2 Fakta Unik Landak, Hewan Dengan Duri Tajam di Tubuhnya

Landak merupakan hewan mungil yang memiliki beberapa kemampuan. Seiring dengan perkembangan zaman yang terbilang pesat ini, landak tidak menjadi binatang yang ditakuti lagi.

Malah sebaliknya, landak mulai dikembangkan untuk dipelihara. Terdapat beberapa jenis landak yang bisa dipelihara oleh manusia. Keunikan landak juga cukup banyak, sehingga dapat dijadikan hewan peliharaan yang bersahabat.

Ukuran tubuh landak yang mungil dapat menjadi sangat menggemaskan. Namun jika ingin merawat landak sebagai binatang peliharaan, tentu saja harus merawatnya dengan hati-hati. Dan kenali terlebih dulu keunikan landak serta ciri-cirinya berikut ini.

Ciri-ciri Khas Landak

Landak termasuk hewan pengerat atau Rodentia dengan rambut yang tebal serta menyerupai duti yang tajam. Binatang ini dapat ditemukan di wilayah Asia, Afrika serta Amerika serta cenderung menyebar di area tropika. Landak merupakan hewan pengerat terbesar urutan ketika, jika ditinjau dari ukuran tubuh, setelah kapibara dan berang-berang.

Hewan yang satu ini cukup unik, sebab memiliki kemampuan untuk agak membulat serta tak terlalu gesit atau lincah jika di sejajarkan dengan tikus. Akibat rambut durinya, hewan lain juga dapat dikenali sebagai landak, namun bukan pengerat, yakni seperti hedgehog serta landak semut (Echidna).

Keunikan landak yang termasuk herbivora ini sangat menyukai daun, batang dan bagian kulit kayu. Karena itulah landak dianggap sebagai hama tanaman pertanian. Walaupun demikian, namun landak dapat diolah menjadi menu makanan yang cukup lezat, yakni sebagai Sate landak yang merupakan menu khas dari Kabupaten Karanganyar.

Fakta Unik Landak

Landak juga biasa dikenal orang dengan nama hystrix, tetapi secara umum landak juga digunakan untuk menyebut anggota dari suku Erethizontidae (landak dunia baru, dengan marga coendeou, sphggurus, Erethizon, Echnoprocta, dan Chaetomys) serta Hystricidae (landak dunia lama dengan marga Atherurus, Hystrix dan Trichys). keunikan landak dapat dibedakan atas;

1. Tempat ditemukannya landak

Landak dapat ditemukan di wilayah Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara dan Selatan. Landak yang ditemukan di wilayah Amerika Utara dan Selatan umumnya sangat mahir dalam mendaki, sehingga cenderung menghabiskan waktu di pohon-pohon untuk mencari makan.

Bahkan pada beberapa spesies dilengkapi dengan ekor yang dapat membantu landak untuk berpegangan pada dahan pohon. Tentu saja keunikan landak berdasarkan tempat ditemukannya ini cukup menarik.

Sedangkan untuk landak yang ditemukan pada wilayah Afrika, Asia serta Eropa cenderung berada di hutan, padang rumput serta padang pasir.

2. Bentuk fisik landak

Landak Afrika bisa mencapai berat hingga 20 kg bahkan lebih, namun landak yang hidup di Amerika Selatan hanya memiliki berat 1 kg saja dan bisa kurang. Tentu ini merupakan keunikan landak yang jarang diketahui orang.

Ternyata terdapat kurang lebih 1 jenis landak yang ditemukan di Afrika, Asia dan Eropa yang memiliki ukuran cukup besar. Selain ukurannya yang bervariasi, warna landak juga bermacam-macam. Mulai dari coklat kekuningan, abu-abu dan terkadang putih.

Sebenarnya landak tak dapat melemparkan duri untuk menusuk predator. Ketika ia berhadapan dengan pemangsa, landak membalikkan tubuhnya lalu membela diri dengan duri panjangnya yang terdapat pada bagian belakang tubuh.

Ketika duri landak menancap ke predator, maka duri akan masuk semakin dalam ke jaringan otot karena adanya gerakan dari otot. Ini dapat menyebabkan kematian akibat penetrasi dan infeksi.

Mengenali keunikan landak yang satu ini cukup baik untuk memberikan penyegaran akan info satwa.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.