5 Fakta Unik Singa, Hewan Buas Si Raja Hutan

Singa adalah salah satu binatang buas dan dikenal sebagai raja hutan. Biasanya singa mudah ditemukan di kebun binatang atau taman safari, selain itu banyak pula film yang mengangkat cerita tentang si raja hutan ini.

Dengan adanya film tentang singa maka dapat sedikit mengubah anggapan banyak orang terhadap singa yang selalu dianggap sebagai hewan yang menyeramkan.

Ukuran tubuh singa yang besar dan ketangkasannya dalam menerkam mangsa membuat hewan ini semakin ditakuti terutama oleh hewan-hewan yang bukan berasal dari jenis predator.

Dibalik sifatnya yang buas, ternyata singa memiliki banyak keunikan yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut ini akan dijelaskan keunikan singa yang bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

1. Ciri fisik

Keunikan singa yaitu memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan harimau. Singa termasuk dalam jenis kucing berukuran besar. Dalam masa pertumbuhannya, singa memiliki tubuh yang lebih tinggi 15 cm daripada harimau. Singa jantan memiliki berat badan sekitar 150 sampai 250 kg, sedangkan singa betina berat badannya 130 hingga 185 kg.

Keunikan singa juga terletak pada rambut dibagian kepala sampai lehernya. Rambut pada singa jantan tersebut dapat menjadi daya tarik bagi singa betina. Rambut pada kepala singa jantan juga berfungsi sebagai pelindung ketika singa jantan bertarung dengan singa jantan lainnya dan bisa digunakan pula untuk menakuti musuhnya.

Baik singa jantan maupun betina juga memiliki rambut pada bagian ujung ekornya, pada singa betina rambut ekor tersebut bisa digunakan sebagai rambu-rambu kepada anak-anak singa.

2. Suka bermalasan

Keunikan singa juga terdapat pada kebiasaannya yang lebih suka menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan untuk menunggu mangsanya. Kebiasaan malas tersebut bahkan bisa berlangsung hingga 20 jam dalam sehari. Aktivitas singa biasanya dilakukan pada malam hari hingga matahari mulai terbit.

3. Hidup berkelompok

Meskipun dikenal sebagai hewan yang buas, namun sebetulnya singa tidak dapat hidup menyendiri melainkan hidup secara berkelompok dengan singa lain. Kelompok singa tersebut biasanya melakukan aktivitas hidup dan berburu secara bersama-sama. Dalam satu kelompok singa terdiri dari satu ekor singa jantan sebagai pemimpin dan 5-6 ekor singa betina dan beberapa ekor anak singa.

4. Cara berburu

Keunikan singa juga dapat dilihat dari caranya berburu mangsa. Sebagai hewan yang hidup secara berkelompok, ternyata singa berburu dengan cara berkelompok, semakin besar ukuran tubuh mangsa maka semakin banyak pula anggota kelompok singa.

Keunikan singa dalam berburu terlihat dari pembagian tugasnya yaitu singa betina bertugas mengerjakan perburuan sedangkan singa jantan bertugas untuk membantu melumpuhkan mangsa jika singa betina tidak mampu melumpuhkan mangsa.

Singa jantan memiliki stamina yang lebih cepat habis karena berat tubuhnya yang lebih besar dan rambut dibagian kepalanya yang membuat tubuhnya cepat panas.

5. Riwayat hubungan dengan manusia

Keunikan singa juga bisa terlihat dari hubungannya dengan manusia. Meskipun tergolong dalam hewan buas dan berbahaya, ternyata singa memiliki riwayat hubungan yang baik dengan manusia.

Singa yang telah dipelihara sejak kecil hingga dewasa oleh manusia maka membuat singa mudah berteman dengan manusia. Akan tetapi sebaiknya singa dipelihara di alam liar atau di hutan dan tidak dipelihara di dalam kandang karena alam liar adalah habitat singa yang sesungguhnya.

Itulah penjelasan mengenai keunikan singa sebagai raja hutan yang paling ditakuti. Selain dikenal sebagai hewan buas, ternyata singa memiliki banyak keunikan mulai dari bentuk fisiknya yang unik hingga cara hidup singa yang berkelompok dan bisa berteman dengan manusia.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.