4 Fakta Unik Katak, Hewan yang Bisa Hidup di Dua Alam

Kita semua sudah mengenal katak sebagai binatang yang kotor, yang membuat jijik siapa saja yang melihatnya. Hal ini karena katak atau sering juga kita menyebutnya kodok, sering berada di tempat-tempat yang kotor, seperti di rawa-rawa, di got, bahkan kadang-kadang juga bisa kita lihat di lumpur.

Mengapa kita kadang-kadang melihat katak ada di rumput, terkadang kita melihatnya di atas bunga teratai yang tumbuh di atas air, dikarenakan katak merupakan binatang yang dapat hidup di 2 tempat yang berbeda, di 2 alam, yaitu di darat dan di air, atau dinamakan juga binatang amphibi.

1. Amfibi

Katak merupakan salah satu binatang yang mempunyai kemampuan hidup di 2 alam yang berbeda, sehingga karena hal tersebut katak mempunyai kulit dan struktur tubuh yang sangat berbeda dibandingkan dengan kulit binatang lainnya.

2. Banyak Spesies

Ada banyak jenis katak yang hidup di dunia ini. Ada yang ukurannya kecil, ada juga katak dengan bentuk tubuh yang sangat besar. Katak mempunyai warna yng beragam di tubuhnya. Kadang-kadang katak hanya mempunyai 1 warna, tetapi kita juga bisa menjumpai katak dengan tubuh yang dipenuhi lebih dari 1 warna, bisa 2 atau bahkan 3 warna. Tetapi ada juga binatang katak yang tidak mempunyai warna di tubuhnya.

Namun bukan berarti karena jenisnya yang banyak tersebut strukturnya akan berbeda juga. Karena katak-katak tersebut tetap mempunyai struktur tubuh yang sama satu sama lainnya.

Disamping mempunyai perbedaan dari struktur tubuhnya, yang tidak dipunyai oleh binatang yang lain, katak juga mempunyai bermacam-macam keunikan lagi.

3. Gaya Berenang yang Unik

Katak mempunyai gaya berenang yang lain daripada yang lain, yang sangat unik. Dari gaya berenang katak yang sangat unik itulah, menjadi bahan inspirasi bagi para perenang handal di muka bumi ini untuk membuat suatu gaya berenang yang unik pula. Saat ini kita sudah sangat mengenal gaya renang tersebut, yaitu renang gaya katak.

Keunikan dari bentuk tubuh katak juga bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan pembuat kendaraan bermotor, dalam hal ini mobil. Produsen mobil dengan merk VW membuat salah satu seri/ jenis dari VW tersebut menyerupai bentuk tubuh katak. Sehingga serian VW dengan jenis itu dikenal dengan nama VW kodok.

Perusahaan pakaian jadipun tidak mau kalah dalam hal menyerap inspirasi dari binatang katak ini. Mereka membuat suatu model pakaian yang biasanya banyak dipakai oleh anak-anak. Model pakaian anak tersebut kita kenal sekarang dengan nama baju kodok.

4. Dapat Mengatur Suhu Tubuh

Sebagai binatang amphibi, katak mempunyai kemampuan untuk mengatur suhu tubuhnya dengan sebaik mungkin. Apabila setelah berada di tempat berair katak ingin mengeringkan tubuhnya, maka katak hanya perlu berjemur di atas sinar matahari atau di atas daratan yang tidak terlalu panas, beberapa saat saja, maka tubuh katakpun akan hangat kembali.

Begitu pula sebaliknya jikalau katak kepanasan lalu ingin tubuhnya menjadi dingin, maka katak hanya perlu berada di tempat yang udaranya dingin, di tempat yang tidak banyak terkena sinar panas matahari.

Keunikan lain yang dapat kita jumpai pada katak adalah pada warna kulitnya yang dapat berfungsi untuk mengatur panas. Jika katak merasa kepanasan, katak tinggal memilih tempat dengan udara yang lembab. Karena di udara lembab itulah kulit katak akan berubah gelap. Bahkan kita dapat menjumpai jenis katak dengan warna kulit yang putih. Hal tersebut dilakukan jenis katak itu untuk mengurangi rasa panas di tubuhnya. Jenis katak itu kita kenal namanya dengan katak Chiromantis Xerampelina.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.