5 Fakta Unik Kupu Kupu, Serangga Kecil dengan Sayap Indah

Kamu semua tentu sudah sangat mengenal kupu-kupu. Hewan yang indah dengan metamorfosis sempurna ini memang sangat mengagumkan. Tak hanya keindahannya saja yang mengagumbak, ternyata keunikan kupu-kupu ada begitu banyak yang akan membuat kita tercengang saat mengetahuinya.

Kupu-kupu merupakan jenis serangga yang digolongkan kedalam ordo Lepidopetra. Ordo Lepidopetra mengkategorikan serangga yang memiliki sayap sisik.

Kupu-kupu banyak hidup di wilayah atau daerah yang memiliki iklim tropis. Indonesia sangat beruntung. Karena iklim tropisnya yang bersahabat, di Indonesia terdapat banyak sekali spesies kupu-kupu yang sangat indah.

Indonesia sendiri memiliki sekitar 2500 jenis kupu-kupu yang beredar dan merupakan negara kedua terbanyak setelah Brasil. Sulawesi dianggap menjadi basis kupu-kupu unik yang ada di Indonesia.

Di Sulawesi terdapat banyak sekali jenis kupu-kupu unik. Dari sekitar 557 jenis, ditemui sekitar 239 jenis yang hanya bisa hidup di daerah Sulawesi dan tidak akan ditemui didaerah lain.

Fakta Unik Kupu Kupu

Sungguh unik bukan. Jika kamu penasaran dengan keunikan kupu-kupu, berikut beberapa fakta dan bagaimana uniknya kupu-kupu.

1. Metamorfosis sempurna

Kupu-kupu merupakan hewan yang berhasil mengalami metamorfosis sempurna. Seperti yang sudah kita ketahui semua, hanya kupu-kupu yang bisa memiliki perubahan metamorfosis beragam. Mulai dari telor, mejadi ulat, dari ulat menjadi kepompong, dan akhirnya bermetamorfosis sempurna menjadi seekor kupu-kupu yang sangat indah.

Yang cukup unik, dalam metamorfosis perubahan kupu-kupu, dari ulat hingga akhirnya menjadi kupu-kupu, ulat tersebut mengalami 27.000 kali peningkatan ukuran besar tubuh.

2. Mata paling tajam

Perlu kamu tahu, kupu-kupu ternyata memiliki mata dengan kemampuan melihat paling tajam di dunia. Hewan ini memiliki jenis mata majemuk dimana matanya membentuk seperti belahan bola dan posisinya menonjol pada bagian atas kepala.

Kemampuan melihat yang sangat tajam ini dikarenakan mata kupu-kupu memiliki enam lensa mikroskopik yang bisa digunakan untuk melihat obyek. Dengan enam lensa pada mata ini, kupu-kupu mampu melihat obyek dari segala arah dalam waktu bersamaan.

Yang jauh lebih unik, mata kupu-kupu mampu untuk melihat bentuk sinar ultraviolet. Kemampuan ini dimaksudkan supaya mereka bisa lebih mudah menemukan nektar yang ada di bunga.

3. Sayap indah dan transparan

Siapa yang menyangka, ternyata sayap indah yang dimiliki kupu-kupu pada dasarnya berbentuk transparan. Warna-warna indah yang muncul pada permukaan sayap ini dikarenakan adanya perbedaan kecerahan pada tiap-tiap lapisan tipis sayap kupu-kupu.

Corak sayap yang indah tentu saja menarik banyak orang untuk mengkoleksi kupu-kupu ini. Tapi perlu diketahui bahwa ada jenis-jenis kupu-kupu yang tidak boleh diburu. Di Indonesia sendiri ada 20 jenis kupu-kupu yang dinyatakan dilindungi.

4. Kaki dan mulut

Cukup unik, kupu-kupu ternyata tidak memiliki lidah sebagai indra perasa. Kupu-kupu menggunakan kakinya sebagai indra perasa. Jadi kupu-kupu akan menggunakan keenam kakinya untuk membantunya merasakan makanan dan memutuskan apakah makanan tersebut layak dimakan atau tidak.

Mulut kupu-kupu berbentuk seperti belalai. Kupu-kupu menggunakan mulutnya untuk menghisap makanan. Mulut kupu-kupu ini disebut probosis.

5. Migrasi

Bisa dibilang hampir sama seperti bangau, kupu-kupu juga bisa bermigrasi. Kupu-kupu mampu melakukan migrasi hingga bekilo-kilo meter untuk mencari lokasi yang lebih hangat jika didaerahnya sedang musim dingin. Dan kemudian dia akan kembali ke lokasi asalnya saat musim semi sudah kembali tiba.

Kupu-kupu membutuhkan udara yang hangat karena dia hanya bisa terbang dengan suhu tubuh diatas 30 derajat celcius. Jika dibawah itu dia tidak akan bisa terbang.

Kupu-kupu memang hewan yang sangat unik. Tak hanya bentuknya yang memiliki keindahan menawan, ada banyak keunikan lain yang dimilikinya.

Demikian sedikit ulasan tentang keunikan kupu-kupu. Selamat mengagumi bagaimana uniknya hewan ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.