7 Fakta Unik Jerapah, Salah Satu Hewan Tertinggi di Dunia

Jerapah merupakan hewan tertinggi di dunia dengan memiliki ciri khas yaitu lehernya yang sangat panjang. Hewan ini menjadi mamalia tertinggi di dunia, berkat leher dan kakinya yang panjang.

Dengan memiliki leher yang panjang maka dapat mempermudah jerapah dalam mengambil makanan berupa dedaunan pada pohon tanpa harus bersusah payah. Bahkan hewan ini memiliki keunikan yaitu mampu menahan untuk tidak minum dalam jangka waktu yang cukup lama.

Fakta Unik Jerapah

Jerapah biasanya banyak ditemukan di Afrika, akan tetapi Anda bisa langsung melihat jerapah di berbagai kebun binatang di Indonesia.

Melihat jerapah mungkin yang terbesit dalam ingatan adalah bentuknya yang unik dan tidak berbahaya. Dibalik keunikan jerapah dengan leher panjangnya, terdapat beberapa keunikan jerapah yang perlu diketahui.

1. Jantung

Keunikan jerapah yang pertama adalah hewan ini memiliki jantung yang dapat memompa darah hingga 600 liter dalam waktu 1 menit. Jumlah kemampuan memompa darah yang sangat besar untuk sebuah jantung.

2. Leher dan Kaki

Jerapah memiliki leher dan kaki yang panjang. Meskipun leher jerapah sangat panjang namun jumlah ruas tulang leher jerapah sama dengan manusia yaitu berjumlah tujuh ruas.

Keunikan jerapah ini mampu menarik lawan jenisnya karena semakin tinggi leher jerapah jantan maka akan semakin menarik bagi jerapah betina.

Jerapah memiliki ciri fisik yang unik selain memiliki leher yang panjang, jerapah memiliki kaki yang lebih panjang bagian depannya dibanding kaki belakangnya.

3. Penglihatan

Keunikan jerapah juga terletak pada penglihatannya yang mampu bekerja dengan baik. Berbeda dengan jenis hewan mamalia lainnya, jerapah justru memiliki penglihatan yang baik dan dapat digunakan untuk menjaga kawanannya dan dapat digunakan untuk mengintai musuh.

4. Tidur

Hewan biasanya membutuhkan waktu tidur yang cukup lama seperti manusia. Berbeda dengan jerapah, hanya mampu tidur selama 15 menit sampai dua jam dalam satu hari karena bentuk leher jerapah yang panjang dan tegak.

Bahkan karena lehernya yang panjang, jerapah tidak bisa berbaring dan ketika melahirkan anaknya, jerapah melahirkan secara berdiri dan menjatuhkan anaknya ke tanah.

5. Minum

Keunikan jerapah yang berikutnya adalah hewan ini dapat bertahan tanpa minum air karena hewan ini memiliki cadangan air yang terletak pada bagian punggungnya.

Bahkan keunikan jerapah ini dapat bertahan tanpa air dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan unta. Dalam satu kali minum, jerapah dapat menghabiskan sekitar 12 galon air. Selain itu, kebutuhan air pada jerapah juga bisa diperoleh dari berbagai tumbuhan yang dimakan.

6. Tendangan

Meskipun terlihat tidak berbahaya, namun ternyata jerapah memiliki pertahanan yang kuat terhadap musuh dengan menggunakan tendangannya. Keunikan jerapah yaitu memiliki tendangan yang kuat bahkan mampu membunuh seekor singa yang ingin menyerang jerapah.

7. Lidah

Keunikan jerapah juga terletak pada ukuran lidahnya yang panjang. Lidah jerapah dapat mencapai panjang sekitar 12 inchi. Lidah ini berfungsi untuk membantu jerapah dalam mengambil makanan dari pohon serta membantu proses pelumatan makanan di dalam rongga mulut.

Melalui lidahnya yang panjang jerapah memiliki kemampuannya untuk membersihkan kotoran pada telinga karena lidahnya yang panjang mampu digunakan untuk menjilati telinganya sendiri sehingga kotoran dalam telinga jerapah bisa bersih.

Itulah penjelasan mengenai keunikan jerapah sebagai hewan tertinggi di dunia. Selain keunikan jerapah yang bisa dilihat dari bagian fisiknya, ternyata jerapah memiliki banyak keunikan yang bisa menambah wawasan Anda untuk bisa mengenal lebih dekat hewan jerapah ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.