6 Fakta Unik Merpati, Burung Peliharaan yang Setia

Bagi Anda penyuka burung merpati, ada baiknya Anda membaca artikel ini. Karena dalam artikel ini akan dibahas tentang keunikan burung merpati yang pastinya harus Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa keunikan tersebut:

1. Burung peliharaan manusia paling lama

Tahukah Anda bahwa burung merpati ini adalah burung yang pertama kali dipelihara oleh manusia. Hal ini dibuktikan dengan adanya gambar merpati di salah satu lokasi arkeologi, di daerah Mesopotamia, Irak. Gambar ini sendiri diperkirakan berumur 3.000 tahun SM.

Memang pada awalnya daerah Semeria yang berada di Mesopotamia dipercaya berhasil mengembangkan habitat merpati, hingga kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia.

2. Pupuk termahal di dunia

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa kotoran merpati, yang banyak dikeluhkan orang ini, dapat menjadi salah satu pupuk yang paling mahal. Tepatnya pada abad ke 16 hingga ke 18, kotoran merpati ini sangat berharga.

Pada saat itu kotoran merpati ini dijadikan sebagai pupuk kandang untuk beberapa perkebunan, seperti perkebunan melon, anggur dan juga rami. Bahkan pada saat itu di Inggris kotoran merpati dijadikan salah satu bahan mesiu

3. Pembawa pesan

Untuk hal ini, Anda tentu sudah mengetahuinya. Jika dilatih dengan baik, merpati dapat dijadikan sebagai burung pembawa pesan. Kurang lebih sekitar abad ke 5 SM, burung ini mulai digunakan sebagai burung pembawa pesan di daerah Suriah dan juga Persia.

Karena kondisi pada saat itu, membawa pesan menggunakan merpati jauh lebih efisien ketimbang menggunakan kuda. Kondisi seperti ini terus berkembang hingga beberapa tahun kemudian.

Bahkan burung ini mendapat julukan sebagai merpati pos, karena burung ini kerap digunakan untuk mengirimkan pesan, bahkan pada saat terjadinya perang dunai ke-1 dan ke-2.

4. Pahlawan

Ada beberapa burung merpati yang berhasil menjadi pahlawan bagi manusia. Hal ini terjadi pada perang dunia-1 dan perang dunia-2. Burung ini digunakan untuk mengantarkan pesan, dari medan perang menuju markas. Burung ini berhasil melewati, berbagai terjangan peluru, gas beracun, dll.

Bahkan berkat jasanya tersebut, beberapa burung merpati mendapatkan bintang jasa tertentu. Sebut saja merpati yang benama Cher Ami yang berhasil menyelamatkan tentara Prancis pada perang dunia ke-1.

Burung yang satu ini tetap terbang untuk menyampaikan pesan walaupun dadanya tertembak dan salah satu kakinya nyaris putus, selama 25 menit. Berkat jasanya tersebut burung ini mendapatkan penghargaan Croix de Guerre dari pemerintah Perancis.

Selain itu ada juga GI Joe, burung yang satu ini berhasil menyelamatkan tentara Inggris pada masa Perang dunia ke-2. Binatang ini berhasil terbang sejauh 33 KM tepat 20 menit di pangkalan udara sebelum pesawat pembom bergerak. GI Joe ini mendapatkan juga mendapatkan penghargaan Dickin.

5. Binatang Setia

Merpati ini memang hanya setiap pada 1 pasangan saja, hingga pasangan tersebut mati. Jika Anda lihat siklusnya. Sebenarnya burung jantan dan burung betina ini saling membantu untuk menjaga sangkar dan juga memberi makan anak mereka.

Ketika sang betina mengerami telurnya, maka jantan yang akan mencari makan, dan menjaga sangkar. Begitu juga ketika sang betina selesai mengerami dan mencari makan, maka sang jantan yang akan menjaga sangkar.

6. Tahu jalan pulang

Burung merpati ini adalah salah satu burung penjelajah. Mereka senang sekali terbang jauh dan menjelajahi cakrawala luas. Namun keunikan burung merpati ini, mereka tahu jalan pulang.

Berdasarkan penelitian, di paruh burung merpati ini terdapat partikel besi, yang terdapat di cabang syaraf. Ini yang kemudian menjadi kompas bagi burung merpati untuk kembali pulang.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.