5 Fakta Unik Kutu Rambut yang Tidak Banyak Diketahui

Kutu rambut merupakan salah satu jenis hewan yang sangat mengganggu jika tidak segera di-atasi. Biasanya masalah berupa kutu rambut ini dapat menyebar dengan sangat cepat.

Selain itu tidak memandang pria atau wanita dari segala jenis umur dapat terserang olehnya. Namun di lain sisi terdapat keunikan kutu rambut serta beberapa fakta menarik yang jarang diketahui oleh orang banyak.

Fakta Unik Kutu Rambut

Keadaan kesehatan yang ditimbulkan oleh kutu memang tidak begitu parah. Namun orang-orang cenderung geli olehnya. Selain itu juga menimbulkan kesan gatal pada kulit kepala, dan serasa ingin selalu menggaruknya. Sebenarnya apa keunikan kutu rambut ini? Berikut ulasan terkait keunikan kutu yang perlu anda ketahui.

1. Siklus Hidup

Kutu kepala hidup pada rambut kepala dekat dengan tengkuk dan telinga. Biasanya siklus hidup kutu kepala dihabiskan pada orang yang sama. Kutu memiliki 3 tahapan kehidupan, yakni telur, nimfe dan dewasa, ini biasanya berlangsung sekitar 3 minggu.

2. Ukuran nya Kecil

Keunikan kutu yang selanjutnya ada pada bentuknya yang terbilang cukup kecil dan merupakan serangga dengan warna coklat terang. Telur kutu memiliki warna abu-abu. Kutu membuat terowongan atau lubang di kulit kepala.

Biasanya telur-telurnya akan menetas usai 1 minggu, dan mulai meletakkan telur-telurnya ketika berusia 2 minggu. Sehingga dalam tempo waktu yang singkat seseorang dapat memiliki kutu dengan jumlah yang sangat banyak.

3. Kondisi Untuk Bertahan Hidup

Kutu melakukan perpindahan dari kepala satu menuju kepala lain ketika 2 kepala sedang berdekatan. Misalnya ketika Anda sedang berjalan bersama dengan pembawa kutu, maka kutu rambut akan menyebar.

Kutu rambut juga memerlukan kondisi hangat untuk dapat bertahan hidup. Sehingga di negara tropis seperti Indonesia ini menjadi surga bagi para kutu.

4. Sensasi Gatal

Keunikan kutu lainnya berasal dari sensasi gatal yang disebabkan oleh muntahan air liur kutu yang membasmi kepala serta kutu yang menggigit dan menghisap darah pada kulit kepala dapat menyebabkan kuman dan rasa gatal, Anda pun kemudian berkeinginan untuk menggaruknya dengan lebih keras hingga tak jarang terdapat bekas luka pada kulit kepala. Yang perlu Anda ketahui kutu dapat berkembang baik dengan cukup cepat.

5. Telur Kutu

Satu ekor kutu mampu menghasilkan puluhan bahkan ratusan telur yang kemudian siap berkembang lagi dan beranak terus-menerus. Maka dari itu, jika Anda memiliki permasalahan pada kutu segera atasi dengan obat penghilang kutu atau melakukan keramas dan menyisir dengan rutin.

Hal Yang Tidak Diketahui Tentang Kutu Rambut

Usai mengetahui keunikan kutu rambut maka tiba saatnya bagi Anda untuk membahas hal-hal yang tidak Anda ketahui tentang hewan parasit berikut. Di antaranya:

1. Persebaran kutu rambut selalu terjadi ketika musim semi dan panas. Hal ini dikarenakan saat cuaca sedang hangat atau panas kutu rambut sedang berproduksi. Suhu yang digemari mencapai 32 derajat Celcius.

2. Umumnya telur kutu ditempelkan pada bagian bawah atau akar rambut. Telurnya mempunyai ukuran kurang lebih 1 mm dan tiap kutu betina dapat bertelur sekitar 24-48 jam setelah adanya pembuahan oleh kutu jantan.

3. Usai menetas yang keluar dari telur ialah larva dalam ukuran yang sangat kecil. Larva tersebut makan dengan cara menghisap darah melalui lubang kecil pada bagian kepala.

Mungkin Anda sangat terkejut dengan keunikan kutu tersebut. Namun dengan adanya informasi itu sebaiknya lebih bijak dalam menangani kutu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.