7 Fakta Unik Kalajengking, Hewan Berbisa yang Mematikan

Keunikan Kalajengking terdapat pada bentuk tubuhnya dan menjadi ciri khas hewan ini. Keunikan kalajengking mampu membuat takut banyak orang karena terlihat sangat seram. Kalajengking merupakan kelompok hewan beruas yang memiliki kaki berjumlah delapan.

Kebanyakan orang melihat kalajengking dari sudut pandang bahwa hewan ini berbahaya, namun dibalik itu semua terdapat 7 keunikan Kalajengking yang bisa menambah pengetahuan Anda, berikut penjelasannya.

1. Jumlah Spesies

Keunikan kalajengking dimulai dari jumlah spesiesnya yang sangat banyak yaitu sekitar 2.000 spesies. Semua spesies tersebut berbeda antara satu dengan lainnya meskipun sekilas terkadang jika dilihat adalah sama. Seekor kalajengking memiliki alat penyengat dan terdapat kelenjar racun didalamnya.

Diantara jumlah semua spesies kalajengking tersebut terdapat 40 hingga 50 spesies yang memiliki racun sangat berbahaya dan dapat membuat seorang manusia meninggal dunia.

2. Kategori Hewan Nocturnal

Keunikan kalajengking berikutnya adalah hewan ini berasal dari keluarga laba-laba. Kalajengking termasuk dalam hewan nocturnal, dengan ukuran tubuh panjangnya 2,5 hingga 50 cm.

Semakin besar ukuran kalajengking maka akan terlihat seram bagi manusia, padahal melihat Kalajengking ukuran kecil saja sudah membuat jantung berdetak kencang dan ingin pergi menjauh atau membunuh kalajengking tersebut agar tidak menyengat tubuh manusia.

3. Tempat Favorit Kalajengking

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa kalajengking sangat menyukai tempat yang berasal dari kain. Kalajengking sangat menyukai benda-benda seperti sepatu, pakaian dan celana untuk mereka bersembunyi.

Anda harus waspada jika menaruh benda-benda yang berasal dari kain, sebaiknya jangan menaruhnya sembarangan dan tidak tertata rapi. Tak lupa sebelum memakainya untuk mengecek terlebih dahulu agar aman dari kalajengking.

4. Jumlah Mata

Perlu Anda ketahui bahwa kalajengking ternyata memiliki mata yang jumlahnya 10. Keunikan kalajengking tersebut tidak membuat penglihatan kalajengking semakin lebih jelas melainkan tetap memiliki penglihatan yang buruk.

Walaupun Kalajengking mempunyai banyak mata, tetapi hal itu tidak membuat penglihatan Kalajengking terlihat jelas.

5. Jenis Kulit

Kulit Kalajengking mempunyai bahan yang disebut sebagai florescent. Bahan tersebut dapat membantu kalajengking berubah warna menjadi hitam ketika terkena sinar ultraviolet. Keunikan kalajengking ini tentu saja membuat hewan ini semakin berbeda dan unik dibanding dengan hewan lain sejenisnya.

6. Binatang Agresif

Keunikan Kalajengking yang lain bisa dilihat setelah masa kawin antara kalajengking jantan dan betina. Setelah masa kawin, kalajengking betina akan berubah menjadi lebih agresif dan yang paling unik adalah kalajengking betina dapat memakan pasangannya yaitu kalajengking jantan. Kalajengking betina yang kelaparan dapat pula memakan anak-anaknya.

7. Habitat Yang Unik

Habitat Kalajengking paling banyak dapat ditemukan di gurun pasir. Gurun pasir sebagai tempat tinggal asli kalajengking membuat hewan ini mampu bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama tanpa makan dan minum. Kebiasaan ini berlaku untuk semua spesies kalajengking di dunia.

Itulah penjealsan mengenai 7 fakta unik dari hewan kalajengking yang dapat menambah wawasan Anda. Keunikan kalajengking tersebut dapat pula membantu Anda agar lebih waspada untuk mencegah kalajengking masuk ke dalam rumah dengan selalu membersihkan dan merawat rumah dengan baik. Tatalah perabotan rumah dan perlengkapan secara rapi agar kalajengking tidak mudah bersembunyi dibalik benda-benda tersebut.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.