6 Fakta dan Informasi Unik dari Cacing Tanah

Apa yang terlintas dipikiran Anda saat mendengar nama cacing? Selain permukaan tubuhnya yang licin, kecil dan panjang tidak banyak yang mengenal jenis hewan yang terbiasa hidup di tanah yang basah dan juga lembap ini, padahal ada banyak sekali fakta unik pada cacing yang sangat menarik untuk diketahui diantaranya adalah:

1. Hewan yang dengan iklas membantu para petani

Walaupun seringkali dianggap sebagai hewan yang menjijikkan, cacing memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan manusia terutama bagi para petani khususnya cacing tanah.

Selain sering djadikan sebagai umpan untuk memancing ikan, cacing juga berfungsi untuk menyuburkan tanah. Aktivitas cacing tanah yang suka membuat lubang pada tanah, membuat akar tanaman menjadi lebih subur dan berkembang lebih cepat.

2. Hanya memakan makhluk hidup yang sudah mati

Cacing tanah hanya mengkonsumsi berbagai makhluk hidup yang sudah mati, dimana umumnya jenis makanan yang sering dikonsumsi adalah serasah daun atau materi tumbuhan lain yang telah mati. Makanan ini akan dicerna dan kemudian dikeluarkan dalam bentuk kotoran.

Tidak semua serasah bisa dikonsumsi oleh cacing tanah selain berdasarkan jenis yang disukainya, kandungan nitrogen dan karbon dalam serasah juga turut mempengaruhi kemampuan cacing tanah dalam mengonsumsi serasah daun.

3. Sebagian besar hidup di tanah

Ada banyak sekali jenis cacing yang tersebar di seluruh dunia, bahkan belum lama ini ditemukan jenis cacing berwana hijau terang yang dikenal dengan nama mint sauce worm atau dengan nama latin Sysagittifera roscoffensis. Dari sekian banyak spesies cacing di dunia, lebih dari 3.000 merupakan cacing tanah.

4. Sulit membedakan mana kepala dan mana ekor

Meskipun memiliki spesies yang relatif banyak namun secara umum cacing tanah memiliki bentuk tubuh pipih hingga berbentuk silindris, hal inilah yang sering kali membuat sebagai orang menjadi sedikit kesulitan untuk membedakan antara kepala dan ekor.

Bukan hanya itu cacing juga tidak memiliki telinga dan mata yang membuat mereka tidak bisa mendengar maupun melihat.

Namun bukan berarti cacing tidak memiliki kepala, sebuah studi menyetakan bahwa jika cacing terpotong hingga beberapa bagian, hanya bagian yang memiliki kepala saja yang bisa bertahan hidup itu berari hewan yang satu ini juga memiliki kepala.

Jika diperhatikan lebih teliti bagian yang memiliki kepala umumnya berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan bagian ekor, dimana pada bagian kepala ini terdapat mulut sementara dibagian ekor terdapat anus.

5. Memiliki alat reproduksi ganda

Keunikan lainnya yang dimiliki cacing adalah, jenis kelamin jantan dan betina berada didalam satu tubuh. Sebagai hewan hermaprodite, cacing memiliki alat reproduksi ganda.

6. Bernapas dengan kulit

Jika diperhatikan cacing memiliki permukan kulit yang segmen, hal ini bukan tanpa alasan karena ternyata didalam tubuh cacing tanah tidak terdapat paru-paru sehingga untuk dapat bernafas hewan yang satu ini menggunakan kulitnya.

Setiap jenis cacing memiliki jumlah yang berbeda-untuk untuk cacing tanah berjenis Lumbricus saja jumlah segmen yang dimiliki bersekitar 90 sampai 195 dimana klitelum berada di pada segmen 27 sampai 32.

Berbeda dengan cacing tanah berjenis Pheretima yang hanya memiliki segmen sebanyak 95 sampai150 segmen dimana klitelum berada di segmen 14 sampai 16.

Keunikan lainnya yang dimiliki oleh hewan berdarah dingin adalah hati yang dalam satu ekor cacing yang bisa mencapai 1 sampai 5 pasang bagian hati. Demikianlah beberapa keunikan yang dimiliki cacing semoga dapat bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.