2 Fakta dan Manfaat Belatung, Hewan Menjijikkan Namun Mengagumkan

Ada banyak makhluk hidup terdapat di dunia ini, ada manusia, tumbuh tumbuhan dan binatang. Semuanya saling tergantung satu sama lain, saling membutuhkan. Memang begitulah seharusnya, tidak boleh ada salah satu yang menyakiti salah satu yang lain.

Di sini yang akan dibahas adalah makhluk hidup yang bernama binatang / hewan. Binatang yang ada di dunia sangat beragam macamnya. Ada binatang yang menyenangkan, yang lucu, yang manis, yang dapat kita pelihara sehari-harinya. Sebut saja binatang kucing, kelinci, anjing, ada juga jenis binatang yang buas, yang hanya dapat kita lihat di tempat yang khusus seperti di kebun binatang, yaitu binatang singa, macan, buaya.

Disamping itu ada lagi jenis binatang yang bentuknya kecil namun termasuk ke dalam binatang yang mematikan. Binatang-binatang tersebut antara lain binatang laba-laba dari Brazil yang dinamakan laba-laba Phoneutria Nigriventer, lebah madu, lintah, tarantula dan satu lagi yaitu belatung.

Binatang-binatang tersebut pada umumnya jikalau menyerang manusia akan menyebabkan luka yang sangat serius, bahkan bisa mematikan kita, apabila kita tidak langsung mengatasinya dengan sesegera mungkin.

Tetapi seiring dengan perkembangan dunia yang sudah sangat maju, dimana semua bidang semakin terus mengikuti jaman yang semakin modern ini, termasuk di dalamnya dunia pengobatan, maka yang tadinya tidak akan mungkin terjadi, sudah bisa dilakukan sekarang.

Kalimat barusan tadi maksudnya adalah pengobatan untuk beberapa macam penyakit saat ini sudah dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa dengan pengobatan ke dokter, yang menggunakan alat-alat yang sangat canggih atau dengan cara yang tradisional.

Cara-cara tradisional adalah dengan menggunakan sarana dari tumbuh tumbuhan dan dari binatang. Pengobatan dengan cara tradisional ini diyakini sebagian orang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pengobatan modern.

Disamping tentu saja biayanya yang jauh lebih murah, dan juga karena binatangnya tidak begitu sulit untuk kita dapatkan.

Manfaat dari Belatung
Binatang yang dapat digunakan sebagai pengobatan di sini ada yang berasal dari binatang yang tidak berbahaya, ada juga yang memakai binatang yang tergolong membahayakan / mematikan bagi kita, terutama apabila terserang binatang tersebut.

Yang termasuk ke dalam golongan binatang mematikan tersebut antara lain seperti tarantula, laba laba yang berasal dari Brazil, lebah madu, lintah, dan belatung.

Semua binatang yang disebutkan di atas tadi memang sangat menjijikkan, menakutkan dan tentu saja sangat mematikan. Namun yang dilihat di sini adalah efek yang baik yang bisa diambil dari binatang-binatang itu, yaitu bagaimana mereka bisa menjadi media pengobatan yang sangat ampuh.

Fakta Unik Belatung

Di antara semua binatang tadi, ada satu yang akan diulas tuntas di sini. Manfaat apa yang bisa diambil dari binatang tersebut. Bintang itu adalah binatang belatung.

Larva

Belatung itu sendiri sebenarnya adalah larva dari lalat, kumbang serta kutu.

Ditemukan di Mayat yang Membusuk

Belatung biasanya banyak kita jumpai di tubuh seseorang yang sudah menjadi mayat berhari hari, yang sudah membusuk. Kalau yang ditemukan paada mayat adalah yang berasal dari larva lalat.

Kenapa banyak sekali ditemukan belatung di tubuh mayat, hal tersebut dikarenakan tubuh mayat yang sudah berhari hari pasti mengeluarkan bau yang sangat busuk.

Bau busuk tersebut sangat disukai oleh lalat. Oleh karenanya banyak sekali lalat yang mengerubungi mayat lalu menetaskan telurnya di tubuh mayat tersebut. Telur dari lalat itulah yang disebut dengan belatung.

Manfaat Belatung

Namun di sini kita akan membahas kegunaan dari belatung, yang bukan saja bermanfaat untuk tim forensik dari dokter dan kepolisian tetapi juga berguna mengobati penyakit.

Untuk Tim Forensik

Untuk tim forensik, belatung berguna untuk menentukan waktu kematian mayat, mencocokkan lokasi ditemukannya mayat dengan lokasi kematian dan juga identitas mayat.

Untuk Pengobatan

Seadangkan bagi dunia pengobatan, belatung dapat digunakan untuk mengobati penyakit kencing manis.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.