5 Fakta Unik Ikan Sapu Sapu, Ikan Pembersih Akuarium

Indonesia memiliki sangat banyak jenis ikan di lautnya. Bahkan dunia bawah laut Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di seluruh dunia. Ribuan jenis ikan air laut dan tawar terdapat di negara kita.

Dari ribuan jenis ikan tersebut ada satu jenis ikan yang terkadang kita pandang sebelah mata karena bentuknya yang memang tidak terlalu menarik. Ikan sapu-sapu. Ya, ikan yang satu ini memang tidak secantik ikan-ikan yang lain. Namun keunikan ikan ini patut kita ketahui.

Ikan sapu-sapu merupakan jenis ikan air tawar. Ikan ini terkenal sebagai ikan pemakan alga atu lumut walaupun sebenarnya ikan sapu-sapu ini ialah jnis ikan omnivora. Pemakan segala. Bentuk ikan yang memilki nama latin Hypotomus Plecostomus ini sangat beragam. Dengan corak yang beragam pula.

Ikan ini pada awalnya berasal dari Amerika dan termasuk dalam famili Loricariidae. Jenis ikan sapu-sapu ini sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia. Dalam perdagangan, lebih umum disebut dengan plecs.

Fakta Unik Ikan Sapu Sapu

Anda semua tentu tahu yang namanya ikan sapu-sapu. Ikan yang unik ini memang biasanya ada dalam aquarium atau kolam-kolam. Tujuannya tak lain untuk membantu membersihkan lumut. Ada beberapa hal menarik dan unik dari jenis ikan ini. Apa saja? Yuk kita cari tahu bersama.

1. Ikan Pemalas

Ya, ikan sapu-sapu memang dapat disebut ikan yang pemalas. Bandingkan saja dengan ikan jenis lain yang dengan lincahnya berena kesana kemari. Ikan sapu-sapu ini seringkali hanya menghab iskan waktunya dengan menempel di dasar aquarium atau dinding aquarium.

2. Daya tahan tubuh kuat

Ikan sapu-sapu dapat hisup dengan kondisi air yang kualitasnya buruk. Jika aquarium anda tidak anda bersihkan, tentu ikan-ikan lain mulai mati statu persatu. Namun tidak demikian adanya dengan ikan sapu-sapu. Ikan sapu-sapu bahkan masih dapat bertahan hidup dalam air yang telah tercemar dengan polutan.

Hal tersebut membuat ikan sapu-sapu ini tidak layak untuk dikonsumsi. Apalagi yang hidup di air tercemar. Menurut penelitian, ikan sapu-sapu yang hidup di air yag telah tercemar pad tubuhnya terkadnung merkuri, timbal dan berbagai jenis logam berat lainnya. Tentu saja akan menimbulkan efek negatif jika dikonsumsi oleh manusia.

3. Cinta Damai

Mayoritas ikan sapu-sapu tidak akan berperang dengan jenis ikan lain.Itulah kenapa dapat dimasukan ke dalaam aquarium anda dengan berbagai jenis ikan lainnya. Namun demikian ada 1 jenis ikan sapu-sapu yang kerap melukai ikan lain. Yaitu jenis common pleco.

Meskipun demikian kadang kita lihat bahwa ikan sapu-sapu kerap menyakiti ikan yang lain. Biasanya hal tersebut terjadi karena ikan sapu-sapu kehabisan bahan makanan seperti lumut. Jika demikian makan ikan sapau-sapu kaan menempel pada ikan lain.

4. Suka makan timun

Anda tentu tidak menyangka bahwa ikan pemalas ini senang makan timun. Ternnyata tidak hanya kancil ya yang senang makan timun. Ikan sapu-sapu memang termasuk dalam jenis hewan omnivora. Ikan sapu-sapu akan memakan berbagai jenis makanan, namun timun menajdi kesukaannya. Tentunya setalah laga atau lumut.

5. Memiliki kumis

Kumis pada ikan sapu-sapu berfungsi untuk membedaklan ejnsi kelamin ikan trsebut. Perbaedaan kumis ikan sapu-sapu jantan dengan betina dapat dilihat dari panjang klumisnya. Panjang lkumis ikan sapu-sapu jantan cenderung lebih panjang jika dibandingkan dengan kumis ikan sapu-sapu betina.

Itulah beberapa fakta unik mengenai ikan sapu-sapu. Meskipun bentuknya tidak cantik namun ikan sapu-sapu memiliki fungsi yang sangat luar biasa. Yaitu untuk membantu anda menjaga lebersihan kolam atau aquarium anda. Tak ada salaahnya jika anda memasukkan 1 atau 2 ikan sapu-sapu untuk membantu anda menjaga kebersihan aquarium dan kolam anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.