7 Fakta Unik Kelelawar, Mamalia yang Dapat Terbang

Apakah Anda pecinta film Batman? Lalu, tahukah Anda mengapa tokoh Batman memilih kelelawar sebagai simbolnya? Sang tokoh jagoan memilih binatang yang aktif di malam tersebut sebagai simbolnya tak lepas dari kehebatan binatang kelelawar.

Fisiknya yang tidak cantik serta kebiasaannya yang aktif di malam hari atau nocturnal, membuat kelelawar diidentikkan dengan hal-hal yang menyeramkan. Berdasarkan kebiasaan aktif di malam hari inilah, kelelawar sering digunakan dalam pembuatan film-film horor.

Memang, secara fisik atau kasat mata, kelelawar bukanlah binatang yang terlihat cantik apalagi menawan. Namun, dibalik tampilannya yang sedikit menyeramkan, justru tersimpan beberapa kehebatan dibanding dengan binatang lainnya. Kehebatan-kehebatan tersebut yakni:

1. Mamalia yang Dapat Terbang

Umumnya, hewan mamalia atau menyusui, tidak dapat terbang. Akan tetapi, pernyataan ini tidak berlaku untuk kelelawar. Binatang mamalia ini memiliki sayap, sehingga memudahkannya untuk terbang dan berpindah tempat. Inilah kehebatan binatang kelelawar dibandingkan dengan mamalia lainnya.

2. Terbang dengan Penglihatan yang Buruk

Meski memiliki kemampuan terbang yang tidak dimiliki hewan mamalia lainnya, namun bukan berarti kelelawar dilengkapi pula dengan penglihatan yang tajam. Justru penglihatan kelelawar dapat dikatakan buruk alias tidak dapat melihat dengan baik.

Inilah kehebatan binatang kelelawar. Meski penglihatannya buruk, namun ia tidak pernah menabrak pada saat terbang. Hal ini dikarenakan kelelawar tidak menggunakan penglihatan pada saat mengawasi lingkungan sekitarnya, melainkan menggunakan indera pendengarannya. Cara inilah yang disebut eko lokasi.

Kelelawar mengenal situasi lingkungan sekitarnya, baik pada saat diam maupun terbang, dengan cara mengeluarkan gelombang suara pada frekuensi tinggi, yakni 100 ribu Hz. Gelombang suara akan dipantulkan kembali oleh benda yang ada disekitarnya.

Dari pantulan gelombang suara inilah, kelelawar dapat mengetahui jarak benda yang ada di sekitarnya, sehingga tidak menabrak pada saat terbang. Kehebatan binatang kelelawar inilah yang mengilhami manusia dalam menciptakan tongkat bagi tuna netra.

3. Lepas Landas Layaknya Pesawat

Kehebatan binatang kelelawar tak hanya terbang tanpa melihat dengan jelas, namun, ia dapat lepas landas dengan cepat layaknya pesawat. Kehebatan binatang kelelawar ini disebabkan kondisi otot dan tendon pada sayapnya.

Apabila tendon pada mamalia, termasuk manusia, umumnya tebal dan kaku, beda dengan kelelawar. Tendon kelelawar tidak tebal. Kondisi ini memungkinkan kelelawar dapat menyimpan energi pada ototnya, sehingga dapat memberikan energi ekstra kepada kelelawar pada saat memulai terbang atau lepas landas.

4. Pembasmi Hama

Kehebatan binatang kelelawar tidak hanya sampai cara ia tebang. Sebagai hewan pemakan segalanya atau omnivora, kelelawar juga memiliki kegunaan sebagai pembasmi hama pertanian. Kelelawar tak hanya makan buah-buahan, tetapi juga serangga. Salah satu hama yang dapat dibasmi dengan kelelawar adalah hama wereng. Karena itulah hasil panen padi yang sawahnya berada di sekitar gua tempat tinggal kelelawar lebih baik dari daerah lain.

5. Membantu Penyerbukan

Kelelawar tak hanya membantu petani dalam membasmi hama, tetapi juga dapat membantu penyerbukan serta penyebaran bibit. Ada lima puluh dua jenis pohon yang diuntungkan kelelawar untuk proses penyerbukan maupun penyebaran bibitnya, diantaranya yakni durian, mangga, rambutan duku serta pisang. Tak hanya buah-buahan, beberapa tumbuhan penghasil kayu dan obat, juga bergantung pada kelelawar di dalam penyebaran bibitnya.

6. Mampu Berjalan, Berlari, Berenang dan Melompat

Kehebatan binatang kelelawar yang kelima ini lah yang mungkin mengilhami penciptaan tokoh Batman. Kelelawar ternyata tak hanya pintar terbang, melainkan juga pintar berjalan, berlari, berenang serta melompat. Dengan kehebatan ini, maka kelelawar termasuk hewan yang pandai bertahan di segala medan.

Ternyata, kehebatan binatang kelelawar tak hanya mengilhami penciptaan tokoh Batman, melainkan juga mengilhami banyak pencipta robot. Termasuk robot yang membantu pencarian korban bencana.

7. Manfaat Kelelawar Bagi Kesehatan

Kehebatan binatang kelelawar tidak sebatas kemampuan terbang serta bertahan hidup di segala medan, namun, daging kelelawar ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya ialah dapat menyembuhkan penyakit asma, Daging kelelawar dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit asma.

Hal ini karena daging kelelawar mengandung senyawa kitotefin. Senyawa inilah yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit asma.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.