bercangkang

Siapa yang tidak tahu dengan siput, binatang yang sangat lambat ketika berjalan. Siput yang sudah dikenal oleh banyak orang sekarang ini banyak dijadikan sebagai makanan. Banyak orang yang memburu hewan lambat ini untuk dikirim keluar negeri atau dikonsumsi.

Hewan dari kelas Gastropoda ini banyak disajikan di restoran-restoran mahal yang ada di Jepang, Jerman, dan Perancis. Hal ini sangat berbeda dengan dulu ketika petani membasmi siput karena hama untuk tanaman mereka.

Fakta Unik dari Siput

1. Perilaku Unik

Siput merupakan hewan dengan perilaku yang sangat unik. Hewan Mollusca ini bisa tidur dengan waktu yang lama sekali. Hewan tersebut dinamakan Siput Kebun. Siput kebun bisa tidur sampai 3 tahun tanpa terbangun.

2. Cangkang Siput

Fakta unik lainnya adalah cangkang yang dimiliki oleh siput. Cangkang tersebut ternyata tidak hanya untuk melindungi tubuh siput dari musuh, tetapi juga menjadi paru-paru. Siput adalah hewan yang mengonsumsi tumbuh-tumbuhan. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur.

3. Telur Tembus Cahaya

Keunikan siput adalah hewan ini bisa memproduksi 20-80 telur dengan bentuk bulat yang tembus cahaya. Hanya perlu beberapa minggu saja, telur-telur tersebut akan menetas dan cangkangnya juga akan mengalami perubahan bertambah besar sesuai dengan masa pertumbuhan dari siput tersebut.

4. Hermaprodit

Siput dapat berkembang biak 6 kali dalam satu tahun dengan cara perkimpoian. Siput adalah hewan hermaprodit yakni berjenis kelamin betina dan jantan. Kematangan seksual akan terjadi sampai 2 tahun. Telur dapat dibuahi oleh perkimpoian dua ekor siput.

5. Bisa Mengeluarkan Sinar

Ada satu lagi yang menarik dari seekor siput yakni siput bisa mengeluarkan sinar atau cahaya seperti kunang-kunang. Cahaya yang dikeluarkan siput berfungsi untuk komunikasi dengan siput yang lain. Jika ada seekor siput yang mengeluarkan cahaya, maka siput yang lain akan mendekat. Ketika siput tersebut berkumpul, maka siput akan berkomunikasi untuk makan atau melakukan perkimpoian.

6. Manfaat Siput

Selain mempunyai perilaku unik, ternyata siput mempunyai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan, sebagai berikut:

  1. Daging siput bisa menyembuhkan penyakit gatal, kudis, dan penyakit kulit yang lain.
  2. Lendir yang dihasilkan siput bisa menyembuhkan luka dengan cepat.
  3. Lendir siput bisa menyembuhkan sakit gigi.
  4. Menyembuhkan penyakit asma atau penyakit sulit untuk bernafas.
  5. Daging siput mengandung protein tinggi sehingga sangat bagus untuk perkembangan otak.
  6. Siput bisa dimanfaatkan untuk obat hepatitis dan liver.
  7. Menyembuhkan keputihan.
  8. Mencegah terjadinya osteoporosis.
  9. Mencegah kejang-kejang.
  10. Mengurangi sakit akibat menstruasi.
  11. Mencegah penuaan dini atau garis halus di wajah.
  12. Menyembuhkan insomnia.
  13. Mengurangi keluhan karena gangguan jantung.
  14. Mengobati penyakit batuk berdahak.

Resep Obat Herbal dari Siput

1. Pengobatan Sakit Gigi

Cara pengobatan yang bisa dilakukan untuk sakit gigi adalah berikan lendir siput secukupnya. Oleskan di kapas bersih dan letakkan di gigi yang sedang sakit atau nyeri. Gigi yang berlubang bisa disumbat dengan kapas tersebut agar rasa nyeri berkurang.

2. Pengobatan Luka

Pengobatan luka menggunakan siput dilakukan dengan cara bersihkan satu ekor siput dengan air sampai bersih. Potong ujung cangkang yang berbentuk kerucut. Potong dengan ukuran sekitar ½-1 cm. Diamkan sampai lendir siput keluar dan oleskan lendir tersebut pada luka. Tunggu sampai mengering.

3. Pengobatan Penderita TBC

Terakhir, untuk pengobatan penderita TBC, caranya dengan mengonsumsi 1 sendok makan lendir siput. Jika anda tidak tahan dengan rasanya atau jijik, anda bisa mencampurkan jeruk nipis atau madu. Minum campuran lendir tersebut selama 3 kali satu minggu secara rutin supaya sembuh.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.