4 Fakta Unik Lebah, Hewan Kecil Penghasil Madu

Lebah adalah binatang kecil yang mempunyai banyak kegunaan. Baik itu berguna bagi kita selaku manusia, juga bagi makhluk hidup yang lainnya, yaitu tumbuh-tumbuhan.

Fakta Unik Lebah

Berikut adalah 4 Fakta dan informasi unik tentang lebah.

1. Banyak Spesies

Tergolong ke dalam jenis serangga, lebah mempunyai jenis yang sangat banyak. Kita dapat menemukannya di seluruh permukaan bumi ini, kecuali di benua Antartika.

Dikarenakan karena udara yang begitu dingin di benua tersebut tidak memungkinkan lebah untuk hidup di sana. Kurang lebih ada 20.000 jenis lebah yang dapat dijumpai saat ini.

2. Sarang Lebah

Biasanya apabila kita ingin mengetahui keberadaan dari binatang lebah, maka kita dapat mencarinya di atas pohon ataupun di atas atap rumah orang. Karena di tempat-tempat itulah seringkali terdapat banyak sarang lebah.

Sarang-sarang tersebut dibuat oleh lebah pada malam hari. Lebah dengan jenis betinalah yang bertugas membuat sarang itu. Mereka membuat sarangnya dari banyaknya kelenjar yang ada di dalam tubuhnya. Biasanya yang bertugas adalah lebah betina yang masih muda umurnya.

3. Penghasil Madu

Seperti yang selama ini telah kita ketahui bersama, lebah adalah binatang satu-satunya penghasil madu. Madu itu sendiri sangat besar manfaatnya bagi tubuh kita.

Dengan meminum madu secara teratur, maka tubuh kita akan selalu terjaga kebugarannya. Kita akan selalu sehat, selalu fit, tidak gampang capek.

Madu yang selama ini kita konsumsi setiap saat itu dibuat/ diproduksi oleh lebah betina. Oleh sebab itulah maka lebah betina ini dikenal juga dengan nama lebah pekerja. Lebah betina ini jumlahnya sangat banyak. Kira-kira berada antara angka 30.000-60.000 ekor.

Proses pertama pembuatan madu oleh lebih betina dimulai dari pengumpulan serbuk sari dan nektar yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan.

Nektar yang sudah dikumpulkan lebah betina tadi diolah di dalam tubuhnya. Hasil dari pengolahan itu kemudian dimuntahkan. Hasil muntahan inilah yang kita kenal dengan nama madu.

Selanjutnya oleh lebah betina madu tersebut dimasukkan ke dalam sarang lebah, yang berfungsi sebagai cadangan makanannya. Karena sumber makanan utama dari lebah betina adalah madu itu.

Kita sebagai manusia sangat diuntungkan dengan keberadaan lebah di muka bumi ini. Karena dengan adanya lebah, setiap saat kita dapat mengkonsumsi madu setiap saat, tanpa merasa khawatir akan kekurangan.

Karena sebetulnya madu ini menjadi sumber makanan lebah juga. Sehingga setiap saat lebah-lebah itu secara terus menerus membuat/ memproduksi madu demi kelangsungan hidup mereka juga.

Tentu saja tugas membuat madu yang tidak pernah berhenti tersebut harus didasari oleh sistem kerja yang bagus pula.

4. Lebah Menjaga Sarang Selalu Lembab

Di sinilah kita dapat melihat lagi keunikan yang dipunyai oleh lebah. Lebah dapat memproses kesemuanya dengan baik. Mereka selalu dapat memproduksi madu dengan kualitas yang sempurna. Hal tersebut antara lain karena lebah-lebah itu selalu bisa menjaga sarang mereka selalu lembab.

Kelembaban sarang harus selalu terjaga dengan baik, dan untuk itu ada jenis lebah tertentu yang menjalankan tugas tersebut. Biasanya tugas itu dilakukan pada siang hari, pada saat udara terasa panas sekali.

Cara yang dilakukan yaitu dengan menempel pada lubang-lubang yang terdapat pada sarang. Lebah yang satu mengipasi sarang tersebut dengan sayapnya. Mereka memasukkan udara ke dalam sarang.

Lebah lainnya yang ada di dalam sarang bertugas untuk memasukkan udara ke seluruh permukaan sarang sehingga aliran udaranya menjadi lancar terus. Hal tersebut inilah yang membuat madu selalu terjaga kualitasnya dengan baik.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.