4 Fakta Unik Cicak, Beserta Klasifikasi, Ciri dan Jenis-jenisnya

Cicak merupakan jenis hewan yang biasa ditemui menempel pada dinding. Hewan yang satu ini cenderung memiliki ciri khas dan bentuk yang mungil. Namun tidak itu saja keunikan cicak yang dapat ditemukan.

Terdapat beberapa keunikan lain yang cukup mengagumkan. Hewan merayap ini juga mempunyai beberapa kemampuan yang tidak dapat dilakukan oleh hewan merayap lainnya.

Ciri-ciri Khusus Dan Klasifikasi Cicak

Cicak memiliki nama ilmiah Cosymbotus platyurus dan berasal dari kerajaan animalia. Hewan merayap berikut termasuk ke dalam kelas reptilia dengan ordo Squamata. Selain keunikan cicak, hewan ini juga mempunyai ciri-ciri khusus, di antaranya:

  1. Dapat melakukan autotomi atau sebuah kemampuan memutuskan ekornya. Hal ini dapat dilakukan oleh cicak namun tidak dapat dilakukan oleh tokek. Ekor diputuskan untuk tujuan melindungi diri dari musuh.
  2. Memiliki telapak kaki yang lengket, sehingga cicak dapat merayap dengan suka hati di dinding.

Jenis-jenis Cicak

1. Cicak dinding atau Cosymbotus platyurus

Untuk jenis cicak ini merupakan yang biasa Anda jumpai. Ciri-cirinya ialah memilih tubuh yang pipih lebar serta ekor yang lebar. Cicak dinding mempunyai warna abu-abu hingga kecokelatan, serta cicak jenis ini lebih bersih jika dibandingkan dengan jenis cicak kayu.

2. Cicak kayu atau Hemidactylus Frenatus

Cicak kayu ini juga biasa disebut dengan cicak pohon. Keunikan cicak yang satu ini berada pada bentuk tubuhnya yang lebih kurus dari cicak dinding, sedangkan ekornya berbentuk bulan disertai dengan 6 tonjolan yang menyerupai duri di bagian ekor. Tempat tinggal utamanya ialah kayu atau pohon.

3. Cicak gula

Keunikan cicak gula terletak pada jenis makanannya yang sesuai dengan namanya yakni gula. Cicak ini biasa dijumpai dalam gelas-gelas kopi, sehingga cicak ini juga dapat berkeliaran di sekitar rumah. Sehingga sulit dibedakan dengan cicak dinding. Namun tubuhnya lebih kecil daripada cicak pada umumnya, serta mempunyai kulit yang transparan dengan warna bulat.

Fakta Unik Cicak

Keunikan cicak lainnya selain berdasarkan pada jenis-jenisnya juga terdapat keunikan lain yang memaparkan sejumlah fakta dari hewan merayap tersebut. Yakni;

1. Merupakan perenang yang handal

Kaki cicak tidak hanya membuatnya ahli dalam merayap,tetapi juga dapat membuatnya menjadi perenang yang ahli. Hal ini karena pada kaki cicak di-desain mirip dengan kaki buaya, yang mana terdapat selaput.

Walaupun selaput pada kakinya tak begitu nampak, namun bentuk kaki tersebutlah yang dapat membuat cicak berenang dengan bebas.

2. Tak ada cicak warna putih

Keunikan cicak yang selanjutnya ialah pada warnanya. Cicak memiliki pigmen yang mengarah ke warna coklat, sehingga rata-rata cicak memiliki warna abu-abu, hitam, coklat hingga transparan.

3. Proses pembentukan sel yang kurang sempurna

Kejadian ini dapat Anda lihat dari ekor cicak yang terkadang bercabang. Sebab tindakan autotomi atau terputusnya ekor pada cicak juga dapat berpengaruh terhadap pembentukan sel guna pertumbuhan ekor barunya.

4. Cicak dapat menjadi lemah

Cicak merupakan jenis hewan yang tidak dapat disentuh oleh manusia dalam kurun waktu yang lama. Maka tubuhnya akan melemah apabila terlalu lama disentuh.

Keunikan cicak memang menarik untuk dibahas. Sebab selain terdiri dari beberapa jenis, cicak juga memiliki fakta unik yang menakjubkan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait fakta unik seputar cicak pada uraian di atas. Tentunya ini akan membuat pengetahuan akan cicak bertambah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.