Cerita Rakyat: Asal Usul Legenda Danau Toba (Lengkap dengan Video)

Salah satu yang menjadi daya tarik seorang wisatawan/ turis untuk mengunjungi suatu negara adalah pesona keindahan tempat wisata yang ada di negara tersebut. Bisa jadi juga karena keindahan tempat wisata tersebut yang sudah banyak menjadi bahan pembicaraan.

Ada banyak negara di dunia ini yang mempunyai tempat-tempat wisata yang indah yang menjadi andalan dan kebanggaan negara tersebut. Ada negara Italia yang terkenal akan Menara Pisanya. Atau Menara Eiffel yang menjadi kebanggaan masyarakat Perancis.

Negara Indonesiapun juga tidak kalah dengan negara lain di dunia ini. Ada banyak sekali tempat wisata di Indonesia. Tempat-tempat wisata tersebut tersebar di berbagai wilayah yang ada di nusantara ini. Dari ujung barat sampai ujung timur.

Saat ini pulau Bali adalah tempat wisata paling favorit yang menjadi andalan dan kebanggaan negara Indonesia. Banyak sekali turis atau wisatawan baik lokal maupun manca negara yang berkunjung ke Bali. Dan hal ini tentunya mendatangkan keuntungan yang besar dalam hal pendapatan devisa.

Namun sebetulnya, selain pulau Bali, ada banyak lagi tempat wisata di Indonesia ini yang terkenal juga akan pesona keindahannya. Ada Raja Ampat di Papua, ada Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah, pulau Lombok atau Danau Toba di Sumatra Utara.

Semua tempat wisata di atas tadi sudah sangat terkenal sampai ke manca negara. Banyak sekali yang dapat kita gali dari tempat-tempat wisata tersebut di atas. Pesona keindahannya, ataupun cerita-cerita rakyat yang melatar belakangi adanya tempat tersebut.

Kali ini yang akan diulas adalah Danau Toba. Danau Toba adalah tempat wisata yang terdapat di ujung pulau Sumatra. Tepatnya di Sumatra Utara. Danau Toba adalah tempat wisata berupa danau. Di tengah-tengah Danau Toba ini terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir.

Danau Toba merupakan danau di pulau Sumatra yang paling terkenal. Danau ini sangat terkenal akan keindahan dan keeksotisannya. Di dalam Wikipedia, Danau Toba ini merupakan danau yang sangat luas. Panjang dan lebar dari danau ini adalah 100 dan 30 km.

Legenda Danau Toba

Selain terkenal akan keindahan dan keeksotisan alamnya, Danau Toba juga terkenal karena cerita rakyat yang melatar belakangi terbentuknya danau tersebut. Dan cerita rakyat atau legenda tentang Danau Toba ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat sekitar.

Dan sebagai rakyat Indonesia yang sangat cinta akan kebudayaan negaranya, tidak ada salahnya kita juga harus mengetahui asal usul dari Danau Toba tersebut.

Legenda Danau Toba berasal dari kehidupan seorang pemuda pada jaman dahulu kala di suatu tempat di Indonesia ini. Pemuda itu bernama Toba. Pekerjaan sehari-harinya adalah bertani di ladang. Namun tidak jarang pula dia memancing ikan di sungai untuk di jual di pasar sebagai tambahan.

Selain berguna sebagai tambahan penghasilannya, ikan-ikan tersebut kadang-kadang juga dia makan sendiri sebagai lauk. Suatu ketika, pemuda tersebut memancing ikan di sungai lagi. Tetapi kali ini hasil tangkapannya lain dari biasanya. Ikan yang didapat jauh lebih besar.

Disamping jauh lebih besar dibanding sebelum-sebelumnya, ikan tersebut juga sangat indah. Ikan ini mempunyai sisik yang sangat cantik, berwarna kuning keemasan. Namun pada saat akan diambil, ikan tersebut bisa berbicara seperti manusia.

Ikan tersebut meminta untuk dikembalikan ke sungai. Namun ada keajaiban setelahnya. Ikan itu berubah menjadi seorang wanita yang sangat cantik. Dan ternyata ikan itu aslinya adalah seorang putri yang dikutuk. Kutukannya akan berakhir apabila ditemukan oleh seorang pemuda.

Karena sudah membebaskan kutukannya, sebagai rasa terima kasih putri tersebut menghadiahi Toba dengan menawarkan dirinya untuk diperistri. Toba menyetujuinya. Sebelumnya Toba harus memenuhi persyaratan untuk tidak membuka dari mana asal putri tersebut. Kalau Toba melanggarnya, sesuatu yang mengerikan akan terjadi.

Toba dan putri menjadi pasangan suami istri yang berbahagia. Mereka dikaruniai seorang anak laki-laki. Namun sangat disayangkan anak lelakinya tersebut tumbuh menjadi anak yang berperilaku tidak baik dan mempunyai nafsu makan yang sangat tinggi.

Anak laki-laki tersebut diberi nama Samosir. Karena sangat dimanja oleh ibunya, Samosir tumbuh menjadi anak yang nakal, pemalas. Dan yang menjengkelkan Samosir selalu lapar setiap saat. Hal inilah yang akhirnya memicu kemarahan Toba.

Pada saat Samosir disuruh ibunya untuk mengantarkan makanan ke sawah untuk ayahnya, di tengah jalan dia malah memakan habis makanan tersebut. Tentu saja Toba yang mengetahui hal ini menjadi sangat marah.

Dalam kemarahannya, Toba sampai tidak sadar mengucapkan kata-kata yang selama ini menjadi pantangannya. Karena jengkelnya, Toba berucap bahwa Samosir merupakan anak yang tidak tahu berterima kasih, padahal Samosir hanyalah anak dari seekor ikan.

Setelah Toba mengeluarkan kata-kata tersebut, seketika itu juga istri dan anaknya menghilang tidak berbekas. Dari bekas injakan istri dan anaknya tersebut tidak diduga keluar air yang semakin lama semakin banyak yang akhirnya membentuk sebuah danau.

Danau itulah yang kita kenal saat ini sebagai Danau Toba. Danau yang sangat indah dengan sebuah pulau yang ada di tengah-tengahnya. Dan pulau yang ada di tengah-tengahnya tersebut dinamai Pulau Samosir.

Ada hikmah baik yang dapat kita ambil dari cerita rakyat Danau Toba. Hikmah itu adalah jika kita sudah mempunyai janji dengan seseorang, jangan sampai kita melanggarnya. Karena akibat dari itu akan timbul hal atau kejadian yang sangat tidak mengenakkan.

Video Cerita Rakyat Danau Toba

Demikian kisah cerita rakyat legenda Danau Toba, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.