7 Fakta Unik Bunglon, Hewan yang Dapat Berubah Warna

Hewan reptil yang satu ini memiliki keunikan yang luar biasa, ya dia adalah Bunglon. Hewan yang satu ini dikenal karena dapat mengubah warna kulitnya. Bunglon juga dapat hidup di berbagai iklim serta lokasi.

Keunikan bunglon yang dapat berubah warna ini merupakan suatu bentuk komunikasi, respons terhadap suhu, cahaya serta suasana hati dan untuk kemampuan dalam pertahanan diri dari pemangsa.

Terdapat beberapa keunikan bunglon yang dapat Anda pelajari. Tentunya ini akan memperkaya wawasan Anda terkait ragam satwa. Lalu apa saja keunikan dari hewan lucu berikut beberapa keunikan bunglon yang bisa menambah wawasan anda.

Daftar Fakta Unik Bunglon

1. Spesies Banyak

Spesies bunglon di dunia memang cukup banyak. Namun hampir setengah dari spesies bunglon yang hidup di pulau Madagaskar, dan 59 lainnya hidup di luar Madagaskar. Jumlah keseluruhannya sekitar 160 spesies. Ada yang memilih habitatnya dari Afrika ke Eropa selatan, serta di seluruh kawasan Asia selatan ke Sri Lanka.

2. Perubahan warna bunglon

Kebanyakan bunglon berubah warna dari hijau ke coklat dan sebaliknya dan ada beberapa bunglon yang dapat berubah ke segala warna. Biasanya satu perubahan akan berjalan dalam waktu 20 detik. Bunglon dilahirkan dengan berbekal sel khusus yang memiliki warna atau pigmen di dalamnya. Sel tersebut berada di lapisan bawah kulit terluar, biasa disebut dengan kromatofora.

Sedangkan untuk lapisan bawah terdapat pigmen biru atau putih. Sewaktu sel-sel pigmen tersebut berubah, maka kulit bunglon juga akan berubah warna. Kromatofora dapat berubah dikarenakan adanya pesan dari otak yang memberitahukan kepada sel untuk membesar atau mengecil. Keunikan bunglon ini tentu tidak dimiliki oleh hewan lain.

Bunglon akan mengubah warna menjadi lebih gelap guna menaikkan suhu di tubuhnya, atau berubah lebih terang untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Bunglon juga dapat menggunakan tampilan warna yang berbeda guna mengirim pesan pada lainnya.

3 Bunglon mempunyai mata yang khas

Pada matanya, bunglon memiliki visi 360 derajat serta dapat melihat 2 arah bersamaan. Bunglon mempunyai mata yang khas dan berbeda dari setiap reptil. Kelopak mata atas dan bawahnya bergabung, dengan disertai lubang se-ukuran jarum untuk pupil guna melihat.

Matanya tersebut dapat memutar dan fokus secara terpisah guna mengamati dua objek yang berbeda dengan waktu yang sama, dan memiliki kecenderungan untuk mata bergerak secara independen satu sama lain.

4. Memiliki Lidah Balistik dengan panjang

Memiliki Lidah Balistik dengan panjang 1,5 sampai 2 kali dari panjang tubuhnya, namun belum termasuk ekor. Bunglon dapat menangkap makanannya dengan menembakkan lidahnya yang panjang dengan cara balistik.

5. Bunglon tak dapat mendengar terlalu banyak.

Keunikan bunglon ini hampir sama dengan ular, yakni mempunyai telinga luar atau telinga tengah sehingga tidak terdapat gendang telinga. Meskipun demikian bunglon tidak tuli. Mereka masih dapat melacak frekuensi suara pada kisaran 200-600 Hz.

6. Hewan Karnivora

Bunglon termasuk karnivora yang menyantap serangga, reptil-reptil kecil serta hewan vertebrata lainnya.

7. Palet Warna

Palet warna di setiap spesies memiliki keterbatasan hanya pada warna tertentu. Dalam kondisi geografis yang luas, warna bunglon dewasa bervariasi dan secara signifikan cukup khas, seperti pink dan biru, hijau dan merah, oranye dan putih serta sebagainya.

Keunikan bunglon yang beragam tersebut cocok untuk menjadi media pengajaran. Selain itu, bunglon juga dapat dipelihara. Namun untuk memelihara reptil yang satu ini diperlukan perawatan yang tepat dan hati-hati.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.