2 Contoh Surat Pernyataan yang Baik dan Benar

Sebelum membahas tentang kumpulan contoh surat pernyataan yang baik dan benar, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dulu apa pentingnya surat pernyataan itu. Jenis surat yang satu ini adalah surat yang kegunaannya sebagai alat bukti yang bisa dipertanggungjawabkan di mata hukum.

Surat ini biasanya digunakan sebagai surat mandat atau surat kuasa, tanda bukti jual beli tanah, surat yang digunakan untuk memperkuat perjanjian.

Istilahnya, jika Anda ingin mengadakan kesepakatan dengan siapapun Anda bisa menggunakan surat ini sebagai pegangan. Agar jika suatu saat nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, surat ini bisa menjadi bukti yang kuat.

Kumpulan Contoh Surat Pernyataan

1. Contoh Surat Pernyataan


Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :

dengan ini menyatakan:

  1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai
  3. Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
  5. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
  6. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
  7. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila : dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataan ini tidak benar.

……………………, ………………………………
Yang membuat pernyataan,

MATERAI
Rp. 6.000,-
………………………………….


Ini kumpulan contoh surat pernyataan yang baik dan benar yang berhubungan dengan pekerjaan. Berbeda lagi jika untuk keperluan yang lain seperti surat pernyataan jual beli tanah seperti contoh di bawah ini:

2. Surat Pernyataan Jual Beli Tanah


AKTA JUAL BELI TANAH
Yang bertAnda tangan di bawah ini :

Nama:
Tempat /Tgl. Lahir:
Jenis Kelamin:
Agama:
Alamat:
Selanjutnya disebut Penjual atau Pihak I.

Nama:
Tempat /Tgl. Lahir:
Jenis Kelamin:
Agama:
Alamat:
Selanjutnya disebut Pembeli atau Pihak II.

Isi Perjanjian:

Bahwa pihak I menjual sebidang tanah berikut segala yang ada di atasnya kepada pihak II dengan Harga Rp. 350.000.000,00 ( Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah ) tanpa perantara.
2. Bahwa tanah dimaksud seluas ………. x ……… cm, atas dasar petok D No. ….. Berdasarkan C desa No. …………….. berkedudukan di Desa Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kabupaten Malang dengan bata-batas sebagai Berikut:
a.) Sebelah utara berbatasan dengan ………..
b.) Sebelah selatan berbatasan dengan ………..
c.) Sebelah timur berbatasan dengan ………..
d.) Sebelah barat berbatasan dengan ………..
3. Bahwa berdasarkan C desa bahwa tanah dimaksud hak milik atas Nama ………………. Sesuai dengan rekomendasi oleh pejabat desa setempat yang dilegalisir oleh Camat …….. Tanggal ………. Bulan …. Tahun ……
4. Bahwa atas proses jual beli ini dimaksud, Pihak I telah membayar uang tunai untuk pembelian tanah sesuai dengan Nomor (1). Dilakukan di depan saksi-saksi dan pejabat yang berwenang.
5. Bahwa perjanjian ini dibuat bersama di depan saksi-saksi dan pejabat berwenang tanpa ada unsur paksaan dan masing-masing pihak dipastikan sehat jasmani dan rohani.
6. Bahwa dengan dilakukan pembayaran dengan ditandatangani surat perjanjian ini, maka secara syah tanah dimaksud pada nomor (I) telah menjadi hak milik pihak II.
7. Bahwa surat perjanjian ini disepakati dan di tAnda tangani bersama-sama diatas materai dan didepan saksi pada hari ………… Tanggal ……… Bulan ……… Tahun …….. Di Desa ……. Kecamatan ……. Kabupaten ……..
Pihak II Pihak I

(……..) (………)

Saksi-saksi I
Pejabat Kelurahan, ……………… (……………)
Ahli Waris I ………………………………….. ( ………….. )
Ahli Waris II …………………………………. ( ………….. )
Ahli Waris III ……………………………….. ( ………….. )


Yang terpenting dalam kumpulan contoh surat pernyataan yang baik dan benar adalah harus ada materainya. Karena hanya dengan cara ini, surat pernyataan itu memiliki kekuatan hukum

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.