5 Fakta Unik Nyamuk, Serangga Kecil Penghisap Darah

Banyak sekali ragam binatang yang ada di muka bumi ini. Binatang termasuk di antara makhluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan selain manusia dan tumbuh tumbuhan. Binatang ada yang diciptakan untuk bisa berteman dengan kita, ada juga yang berbahaya bagi hidup kita, yang bahkan bisa mengancam kehidupan kita, nyawa kita.

Salah satu binatang yang dapat mengancam kehidupan kita dalah nyamuk. Karena biasanya diakibatkan gigitan nyamuk tersebut, bisa menyebabkan kita terkena penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah, jikalau kita tidak dapat mengatasinya dengan secepat mungkin, bisa mendatangkan kematian bagi si penderitanya.

Selain itu binatang nyamukpun dapat mengganggu ketenangan dan kenyamanan tidur kita. Kita tidak akan dapat tidur dengan pulas, dengan nyenyak apabila banyak terdapat nyamuk yang terbang di sekitar kamar tidur.

Di atas tadi telah dibahas bagaimana binatang nyamuk menjadi binatang yang sangat mengganggu ketenangan, sangat menyebalkan bagi kehidupan kita sehari harinya. Dan juga bisa mendatangkan kematian bagi kita apabila kita sampai terkena penyakit demam berdarah, yang berasal dari gigitan nyamuk, apabila kita tidak secepatnya menanganinya.

Fakta Unik Nyamuk

Tetapi untuk selanjutnya yang akan diulas di sini adalah bagaimana nyamuk juga mempunyai beberapa keunikan dimana sebagian besar dari kita belum mengetahui apakah itu keunikannya. Sebagai salah satu makhluk ciptaan Tuhan, tentu saja Tuhanpun menciptakan nyamuk juga dengan segala kelebihannya yang dimiliki.

1. Menghisap Darah Manusia

Kelebihan-kelebihan yang dipunyai oleh nyamuk tersebut juga menjadi pertanda kebesaran Tuhan. Apapun tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan, asal kita mempercayaiNya. Binatang nyamuk mempunyai beberapa kelebihan.

Diantaranya adalah bahwa tidak semua jenis nyamuk menghisap darah manusia. Sebetulnya yang menghisap adalah yang betinanya saja, jantannya tidak, dikarenakan nyamuk jantan adalah golongan vegetarian, hanya menghisap putik bunga.

Nyamuk itu tidak menghisap darah manusia. Karena sebetulnya yang diinginkan oleh nyamuk adalah banyaknya asam amino yang terdapat di dalam darah.

Manusia memiliki sedikit sekali asam amino di dalam darahnya. Sebetulnya nyamuk lebih suka menghisap darah binatang tikus atau kerbau, penyebabnya karena banyaknya asam amino di dalam darah kedua binatang tersebut. Tetapi karena darah manusia banyak sekali jumlahnya, nyamuk lebih menyukai menghisap darah manusia.

2. Banyak Spesies

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh nyamuk yaitu dengan banyaknya jenis yang dimiliki, yang ada di seluruh permukaan bumi ini. Terdapat sekitar 2500 jenis nyamuk. Sebagian besar dari 2500 itu aktif menghisap darah pada pagi dan malam hari, sisanya aktif di siang harinya.

3. Nyamuk dilengkapi dengan sinyal

Nyamuk dilengkapi dengan sinyal yang apabila dia sudah menghisap darah dengan banyak, maka sinyalnya akan berfungsi mengirim rasa kenyang tersebut. Apabila dokter mematikan sinyal itu, sudah pasti nyamuk akan meledak perutnya karena kekenyangan.

4. Nyamuk tidak akan Tertular Penyakit HIV

Keunikan dari nyamuk lainnya adalah bahwa nyamuk tidak akan tertular penyakit HIV, walaupun nyamuk menghisap darah manusia yang terinfeksi virus mematikan tersebut.

Mengapa bisa demikian, dikarenakan manusia yang terjangkit penyakit AIDS, memiliki virus yang sangat sedikit di dalam darahnya. Pada saat nyamuk menghisap darah manusia tersebut, sistem pencernaan dari nyamuk akan langsung membunuh virus HIV tersebut.

5. Cara Menghisap Darah

Banyak dari kita yang sudah salah persepsi bahwa nyamuk itu menggigit kita dengan menusukkan belalainya ke kulit kita. Padahal sebetulnya bukan itu. Karena sebetulnya yang bertugas adalah rahang atas dan rahang bawah.

Rahang atas dan rahang bawah bekerja sama mengiris, menggergaji, mengebor lapisan kulit kita sampai dalam. Jikalau sudah pada pembuluh darah, pada saat itulah nyamuk memasukkan sengatnya untuk kemudian menghisap darah manusia.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.