12 Fakta Unik Kelinci, Hewan yang Lucu dan Menggemaskan

Hewan yang berbulu tebal, lucu, imut-imut dan menggemaskan ini memiliki banyak fakta unik yang mungkin tidak Anda ketahui. Mau tahu apa saja? Simak artikel di bawah ini.

Fakta Unik Kelinci

1. Tentang Gigi Kelinci

Mungkin Anda pernah melihat seseorang yang memiliki sepasang gigi depan yang lebih besar dan panjang yang mirip kelinci sehingga disebut gigi kelinci. Tahukah Anda bahwa gigi kelinci tersebut akan terus saja tumbuh memanjang keluar.

Giginya tidak tanggal. Dengan gigi yang besar tersebut, kelinci bisa menggigit tangan manusia hingga putus. Gigi yang demikian, kelinci memiliki kemampuan mengunyah makanan 120 kali dalam satu menit.

2. Kelinci Tidak Bisa Muntah

Mirip dengan tikus, kelinci merupakan hewan yang akan menelan serta mengolah makanan yang masuk dalam tubuhnya. Dengan keadaan yang demikian, kelinci sering dijadikan sebagai binatang percobaan di laboratorium.

3. Usia Hidup yang Lama

Jika Anda menginginkan kelinci sebagai hewan peliharaan, Anda bisa agak berbahagia. Pasalnya, hewan ini tergolong mempunyai usia hidup yang relatif panjang, yaitu sekitar 10 tahun. Dengan usia yang panjang ini, Anda bisa menjadikannya sebagai teman hidup.

4. Kelinci tidak Termasuk Hewan Pengerat

Gigi kelinci yang besar dan memanjang kadang membuat kelinci diidentikkan dengan hewan pengerat seperti halnya dengan tikus. Akan tetapi sebenanya, kelinci tidak termasuk dalam hewan pengerat. Kelinci memang masuk ke dalam ordo lagomorpha yang memiliki kemiripan dengan hewan pengerat.

5. Kelinci Meniru Kucing

Baik kucing maupun kelinci adalah hewan yang sama-sama menggemaskan dan lucu. Kelinci memiliki kemampuan dengan baik untuk meniru kucing. Kelinci bisa meniru gerak-gerik maupun suara kucing.

6. Pakan Jerami

Jika Anda memelihara kelinci, sebaiknya Anda memberikan jerami sebagai pakan selingan. Kelinci kerap menelan bulunya sendiri. Hal ini berpotensi menjadikan adanya gulungan bulu di perutnya. Hadirnya jerami yang memiliki kandungan serat bisa membantu pencernaan makanan dalam perut kelinci yang lalu akan keluar bersama dengan kotoran.

7. Kelinci yang Subur

Barangkali sudah banyak yang tahu tentang kebiasaan kawin kelinci. Hal inilah yang menyebabkan kelinci dijadikan lambang kesuburan. Ternyata, kelinci memang memiliki kemampuan melahirkan yang cukup wow. Dalam setahun, mereka bisa melahirkan sebanyak delapan kali.

8. Kelinci Memiliki Pendengaran yang Tajam

Hewan ini tidak perlu memutar kepalanya ke belakang demi mengetahui apa yang sedang terjadi. Hal ini karena pendengarannya yang sangat tajam.

9. Kelinci Bisa Osteoporosis

Ternyata tidak cuma manusia yang dapat memiliki penyakit tulang keropos atau osteoporosis. Jika kurang gerak, kelinci bisa mengalami pengeroposan tulang. Oleh karena itu dalam sehari, kelinci harus bergerak setidaknya selama 4 jam.

10. Anak Kelinci Akan Tertidur Hingga Dibangunkan Induknya

Oleh induknya, anak-anak kelinci disembunyikan di semak-semak agar terhindar dari predator. Mereka akan tertidur hingga induknya membangunkan. Dalam sehari, sang induk biasanya menyusui sekali.

11. Perkawinan Kelinci Harus pada Jam Dingin

Memang kelinci bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Akan tetapi, suhu yang ada di sekelilingnya berpengaruh terhadap keberhasilan perkawinan. Proses perkawinan kelinci yang baik terjadi di saat temperatur dingin yaitu sekitar puku 6 pagi hingga 8 pagi atau 6 sore hingga 8 malam.

12. Kelinci Pemecah Rekor

Ada beberapa kelinci yang memecahkan rekor. Kelinci yang memiliki rekor lompatan tertinggi mampu melompat setinggi 1 meter. Sedangkan lompatan terjauh adalah dengan jarak 3 meter. Sementara itu, kelinci paling panjang ada di Amerika Utara dengan panjang 31,125 inchi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.