5 Fakta Unik Belalang, Hewan yang Suka Melompat

Siapa yang tak kenal belalang. Binatang yang terkenal dengan lompatannya ini, sangat mudah dijumpai. Hampir disemua daerah menjadi tempat berkembang biak binatang ini.

Meski memiliki sayap, namun binatang yang termasuk serangga herbifora ini, lebih banyak melompat di dalam mobilitas kesehariannya. Lompatan untuk setiap ekornya bahkan dapat mencapai satu meter.

Sayapnya jarang sekali digunakan. Kalau digunakan, hanya untuk bermigrasi ke tempat yang jauh. Jika sudah bermigrasi, belalang dapat terbang hingga tiga hari tanpa berhenti.

Sebenarnya, keunikan pada belalang tak hanya bagaimana ia bermobilitas, tetapi masih banyak lagi. Salah satunya keunikan yang dimiliki belalang Sembah atau Walang Kekek. Belalang yang satu ini dipanggil dengan nama belalang sembah disebabkan ciri fisiknya yang mirip orang yang sedang berdoa.

Ia selalu mengangkat kedua kaki depannya, mirip dengan orang yang mengangkat kedua tangannya pada saat berdoa maupun menyembah.

Fakta Unik Belalang

Belalang yang biasa orang Jawa menyebutnya walang kekek ini, juga sering kali dianggap dapat meramal. Namun, keunikan pada belalang jenis ini, ternyata masih ada lagi, diantaranya yaitu.

1. Karnivora atau Pemakan Daging

Apabila belalang pada umumnya bersifat pemakan tumbuhan atau herbivora, tidak dengan belalang sembah. Keunikan pada belalang ini justru sebaliknya. Ia termasuk ke dalam hewan karnivora atau pemakan daging. Makanan utamanya biasanya binatang-binatang yang berukuran kecil, seperti ulat, kupu-kupu, capung, ngengat serta jangkrik.

Karena sifatnya yang karnivora, maka banyak petani yang memanfaatkan keunikan pada belalang ini. Belang sembah banyak dijadikan alat untuk membasmi serangga pengganggu tanaman pertanian maupun perkebunan.

2. Kanibal

Keunikan pada belalang sembah berikutnya yaitu sifatnya yang kanibal. Sifat ini dimiliki belalang sembah yang berjenis kelamin betina. Betina akan memakan pasangannya, seusai melakukan perkawinan atau kopulasi.

3. Pintar Menyamar

Meski tidak dapat berubah warna mengikuti lingkungan seperti yang dimiliki bunglon, namun belalang sembah juga pintar menyamar. Keunikan pada belalang ini disebabkan karena warna hijaunya yang menyerupai daun. Dengan begitu, ia dapat dengan mudah mendekati mangsanya serta menjauhi diri dari ancaman pemangsa.

4. Kepala

Keunikan pada belalang sembah yang terakhir adalah kepalanya. Kepala belalang sembah dapat diputar hingga 180 derajat. Tak hanya itu. Ia mampu mengawasi daerah sekitarnya hingga jarak 60 kaki.

Pada dasarnya, keunikan pada belalang secara umum juga terdapat di strutur badannya. Seperti telinga. Apabila makhluk hidup pada umumnya pendengarannya berada di kepala, tidak dengan belalang.

Keunikan pada belalang dalam hal pendengaran lantaran telinga belalang berada di perutnya, tepatnya di bawah sayapnya. Alat pendengaran yang disebut deangan tympana ini, teridiri dari membran, yang akan bergetar jika mendengar suara.

5. Manfaat Belalang Untuk Kesehatan

Keunikan pada belalang tak berhenti hanya pada struktur tubuhnya. Zat-zat yang terkandung di dalam tubuhnya, ternyata juga sangat baik untuk kesehatan manusia. Adapun manfaat belalang bagi kesehatan antara lain.

1. Pertumbuhan Badan

Meski kecil, ternyata kandungan protein di tubuh belalang tak kalah dari protein dari sumber hewani lainnya, seperti daging sapi. Bahkan, kandungan protein di tubuh belalang kayu lebih tinggi dari udang windu. Protein inilah salah satu yang dibutuhkan dalam pertumbuhan manusia.

2. Kesehatan Tulang

Kalium, kalsium serta magnesium yang terkandung dalam tubuh belalang, sangat baik bagi kesehatan tulang serta persendian. Jika rajin mengkonsumsi kalsium,maka kita dapat terhindar dari penyakit keropos tulang atau osteoporosis.

Selain itu, bagi yang senang berolahraga, sangat baik jika mengkonsumsi belalang. Pasalnya, daging belalang dapat memperbaiki serta menggantikan sel otot yang rusak.

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Zinc yang terkandung di dalam tubuh belalang dapat membantu menjaga sistem kekebalan atau imun tubuh kita. Jika sistem imun kita baik, maka kita dapat terhindar dari penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata, asupan vitamin A sangat penting di jaga. Dengan mengkonsumsi daging belalang, kita dapat menjaga kesehatan mata. Ini karena daging belalang mengandung vitamin A.

5. Memperlancar Pencernaan

Bagi yang sering mengalami masalah pencernaan, mungkin dapat menjadikan daging belalang sebagai camilan alternatif. Ini karena vitamin B, B2, B6 dan B kompleks yang terkandung di dalamnya, sangat penting di dalam menjaga kesehatan pencernaan. Vitamin B membantu proses produksi asam klorida, yang dapat mengurai protein, karbohidrat dan lemak.

Karena kandungan vitamin dan mineral inilah, beberapa daerah, baik di Indonesia maupun dunia, menjadikan belalang sebagai salah satu bahan makanan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.