8 Fakta Unik Ikan Lumba Lumba, Mamalia Laut yang Sangat Cerdas

Ikan lumba-lumba adalah hewan mamalia yang habitatnya di air, hewan ini sangat terkenal dan hampir semua orang menyukai hewan yang pintar, lucu dan menggemaskan ini.

Umumnya ikan lumba-lumba hidup di perairan hangat diseluruh dunia dan hampir bisa ditemui diseluruh perairan kecuali Samudra Arktik dan Samudra Selatan.

1. Banyak Spesies

Ada 43 spesies yang berbeda-beda dari ikan lumba-lumba yang telah diketahui, 38 diantaranya adalah lumba-lumba yang hidup di laut sedangkan 5 jenis lainnya adalah jenis lumba-lumba sungai yang hidup diair tawar. Lumba-lumba memiliki panjang tubuh sekitar 3 hingga 4 meter dan umurnya bisa mencapai 50 tahun.

2. Hidup Berkelompok

Mereka hidup berkelompok atau berkeluarga karena mereka sangat suka dengan persahabatan. Ikan lumba-lumba jantan biasa disebut bulls (banteng) dan yang betina disebut cows (sapi).

3. Reproduksi

Usia kematangan untuk berproduksi mereka berbeda-beda tergantung banyak faktor diantaranya lokasi dimana mereka tinggal, suhu air, serta sumber makanan. Untuk betina usia sekitar 5 sampai 13 tahun sedangkan jantan antara usia 9 sampai 14 tahun. Kehamilan lumba-lumba 9-17 bulan tergantung spesies.

Ketika akan melahirkan betina akan menjauh dari komunitas dan memilih hidup diperairan dangkal. Biasanya bayi lumba-lumba yang baru lahir akan dibawa kepermukaan oleh induknya agar bisa menghirup udara untuk bernapas.

Anak lumba-lumba akan selalu didekat induknya sampai mereka tumbuh semakin besar, karena hubungan batin induk dan anaknya sangat kuat. Induk lumba-lumba biasa memanggil anaknya dengan siulan khusus yang anak mereka langsung bisa mengenali.

4. Predator

Ikan lumba-lumba tergolong predator, makanan mereka bervariasi. Hampir semua hewan dilaut mereka makan mulai dari berbagai jenis ikan seperti mackerel, cod dan herring, plankton,krustasea,udang, anjing laut, penyu,singa laut dan cumi-cumi.

Lumba-lumba memiliki 100 buah gigi untuk mencari makanan, tetapi mereka tidak mengunyah melainkan langsung menelan mangsanya. Kebutuhan makan ikan lumba-lumba 4% sampai 5% dari bobot tubuhnya sedangkan untuk lumba-lumba yang sedang menyusui membutuhkan 8% dari bobotnya.

5. Pintar Melompat

Ikan lumba-lumba sangat pintar dalam melompat bahkan mereka bisa melompat sampai 30 kaki di udara. Saat berenang mereka mereka dapat mencapai kecepatan 60 km/jam. Karena kulitnya mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga hambatan dalam air semakin sedikit.

6. Berenang Ke Permukaan

Lumba-lumba berenang kepermukaan air pada interval tertentu untuk mendapatkan udara. Karena mamalia ini bernapas dengan paru-paru dan tidak bisa tidur nyenyak dibawah air karena mereka bisa tenggelam dan mati oleh karena itu mamalia ini setengah tidur sekitar 8 jam dalam sehari.

Lumba-lumba bernapas melalui lubang udara berkatup yang terdapat diatas kepalanya. Seperti manusia sebelum menyelam, lumba-lumba menghirup udara terlebih dahulu dan menahannya didalam paru-paru. Saat mereka muncul ke permukaan air setelah lama berada dalam kedalaman air, beberapa meter sebelumnya mereka akan menghembuskan udara dengan kuat melalui lubang udara yang berada diatas kepala sehingga terjadilah semburan air yang besar.

7. Mamalia Laut yang Cerdas

Ikan lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas. Di sisi lain sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sifat lumba-lumba ini menjadi sisi positif tersendiri, sangat ramah, bersahabat dengan manusia, memiliki kepandaian yang luar biasa.

Sistem pendengarannya juga sangat baik, boleh dibilang memiliki 10 x lipat lebih baik dari pada manusia. Tetapi dalam hal penciuman mamalia ini sedikit lemah bila dibandingkan dengan hewan lainnya. Indra penyentuhnya sangat sensitif ini sangat bermanfaat saat mereka berada bersama komunitasnya, ketika mencari makanan dan bisa menghindari dari bahaya.

8. Memiliki Perilaku Unik

Ikan lumba-lumba memiliki perubahan perilaku yang unik dan jika Kita jeli dan paham akan perubahannya akan mendapatkan manfaat yang banyak. Ketika akan terjadi gelombang panas atau gangguan lain dilaut atau tsunami mereka secara berkoloni akan pindah ketempat lain yang lebih aman.

Sayangnya, sekarang habitat lumba-lumba sudah sangat terancam, hampir semua jenis lumba-lumba terancam punah apalagi yang hidup di air tawar keberadaannya sudah sangat langka.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.