9 Fakta Unik Kaktus, Tumbuhan Berduri Khas Padang Pasir

Nama kaktus berasal dari kata kaktos yang merupakan bahasa yunani, artinya tanaman berduri. Catatan mengenai tabnaman kaktus ini pertama kali ditemukan pada buku di abad ke-16 yang mendefinisikan kaktus sebagai tanaman dengan duri khas dan buah yang unik.

Semua tentu mengenal tanaman yang tubuhnya dipenuhi dengan duri ini. Bahkan sebagian dari anda mungkin memilikinya sebagai hiasan di rumah anda. Namun, apakah anda tahu bahwa tanaman ini memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh tanaman lain?

Fakta Unik Kaktus

Nah, unutk mengetahui keunikan – keunikan apa saja yang dimiliki oleh tanaman ini mari kita baca bersama tulisan berikut.

1. Memiliki daun

Sebagian dari anda tentu tidak setuju dengan pernyataan ini. Karena memang kaktus tampak tidak memiliki daun, hanya duri – duri saja yang menutupi seluruh tubuhnnya. Namun sebenarnya kaktus memiliki daun. Duri pada kaktus itulah daunnya.

Bentuk daun kaktus seperti duri memiliki tujuan untuk mengurangi proses penguapan air yang berlebihan. Panjanag duri kaktus bervariasi. Bisa mencapai 15 cm pada varietas tertentu. Beberapa duri kaktus m emiliki warna yang sangat terang. Hal tersebut juga memiliki fungsi, yaotu memnatulkan sinar matahari. Dengan demikian suhu kaktus dapat terjaga.

Keberadaan daun kaktus yang berbentuk duri ini juga sangat berfungsi untuk melindiungi kaktus dari hewan – hewan yang ingin mendapatkan air dari kaktus.

2. Memiliki akar yang rumit

Akar kaktus memang terletak tidak terlalu dalam dari permukaan. Namun panjang akar kaktus bisa mencapai diameter 2 meter, mengelilingi kaktus. Tujuannya tentu saja unutk memperoleh air dan cadangan makanan secara maksimal.

3. Batang kaktus dilapisi lilin

Lapisan lilin yang terdapat dalam btang kaktus bertujuan untuk dapat mengurangi penguapan air. Dengan demikian cadanagn air pada tubuh kaktus tidak akan habis dengan cepat.

4. Memiliki fungsi sebagai reservoir

Ya, kaktus menag dapaat berfungsio sebagai penyimpan cadangan air alami. Cadangan air dalam tubuh kaktus disimpan dalam bentuk seperti cairan kental dan aman dikonsumsi oleh manusia.

5. Dapat berumur hingga 300 tahun

Hal ini dapat terjadi karena tanaman kaktus memiliki fase istirahat sesudah fase pertumbuhannya.

6. Dijadikan Selai

Itulah beberapa keunikan yang dimiliki oleh tanaman kaktus. Selain keunikan tersbeut ada lagi hal yang belum tentu anda ketahui. Kaktus dapat dijadikan acar dan juga selai. Jenis kaktus Opuntia seringkali dibuat selai dan disebut dengan queso de tuna. Kaktus opuntia diambil buah dan juga batang mudanya untuk kemudian diolah menjadi selai.

7. Dijadikan Acar

Selain dimanfaatkan sebagai selai, buah dan batng kaktus dapat dijadika acar dalam cuka. Tentu setelah sebelumnya dikuliti dan dikukus terlebih dahulu. Opuntia juga dpaat dimanfaatkan sebagai kosmetik dan bahan obat – obatan.

8. Dijadikan Tepung

Pada jaman dahulu tepung juga ada yang berasal dari olahana tanaman kaktus. Khususnya kaktus jenis carnigiea. Namun saat ini tepung berbahan dasar kaktus telah jarang digunkan. Karena masyarakat lebih menyukai tepung dari olahan jagung. Membuatnyapun lebih mudah.

9. Dijadikan Permen

Selain dijadikan selai, acar, dan tepung, masih ada lagi kegunaan tanaman kaktus. Yaitu sebagai permen. Ya, tentu mngejutkan karena kita tidak pernah menemui permen dari kaktus. Namun hal tersebut benar adanya. Jenis kaktus yang dapat dijadikan permen ialah jenis echinocactus platycanthus. Ynag dimanfaatkan ialah akarnya.

Ternyata sangat banyak ya keunikan dan kegunaan dari tanaman kaktus ini. Semoga manusia dapat memanfaatkannya dengan baik dan mencegah jenis tanaman unik ini dari kepunahan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.