8 Fakta Unik Kuda Nil yang Mengagumkan

Siapa yang tak kenal dengan Kuda Nil? Di Indonesia, kita akan melihat hewan yang satu ini di kebun binatang. Meskipun memliki tampilan yang menyeramkan, tetapi Kuda Nil ini ternyata memiliki beberapa sifat unik. Apa sajakah keunikan yang dimiliki Kuda Nil? Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Kuda Nil?

Kuda Nil termasuk ke dalam hewan mamalia bertubuh besar yang memiliki kebiasan memakan rumput dan berendam di dalam air. Karena memang habitat mereka adalah di lumpur dan air.

Sepanjang hari mereka akan memilih untuk berada di dalam air baik itu untuk beristirahat maupun berkelahi dengan kawanannya. Biasanya Kuda Nil akan memilih sungai, danau atau air tawar ntuk menjadi habitat mereka.

Keunikan yang Dimiliki Oleh Kuda Nil

1. Memiliki Habitat di Dalam Lumpur dan Air

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa Kuda Nil menghabiskan waktu siang harinya untuk berada di dalam lumpur atau air. Aktifitas yang biasa dilakukan Kuda Nil di dalam air misalnya tidur, proses reproduksi, melahirkan dan juga berkelahi dengan kawanannya.

Umumnya Kuda Nil akan tinggal secara berkelompok mencapai 30 Kuda Nil. Jika sepanjang hari dihabiskan untuk berendam di dalam air, maka sebaliknya saat malam hari Kuda Nil akan keluar dari dalam air kemudian makan dalam jumlah banyak.

2. Memiliki Kemampuan Menyelam yang Hebat

Karena habitat mereka di dalam lumpur dan air, maka tak diragukan lagi kemampuan menyelam yang dimiliki oleh Kuda Nil memang sangat luar biasa.

Meskipun Kuda Nil juga bernapas menggunakan paru – paru sama halnya dengan manusia, tetapi Kuda Nil memiliki kemampuan bertahan di dalam air lebih lama dibandingkan dengan manusia.

Jika manusia hanya sanggup bertahan di dalam air selama 1 menit, maka Kuda Nil mampu bertahan selama 5 menit. Bahkan bayi Kuda Nil pun juga dilahirkan di dalam air. Luar biasa bukan?

3. Tampilan Fisik yang Besar dan Menyeramkan

Kuda Nil memang sekilas terlihat menyeramkan. Dengan bobot tubuh mencapai 2.000 kg, tinggi sekitar 2 meter serta panjang tubuh 4 – 6 meter sehingga menjadikan Kuda Nil ini adalah hewan terbesar kedua setelah Gajah.

Tentunya hal ini akan membuat anda berpikir bahwa hewan ini merupakan hewan buas pemangsa daging. Tapi tahukah anda bahwa ternayata Kuda Nil merpakan herbivora alias pemakan rumput. Namun terlepas dari itu, Kuda Nil memang termasuk hewan yang sangat sensitif terhadap predator.

Kuda Nil memiliki gigi yang besar serta gading yang mampu tumbuh hingga1 meter. Sedangkan mulutnya mampu terbuka lebar hingga mencapai 150 derajat (sekitar 1,3 meter).

4. Memiliki Kebiasaan Berendam Di Dalam Lumpur

Selain di dalam air, Kuda Nil juga gemar sekali berendam di dalam lumpur. Hal ini mereka lakukan untuk melindungi tubuhnya ketika berendam, karena Kuda Nil bisa menghabiskan sepanjang hari untuk berendam.

5. Memiliki Keringat Berwarna Kemerahan

Meskipun tidak memiliki kelenjar keringat, tetapi Kuda Nil mampu mengeluarkan lendir yang bisa menggantikan keringat. Jika keringat manusia berwarna kuning agak bening, maka berbeda dengan Kuda Nil.

Keringat Kuda Nil berwarna merah cenderung kental. Kuda Nil bermanfaat sebagai antiseptik sekaligus sebagai tabir surya untuk melindungi kulit tubuhnya dari sengatan matahari.

6. Memiliki Kulit yang Sangat Tebal

Selain bertubuh besar, Kuda Nil juga memiliki kulit yang sangat tebal yaitu mencapai 3,5 cm. Tak heran jika Kuda Nil merupakan salah satu hewan yang tidak akan tembus oleh peluru.

7. Memiliki Kemampuan Lari yang Sangat Cepat

Tak hanya memiliki keahlian berendam didalam air dalam waktu yang lama, ternyata Kuda Nil juga mempunyai kemampuan lari yang cepat. Tubuh besar serta hobinya yang bermalas – malasan di dalam lumpur dan air berbanding terbalik dengan kempuan berlarinya yakni mampu berlari 30 km per jam, bahkan lebih cepat dari kemampuan lari manusia.

8. Mampu Bertahan Hidup Lama

Karena Kuda Nil memiliki kebiasaan makan dalam jumlah yang banyak setiap harinya, maka tak heran Kuda Nil mampu bertahan hidup hingga 50 tahun.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.