2 Contoh Surat Permohonan yang Baik dan Benar

Surat Permohonan adalah salah satu jenis surat yang sangat penting untuk diperhatikan sebab dalam pembuatannya haruslah memenuhi satu kaidah tertentu.

Surat permohonan menjadi sangat penting dan harus diperhatikan dengan betul sebab surat ini memiliki kedudukan yang lebih formal jika dibandingkan dengan surat yang lainnya.

Kumpulan Contoh Surat Permohonan Yang Baik Dan Benar memberikan Anda contoh yang tepat tentang membuat surat permohonan yang akan Anda ajukan untuk berbagai keperluan Anda.

Dengan membuat surat permohonan yang benar maka Anda pun bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan dengan baik dan benar.

Ada berbagai surat permohonan yang pasti berbeda tergantung dari tujuan yang Anda inginkan dengan mengirimkan surat tersebut. Surat permohonan memiliki tujuan yang berbeda tergantung dari alasan Anda mengirimkannya.

Ada surat permohonan yang digunakan untuk mendapatkan dana atau permohonan dana, surat permohonan yang digunakan untuk mendapatkan rekomendasi dan berbagai permohonan lainnya. Tentu saja hal ini harus diperhatikan sesuai dengan tujuan dari anda mengajukan surat permohonan tersebut.

Surat permohonan ini biasanya berbeda tergantung dari tujuan Anda. Bisa saja surat permohonan dibuat atas nama pribadi ataupun surat permohonan yang dibuat atas dasar dari satu perusahaan ataupun organisasi.

Kumpulan Contoh Surat Permohonan Yang Baik Dan Benar akan memberikan tips yang baik dan tepat sehingga memberikan Anda contoh yang baik untuk surat permohonan baik itu digunakan untuk perorangan ataupun organisasi sekalipun.

Hal-hal penting yanr harus Anda perhatikan adalah tentang tujuan yang tepat dari suratpermohonan yang akan Anda tujukan. Tujuan dari surat permohonan Anda harus Anda buat sejelas dan seringkat mungkin supaya tidak salah alamat nantinya.

Tujuan inipun juga bisa beragam mulai dari yang diberuntukan untuk peroranganan ataupun untuk organisasi atau perusahaan.

Kumpulan Contoh Surat Permohonan

1. Contoh Surat Permohonan Untuk Perorangan

Berikut ini contoh surat permohonan untuk perorangan dan juga dari perorangan.


Surat Permohonan
Yogyakarta, 01 Oktober 2016

Kepada:
Yth. Prof. Nafik Natakusumah

Di
Tempat

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :Jaya,S.Kp
NIP : 1435675685

Jabatan : Dosen Kopertis Wilayah IV/ Asisten Ahli

Asal Institusi : STIKES Denpasar

Sehubungan dengan hasil pengumuman penerimaan mahasiswa baru program Magister S2 dan Saya dinyatakan LULUS di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dengan Program Spesialis Ilmu Keperawatan Komunitas, maka bersama Surat ini Saya bermaksud memohon kesediaan Bapak memberikan Surat Rekomendasi untuk mendapatkan Beasiswa Program Pasca Sarjana (BPPS) yang telah diumumkan oleh Dirjen Dikti.

Atas perhatian dan bantuan Ibu, Saya ucapkan terima kasih.

Yang memohon,

……..


Tujuan dari Anda mengirimkan surat permohonan tersebut juga harus Anda tulis dengan jelas. Jangan terlalu bertele-tele dan menggunakan bahasa-bahasa yang terlalu membingungkan, Anda hanya perlu untuk menyampaikan secara ringkas tentang tujuan Anda mengirimkan surat permohonan tersebut apakah untuk rekomendasi ataukah untuk tujuan yang lainnya.

Dengan bahasa yang ringkas maka akan membuat penerima lebih mudah untuk mencerna dan tahu tentang tujuan Anda mengirimkan surat tersebut.

2. Contoh Surat Permohonan Untuk Meminta Dana Bantuan

Berikut ini contoh surat permohonan dengan tujuan untuk meminta dana bantuan dari satu organisasi yang ditujukan untuk perorangan ataupun perusahaan.


Nomor : 557/IV/2015
Lampiran : 1 rangkap proposal
Perihal : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yang Terhormat,
Bapak/Ibu/Saudara (i) ……………………………
di-
Tempat

Assalamu’alikum Wr. Wb.
Salam sejahtera kami haturkan, semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah S.W.T dan senantiasa mendapatkan berkah serta kemudahan rizqi dari-Nya, Amin.

Sehubungan dengan rencana perbaikan bangunan Masjid Al-Bukhori Desa Sukacita, Kec. Sukabumi yang sesuai estimasi kami selaku panitia diperkirakan akan menghabiskan biaya total berjumlah Rp 500.000.000 (Dua Ratus Juta Rupiah), dengan ini kami mengetuk hati Bapak/Ibu/Saudara (i) agar kiranya berkenan memberikan bantuan dana seikhlasnya.

Pemberian bantuan dana dapat diserakan kepada :
1. Jamaludddin
2. Hidayaaaati
3. Marpuah

Demikian surat permohonan bantuan ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih. Semoga amalan serta ibadah kita senantiasa diterima oleh yang maha kuasa, Amin.

Wassalamu’alikum Wr. Wb

Desa Sukacita, 18 Agustus 2015

Panitia Pembangunan Masjid Al-Bukhori

Format Contoh Surat
Ketua


Dengan beragam contoh dari Kumpulan Contoh Surat Permohonan Yang Baik Dan Benar ini maka sekarang Anda bisa membuat surat permohonan yang lebih baik dan benar.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.