6 Fakta Unik dan Menarik dari Binatang Undur Undur

Banyak dari kita yang sudah mengenal binatang undur undur ini. Binatang yang sangat kecil, yang sering menjadi salah satu alat permainan anak-anak kecil, karena bentuknya yang lucu dan juga tentu saja cara berjalannya yang unik.

Fakta Unik Undur Undur

1. Berjalan Mundur

Mungkin binatang undur undur ini menjadi satu-satunya binatang yang paling istimewa. Penyebabnya adalah karena cara berjalannya yang lain dari binatang pada umumnya. Cara berjalannya tidak maju seperti binatang yang lain, tetapi mundur. Itulah sebabnya binatang ini dinamakan undur undur. Karena jalannya yang mundur tersebut.

2. Berukuran Kecil

Binatang undur undur termasuk binatang yang sangat kecil. Bentuknya lebih besar dari binatang kutu, tetapi lebih kecil dari binatang lebah.

3. Habitatnya di Pasir

Undur undur biasanya dapat kita temukan di rumah yang penuh dengan pasir di halamannya. Karena di pasir itulah undur undur membuat sarang/ rumahnya. Sama seperti kalau laba laba membuat sarang. Mereka membuat sarang dengan cara melingkar, seperti lubang yang ada di atas pasir. Hal tersebut dijadikan sebagai perangkap.

Jikalau ada serangga kecil atau semut lewat di situ, maka dengan seketika akan masuk ke dalam lubang tersebut, dan menjadi makanan bagi ubur ubur.

4. Kemampuan metamorfosis yang sempurna

Undur undur digolongkan sebagai serangga dengan kemampuan metamorfosis yang sempurna. Selain itu undur undur juga dikenal sebagai serangga dengan sayap jala. Maksudnya di sini adalah undur undur memiliki dua pasang sayap yang menyerupai jala, yang mempunyai mulut yang fungsinya untuk menggigit.

5. Spesies yang Sangat Banyak

Keunikan lain yang dipunyai oleh binatang undur undur adalah karena binatang ini memiliki jenis yang sangat banyak. Ada kurang lebih 2000 jenis undur undur yang ada di permukaan bumi ini. Binatang undur undur ini pada umumnya hidup di daerah yang hawanya panas dan terdapat banyak pasir. Tak heran binatang kecil ini sering kita temui di pantai – pantai.

6. Bisa sebagai obat tradisional

Sebelumnya di atas tadi sedikit banyak sudah diulas seperti apa dan bagaimana binatang undur undur itu. Disamping karena dapat dijadikan media permainan, terutama oleh anak anak karena bentuknya yang lucu dan cara berjalannya yang unik, yaitu berjalan mundur, undur undur juga mempunyai keunikan yang lain.

Kelebihan yang dimiliki antara lain karena binatang undur undur dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penyakit yang dapat diatasi dengan binatang undur undur salah satunya ialah penyakit kencing manis / diabetes.

Jikalau para penderita penyakit diabetes ingin mencoba pengobatan secara tradisional, dapat memakai binatang undur undur sebagai medianya. Caranya dengan memakan hidup-hidup binatang tersebut tanpa harus mencucinya terlebih dahulu. Tidak boleh dicuci karena kegunaannya/ khasiatnya malah akan hilang.

Yang sangat berkhasiat, yang dipercaya akan dapat menyembuhkan penyakit kencing manis tadi dari binatang undur undur adalah dari bulunya. Tentu tak ada yang menyangka bulu undur – undur memiliki manfaat yang sangat baik.

Selain berguna untuk mengobati penyakit diabetes, undur undur juga bisa berfungsi untuk melancarkan peredaran darah kita. Penyebabnya karena undur undur itu bisa masuk sampai ke pembuluh darah, menghancurkannya. Fungsinya di sini hampir mirip dengan binatang lintah dan cacing tanah.

Binatang undur undur itu juga diyakini bisa berfungsi menjadikan sel-sel tubuh kita menjadi lebih baik.

Undur undur mempunyai kandungan sulfonylurea di dalam tubuhnya. Kandungan tersebut sudah dibuktikan memiliki kegunaan yang sama baiknya dengan obat-obatan kencing manis yang ada saat ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.