9 Fakta Unik Badak Bercula Satu, Salah Satu Mamalia Terbesar di Daratan

Salah satu hewan unik yang ada di Indonesia adalah Badak Bercula Satu. Salah satu yang unik dari hewan ini adalah terdapat satu cula dibagian hidungnya.

Keunikan Badak Bercula Satu mungkin belum banyak diketahui oleh orang awam. Untuk semakin menambah pengetahun mengenai Badak Bercula Satu, berikut ini akan dijelaskan keunikan Badak Bercula Satu.

1. Bentuk Dan Ukuran Fisik

Badak Bercula Satu memiliki keunikan lain selain memiliki satu cula dibagian hidungnya. Hewan ini memiliki kulit yang bermosaik menyerupai baju baja. Dalam masa pertumbuhannya, Badak Bercula Satu memiliki panjang tubuh hingga mencapai 3,2 meter, sedangkan tingginya berkisar antara 1,4 sampai 1,7 meter.

Dengan ukuran badan tersebut, Badak Bercula Satu tergolong Badak yang kecil jika dibandingkan dengan ukuran fisik badak india yang lebih besar. Berat badan badak bercula satu yang berusia dewasa dapat mencapai sekitar 2.300 kilogram. Keunikan badak bercula satu juga terletak pada ukuran tubuhnya yaitu Badak Betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan badak jantan.

2. Memiliki Satu Cula

Keunikan badak bercula satu yang paling mudah diidentifikasi adalah hewan ini mempunyai satu cula yang berukuran sekitar 20cm. Cula ini termasuk dalam kategori cula yang kecil jika dibandingkan dengan jenis badak lain di dunia. Cula pada badak bercula satu biasanya digunakan untuk memindahkan lumpur, membuka jalan untuk mempermudah hewan ini melalui lintasannya dan digunakan untuk menarik rumput.

3. Ketika Bertarung

Keunikan badak bercula satu dapat ditemukan juga ketika hewan ini sedang bertarung. Badak bercula satu menggunakan giginya untuk bertarung karena gigi hewan ini ukurannya panjang dan tajam.

4. Penginderaan

Badak bercula satu memiliki pandangan mata yang kurang bagus jika dibandingkan dengan hewan lain. Akan tetapi pendengaran dan penciuman badak bercula satu tergolong baik sehingga sangat membantu dalam berburu makanan dan melindungi diri dari serangan musuh.

5. Sifat Badak Bercula Satu

Meskipun sekilas terlihat menyeramkan, namun badak bercula satu tergolong hewan yang tenang. Akan tetapi sifat tersebut bisa berubah ketika hewan ini memasuki masa kawin dan mengasuh anak-anaknya.

6. Kematangan Seksual

Keunikan badak bercula satu juga terdapat pada kematangan seksualnya yaitu untuk badak betina kematangan seksualnya ketika memasuki umur 3 hingga 4 tahun, sedangkan untuk badak jantan sekitar usia 6 tahun. Masa kehamilan badak bercula satu diprediksi sekitar 16 sampai 19 bulan.

7. Makanan

Badak bercula satu termasuk dalam golongan herbivora karena makanan yang dikonsumsi oleh hewan ini berupa dedaunan, ranting muda, buah dan tunas tumbuhan.

8. Habitat

Badak bercula satu memiliki habitat yang sangat disukai yaitu di tempat yang lembab berupa padang rumput basah, dataran besar, dan hutan hujan dataran rendah. Jika berada di alam bebas, masa hidup hewan ini bisa mencapai usia kurang lebih 45 tahun.

Badak Bercula Satu sangat menyukai tempat yang seperti padang rumput basah, dataran besar, dan hutan hujan dataran rendah.

Untuk menandai wilayahnya, biasanya badak jantan meletakkan tumpukan kotoran dan percikan kencingnya serta menggunakan goresan kaki dan gulungan pohon untuk berkomunikasi.

9. Kebiasaan Berkubang Di Lumpur

Badak bercula satu sangatlah unik karena menyukai berkubang di lumpur untuk menjaga suhu tubuhnya saat terik matahari. Tujuan lain berkubang di lumpur juga untuk mencegah penyakit dan parasit di tubuhnya.

Akan tetapi kubangan lumpur tersebut merupakan bekas dari kubangan satwa lain karena badak bercula satu tergolong malas untuk membuat kubangan sendiri.

Sangat disayangkan populasi badak bercula satu mulai punah padahal keunikan badak bercula satu bisa dipelajari dan mampu memperkaya dunia fauna di Indonesia. Pemerintah juga telah membuat konservasi dengan mendirikan Taman Nasional Ujung Kulon untuk melestarikan badak bercula satu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.