8 Fakta Unik Kuda Laut Yang Harus Anda Tahu

Kuda laut termasuk dalam golongan ikan hidup di laut. Mungkin sebagian besar dari Anda belum pernah melihat secara langsung kuda laut ini karena keberadaannya terletak di dalam laut atau di terumbu karang dan berenang bebas di dalam air laut.

Kuda laut memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil. Bahkan ukurannya berkisar antara 16 mm hingga 35 cm tergantung spesies kuda laut tersebut. Kuda laut bisa banyak ditemukan di perairan tropis dan menengah yang tersebar di seluruh dunia.

Dibalik bentuk tubuhnya yang kecil, ternyata kuda laut memiliki banyak keunikan. Berikut ini akan dijelaskan keunikan kuda laut yang mungkin belum diketahui.

1. Memiliki Warna Tubuh Yang Transparan Sebagian

Keunikan kuda laut terletak pada tubuhnya yang sebagian transparan bahkan ada beberapa spesies kuda laut yang tubuhnya transparan seluruhnya sehingga tidak bisa dilihat secara jelas. Kuda laut memiliki sirip dorsal yang berada dibagian bawah serta sirip pektoral pada bagian kepala dekat insang.

2. Memiliki Cara Berenang Yang Unik

Keunikan kuda laut juga terdapat pada cara berenangnya yang berbeda dengan ikan meskipun kuda laut ini termasuk dalam jenis ikan. Kuda laut biasanya berenang dengan cara bergerak di dalam air dan mengubah isi udara dalam katung renangnya. Ketika kantung renang rusak maka kuda laut dapat tenggelam. Keunikan kuda laut ketika berenang juga terlihat ketika berenang tubuhnya akan tegak dan sambil menganggukkan kepalanya.

3. Mampu Melihat Dua Benda Pada Saat Yang Bersamaan

Keunikan kuda laut juga terdapat pada penglihatannya yaitu mampu melihat dua benda pada waktu yang sama. Hal tersebut disebabkan oleh mata kuda laut yang dapat bergerak ke segala arah sehingga kuda laut bisa melihat benda-benda tanpa harus menggerakkan kepalanya.

4. Warna Tubuh Yang Berwarna-warni

Keunikan kuda laut juga berupa tubuh yang berwarna-warni yaitu merah, hijau, kuning dan bahkan bisa berubah menurut sinar matahari yang mengenai tubuhnya. Meskipun memiliki beberapa warna, akan tetapi beberapa spesies kuda laut justru memiliki tubuh yang transparan.

Warna warni tubuh pada Kuda Laut sangat indah karena itu ngga bosan melihatnya atau memelihara Kuda Laut di dalam Aquarium.

5. Kulit Luar Yang Kuat

Meskipun memiliki tubuh yang kecil bahkan ada yang transparan, ternyata kuda laut mempunyai pelindung dibagian kulitnya. Pelindung tersebut tersusun dari tulang dan dapat berfungsi untuk melindungi tubuh kuda laut dari berbagai bahaya dan ancaman musuh. Oleh karena itu pelindung ini sangatlah kuat dan tidak mudah untuk dihancurkan.

6. Spesies Jantan Kuda Laut Dapat Hamil

Keunikan kuda laut yang berbeda dengan hewan lain adalah kemampuan kuda laut jantan untuk hamil dan melahirkan. Kuda laut jantan mempunyai kantung perut berukuran besar dan mampu membuka dibagian bawah perutnya. Pada saat proses pembuahan, kuda laut betina akan meletakkan telur-telurnya di dalam perut kuda laut jantan untuk dibuahi.

Kantung perut pada kuda laut jantan memiliki lapisan seperti spons dan berisi banyak pembuluh darah dan dapat digunakan untuk memberi makanan embrio yang diletakkan oleh kuda laut betina. Embrio tersebut akan mengalami perkembangan selama 10 hari hingga 6 minggu di dalam kantung kemudian akan dilahirkan oleh kuda laut jantan.

7. Kuda Laut Adalah Pasangan Yang Setia

Kuda laut adalah pasangan yang setia dan tidak berganti pasangan. Keunikan kuda laut tersebut membuat kuda laut memiliki sifat monogami dan akan terus setia pada pasangannya hingga kuda laut tersebut mati.

8. Bermanfaat Untuk Menyembuhkan Penyakit

Kuda laut telah banyak digunakan oleh penduduk China sebagai bahan pembuatan obat. Kandungan yang terdapat dalam tubuh kuda laut, dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti gangguan penapasan, penyakit saraf, gangguan pencernaan dan meningkatkan gairah.

Itulah penjelasan mengenai keunikan kuda laut yang mungkin belum banyak diketahui oleh manusia. Meskipun berukuran kecil, ternyata kuda laut memiliki banyak keunikan dan bisa bermanfaat untuk pengobatan penyakit.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.